Iklan Header

Slip UKT Mahasiswa Hilang, Inilah Cara Mengurusnya


Bagi mahasiswa Slip Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah barang bukti seseorang telah membayar tiap semester atau dikenal juga SPP. Seluruh kampus pakai slip UKT UGM, UI, UNSRI, Unila, UIN Ril, dan lainnya.

Slip UKT harus dijaga baik-baik. Sebab, itu syarat wisuda, daftar beasiswa, seminar hasil, dan tanda siswa aktif. Banyak kegunaanya, namun masih banyak mahasiswa yang lalai untuk menjaganya.
Kertas selembar itu juga memang riskan nyelip, rusak sobek, ataupun tulisannya ngeblur. Dijaganya perlu ditempatkan yang tidak lembab dan mudah diingat.
Slip UKT Mahasiswa Hilang, Inilah Cara Mengurusnya

Kalau bisa di laminating saja dan dijadikan satu. Supaya tak repot saat kita butuhkan. Akan tetapi masih mahasiswa  mengalami kehilangan atau rusak slip UKTnya. Bisa karena lupa atau rusak karena suatu hal misalnya kehujanan dan jatuh. Kalau sudah begini, kamu harus mengurus pengganti slip UKT tersebut.

Berikut adalah caramengurus slip UKT yang hilang agar mendapat penggantinya.

1. Buat surat kehilangan di kantor polisi

Inilah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Mendatangi kantor polisi terdekat untuk melaporkan dan membuat surat kehilangan. Apabila slip UKT yang hilang ada lebih dari satu, maka jelaskan secara detail. Misalnya ditulis slip UKT semester 1 s.d. 9, slip UKT semester 1 dan 2 dan seterusnya.

Jangan lupa juga untuk membawa persyaratan yang diminta oleh polisi, berupa KTM dan KTP atau bergantung kepolisian. Cukup tunjukan KTM dan KTP asli atau fotokopi.
Setelah itu, akan menerima satu lembar surat kehilangan.

2. Siapkan fotokopi KTM dan Slip UKT yang terakhir masih dimiliki

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan fotokopi surat kehilangan (untuk cadangan apabila dibutuhkan). Serta slip ukt yang masih ada  


3. Datang ke Gedung Rektorat Bagian Validasi UKT 

Langkah selanjutnya yaitu datang ke rektorat  bagian validasi UKT. Map yang sudah berisi beberapa berkas itu diserahkan ke petugas yang menjaganya.

Bila perlu minta arahan dari dia. Perlu menjaga sopan santun saat bertanya supaya dilayani dengan baik. Biasanya perlu waktu semingguan untuk menuggu proses pencetakan slip ukt yang tertera keterangannya hilang.

4. Datang ke Rektorat sesuai intruksi dari petugas 

Setelah kamu menyerahkan fotokopi KTM dan Surat Kehilangan dari kepolisian, maka keesokan harinya datang lagi ke rektorat lantai 2 bagian validasi UKT. Tujuannya yaitu untuk mengambil bukti pengganti UKT berupa kertas yang berisi informasi seperti slip UKT.

Itulah 4 langkah cara untuk mengurus slip UKT mahasiswa yang hilang atau rusak. Setelah mendapatkan gantinya, jangan lupa memfotokopi dan menyimpannya baik-baik ya. Karena slip UKT bukan seperti transkrip akademik atau KHS yang bisa kita print sewaktu-waktu jika hilang.

Mari tetap semangat kuliah, jaga barang yang penting demi raih sarjana. Simpanlah dan laminating sesuai intruksi jadi mudah dan aman.

Belum ada Komentar untuk "Slip UKT Mahasiswa Hilang, Inilah Cara Mengurusnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel