Iklan Header

Tiga Jalur Masuk Universitas dengan Seleksi Nilai Rapor 2020

Masuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) 2020 adalah idaman jutaan siswa. Alasannya karena tidak perlu tes lagi. Cukup menggunakan nilai rapor dari semester 1 sampai 5.

Namun bagi yang tidak bisa ikutan seleksi lewat nilai rapor. Masih banyak masuk universitas cuman lewat rapor. Tanpa repot-repot lagi untuk tesnya.
Tiga Jalur Masuk Universitas dengan Seleksi Nilai Rapor 2020

Inilah  3 lalur  bisa diikuti  calon mahasiswa baru 2020 menggunakan nilai rapor,

1. SNMPN

Jalur masuk ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru 2020 yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Awalnya jalur ini bernama PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri). Lalu pada 2020 berganti nama menjadi SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri).

Jadwal seleksi dimulai dari tanggal 6 Januari sampai dengan 6 Maret 2020. Bagi kalian calon mahasiswa baru 2020 ayo segera mendaftar karena sebentar lagi sudah tutup.

Persayaratan umumnya diantaranya siswa lulusan 2020, asal sekolah wajib memiliki NPSN, siswa wajib memiliki NISN, dan siswa mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Untuk brosur, prosedur pndaftaran, alur pendaftaran, panduan bagi siswa dan panduan bagi sekolah semua lengkap sudah tersedia di laman laman resmi SNMPN


2. PMDK UMY

Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan (PMDK) adalah salah satu jalur prestasi yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Jalur ini terdiri atas 3 periode pendaftaran.

Periode 1 telah dilaksanakan dari tanggal 02 Desember 2019 – 07 Februari 2020. Nah untuk kamu yang udah kelewat jalur 1, jangan khawatir karena masih ada 2 periode lagi. Untuk periode 2, jadwal pendaftaran dimulai tanggal 10 Februari – 20 Maret 2020, selanjutnya periode 3 pendaftaran dimulai tanggal 23 Maret – 24 April 2020. Masih banyak waktu untuk menyiapkan diri dan persyaratan yang dibutuhkan bukan?

Ketentuan umum untuk mendaftar jalur ini adalah siswa yang lulus pada tahun 2020, Prodi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi hanya mnerima siswa jurusan IPA, Prodi Farmasi hanya menerima siswa jurusan IPA atau siswa Sekolah Menengah Farmasi (SMF), khusus Prodi Ilmu Keperawatan (PSIK), tinggi badan minimal 155cm (putra) dan 150cm (putri), prodi Teknik Sipil, Tekik Mesin, Teknik Elektro, Agroteknologi dan Prodi Teknik Elektromedik (D3) hanya menerima jurusan IPA atau SMK Eksakta.

Untuk mendaftar secara online dan berkas yang dilengkapi, serta jumlah biaya pendaftaran, informasi lengkap sudh tersedia di laman PMDK UMY.  Mari dibaca dan lihat-lihat jurusan yang kamu impikan.

3. PSB UII

Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) adalah jalur penerimaan mahasiswa melalui prestasi Bidang Akademik dan Minat-Bakat. Jalur ini terdiri dari 2 kelompok, yaitu dengan beasiswa dan tanpa beasiswa.

Untuk kategori tanpa beasiswa, terdapat jalur yang bisa diikuti siswa Berpotensi Bidang Akademik. Persyaratan yang harus dilengkapi yaitu fotokopi rapor semester 4 dan 5 yang dilegalisasi sekolah dengan nilai rata-rata 8 untuk skala 1-10, nilai 80 untuk skala 1-100, dan 3,20 untuk skala 1-4, surat keterangan pengabdian (bila berasal dari pondok pesantren), fotokopi sertifikat juara 1,2 dan 3 (jika ada).

Syarat selanjutnya, khusus Prodi Kedokteran nilai rata-rata rapor 3 semester terakhir minimal 8 untuk skala 1-10, nilai 80 untuk skala 1-100, dan 3,20 untuk skala 1-4, terakhir, khusus pendaftar di Internasional Program wajib melampirkan hasil uji bahasa Inggris CEPT dari CILACS UII dengan skor minimal 475, TOEFL ITP (470) dan iBT (52) serta IELTS (5,5).

Jadwal pendaftaran jalur PSB periode I sudah lewat yaitu tanggal 30 Desember dan sudah pengumuman tanggal 5 februari lalu. Selanjutnya untuk periode 2 dimulai tanggal 5 Februari.

Untuk jadwal periode 3 sampai 6 serta biaya pendaftaran selengkapnya dapat dilihat di laman resminya PSB UII Di laman tersebut juga ada banyak seleksi lain untuk kategori dengan beasiswa dan tanpa beasiswa.

Itulah 3 jalur seleksi yang bisa kamu ikuti melalui jalur undangan menggunakan nilai rapor. Para lulusan 2020 yang bisa mengikuti jalur ini manfaatkan dengan baik ya. J

angan hanya coba-coba dan setelah keterima justru tidak diambil. Banyak teman-teman lain sedang berjuang untuk bisa masuk di kampus impian. Selamat mencoba dan tetap semangat menggapai asa.

Belum ada Komentar untuk "Tiga Jalur Masuk Universitas dengan Seleksi Nilai Rapor 2020 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel