Iklan Header

Cara Cepat Belajar Bahasa Prancis, Baca Buku Berikut

Mahasiswa baru 2020 jurusan bahasa Prancis harus mempersiapkan segala keperluan kuliah. Supaya muda, cara cepat belajar bahasa prancis simak artikel ini sampai habis nanti akan diinformasikan cukup baca tiga buku.

Jurusan bahasa asing memang tidak tersedia di semua universitas. Seperti halnya bahasa Prancis, hanya beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia yang menyediakannya.
Cara Cepat Belajar Bahasa Prancis, Baca Buku Berikut
Mahasiswa baru jurusan bahasa Prancis yang lolos melalui jalur undangan bisa mulai mempersiapkan diri dengan bahasa kedua yang akan dipelajari. Terlebih, bagi yang belum memiliki pengetahuan sama sekali tentang bahasa Prancis.

Bahasa Prancis diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai mata pelajaran peminatan. Ada pula sekolah yang mengajarkan bahasa Prancis sebagai mata pelajaran umum seperti mata pelajaran lain. Hal ini bergantung pada perubahan kurikulum dan silabus mata pelajaran.

Belajar bahasa Prancis bukan hanya bisa dilakukan di sekolah. Banyak lembaga kursus baik resmi yang berada di bawah naungan Kedutaan Besar Prancis maupun lembaga kursus tenaga professional biasa.

Bukan hanya itu, belajar bahasa Prancis juga bisa dilakukan secara mandiri. Sebab, sudah banyak beredar buku di pasaran mengenai dasar-dasar pembelajaran bahasa Prancis beserta contoh lengkap percakapannya.

Mahasiswa yang berkuliah jurusan bahasa Prancis memiliki alasan tersendiri dengan pilihannya. Sama halnya dengan mahasiswa jurusan bahasa asing dan bidang lain.

Belajar bahasa asing di perguruan tinggin berbeda rasanya dengan belajar di SMA atau lembaga kursus. Jika di SMA biasanya hanya mempelajari tingkat yang paling dasar dan tidak terlalu mengeksplor semua keterampilan berbahasa.

Berikutnya, ada lembaga kursus. Biasanya lembaga sudah menyediakan pilihan tingkat pembelajaran yang ingin dicapai siswanya. Les intensif juga biasanya dilakukan dalam waktu yang lebih singkat karena dipadatkan jadwal belajarnya.

Lain halnya dengan belajar di universitas, mahasiswa belajar secara bertahap dan mengasah semua keterampilan berbahasanya. Keterampilan berbahasa meliputi empat hal, yaitu menyimak, berbicara, membaca pemahaman, dan menulis. Segala keterampilan tersebut dicapai melalui pembelajaran di bangku kuliah.

Mahasiswa bisa menggunakan berbagai referensi buku untuk memperdalam ilmu bahasa Prancisnya. Berikut adalah cara belajar bahasa asing dengan cepat dengan tiga rekomendasi buku yang wajib dimiliki mahasiswa baru bahasa Prancis 2020.

1.Kamus saku dan kamus besar

Setiap mahasiswa yang mempejari ilmu bahasa harus memiliki kamus. Sebab, kamus adalah pegangan wajib sebagai rujukan asal kosakata.

Khususnya, mahasiswa bahasa Prancis harus memiliki kamus, minimal kamus saku. Sebab, kata dalam bahasa Prancis terdiri dari dua jenis kelamin. Laki-laki dan perempuan. Jika ingin mengetahuinya kita harus membuka kamus.

Belilah kamus kecil jika belum memiliki uang untuk membeli kamus yang besar dan lengkap. Kamus besar bahasa Prancis yang asli bahkan sudah sangat sulit dicari. Kamu bisa memfotokopi miliki kakak tingkatmu atau mencari di toko-toko buku yang menyediakan.

2. Buku Campus 1 dan 2

Buku Campus adalah sebuah buku untuk belajar bahasa Prancis karya Jacky Girardet dan Jacques P├ęcheur. Buku ini menampilkan materi secara bertahap dan sesuai tingkat kesulitannya. Setelah pembahasan teori, disediakan latihan soal untuk mengasah kemampuan. Tersedia juga percakapan yang bisa dipraktekkan oleh mahasiswa.

Campus 1 dan 2 juga menyediakan audio dan video dalam kaset yang bisa digunakan mahasiswa untuk mengasah keterampilan menyimak. Jadi, mahasiswa baru sangat disarankan memiliki buku ini. Kamu bisa memfotokopi milik dosenmu atau kakak tingkatmu. Sebab buku yang asli memiliki harga yang lumayan mahal.

3.Buku Le Bon Usage

Buku terakhir yang disarankan dimiliki oleh mahasiswa baru bahasa Prancis 2020 adalah Le Bon Usage. Buku ini memuat secara lengkap tata bahasa alias grammaire dalam bahasa Prancis.

Isi dalam buku ini diantaranya membahas mengenai beberapa kelas kata dan tatanan kalimat dalam bahasa Prancis. Buku ini terdiri dari beberapa edisi dan terus diperbaharui. Sehingga, teori-teori yang ada dalam buku ini juga berkembang mengikuti perkembangan ilmu bahasa pada saat ini.

Tiga buku di atas direkomendasikan untuk mahasiswa baru bahasa Prancis 2020. Buku-buku di atas bisa membantumu untuk mempelajari bahasa Prancis dari tingkat dasar hingga atas.

Pengetahuan berbahasa Prancis akan bertambah dengan membaca banyak referensi buku. Itulah ikuti cara cepat belajar bahasa prancis dengan baca buku tiga itu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Belajar Bahasa Prancis, Baca Buku Berikut "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel