Iklan Header

Cara Manfaatkan Medsos Raih Mahasiswa Nilai IP dan IPK Tinggi

Media sosial saat ini menjadi pelengkap aktivitas sehari-hari. Kita harus tau cara memanfaatkan medsos raih mahasiswa nilai IP dan IPK Tinggi. Seperti namanya, media sosial berfungsi menjadi wadah masyarakat untuk saling bersosialisasi melalui jaringan internet.

Mahasiswa yang masih berusia remaja menjelang dewasa tentu adalah pengguna aktif media sosial. Beragam akun media sosial mereka buat dan aktif memposting dalam kesehariannya. Diantaranya media sosial Facebook, Twitter, Telegram, WhatsApp, Instagram, Youtube dan banyak lainnya.

Cara Manfaatkan Medsos Raih Mahasiswa Nilai IP dan IPK  Tinggi

Rutinitas berselancar di dunia internet khususnya media sosial dapat dimanfaatkan loh dalam dunia perkuliahan. Terlebih, kalau punya dosen yang aktif di media sosial juga. Berikut ini adalah lima manfaat media sosial dalam dunia perkuliahan yang bisa kamu dapatkan.


1. Mengerjakan tugas

Mahasiswa bisa memanfaatkan media sosial untuk mengerjakan tugas kuliah. Tentunya tugas yang memang berhubungan dengan media sosial. Misalnya pada mata kuliah jurusan pariwisata, mahasiswa punya tugas membuat video dan diungggah ke Instagram atau Youtube. Maka, akun yang sudah mereka punya mereka bisa dimanfaatkan.

Selanjutnya, apabila ada tugas membuat brosur atau sekadar undangan ulang tahun dengan desain seadanya. Maka, mahasiswa bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial seperti Facebook, WhasApp dan Instagram untuk membuatnya.

2. Mencari materi kuliah

Materi kuliah juga bisa didapatkan lewat media sosial. Banyaknya akun-akun resmi dari lembaga atau dinas yang berhubungan dengan pendidikan tentu akan memudahkan informasi seputar perkuliahan dan materinya. Akun perorangan yang memposting mengenai materi kuliah juga ditemukan di media sosial, tinggal bagaimana kamu rajin mencarinya.

Berikutnya, materi kuliah yang ada di media sosial biasanya sudah didesain dengan menarik. Hal ini membuat kamu lebih mudah memahaminya. Selain itu, kamu juga bisa merespon langsung materi yang sudah diunggah tersebut pada akun yang tersedia.

3. Mencari bahan penelitian skripsi

Mahasiswa juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat penelitian. Selain murah karena dapat diakses menggunakan gawai masing-masing, media sosial juga menyediakan banyak sekali bahan sebagai sumber penelitian. Mahasiswa harus pintar dan kreatif mencari masalah mana yang mau diteliti.

Skripsi sudah banyak menggunakan media sosial sebagai sumber penelitian. Diantaranya ada yang bersumber dari Facebook, Twitter, Line, hingga Youtube. Dari sekian banyaknya penelitian yang sudah dilakukan, mahasiswa harus mencari apa yang membedakan penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian sebelumnya. Sebab, masih banyak masalag sesuai bidang ilmu masing-masing yang bisa dijadikan bahan skripsi.


4. Berinteraksi dengan penutur asli bahasa tertentu

Manfaat keempat ini bisa didapatkan oleh mahasiswa jurusan bahasa asing atau mahasiswa yang sedang mempelajari bahasa asing sebagai keterampilan tambahan. Setiap bahasa asing yang dipelajari di bangku kuliah, harus dipraktekkan langsung dengan penutur aslinya. Sebab, hal tersebut dapat membuat kita lebih memahami bahasa tersebut.

Media sosial yang kamu mainkan setiap hari dapat menjadi wadah untuk berinteraksi dengan penutur asli bahasa asing. Kamu bisa memulai dengan mencari akun-akun orang terkenal di negaranya, lalu melihat pengikutnya. Selanjutnya, carilah akun yanh menurutmu bisa dijadikan teman diskusi atau sekadar tanya jawab bahasa asing yang kamu pelajari.

5. Mencari pekerjaan sampingan/berwirausaha

Media sosial juga bisa dijadikan tempat mencari penghasilan. Informasi tentang lowongan pekerjaan banyak terdapat di media sosial. Bahkan, kini orang lebih sering mencari informasi pekerjaan dari media sosial daripada koran. Akun yang menyediakan lowongan pekerjaan biasanya memposting secara aktual informasi yang didapat. Sebab, mereka bekerja sama dengan yang menyediakan lowongan tersebut.

Selain mencari lowongan pekerjaan sampingan saat kuliah, berwirausaha melalui media sosial juga dapat menghasilkan uang bagi mahasiswa. Usaha yang biasa disebut online shop ini bila ditekuni cukup menjanjikan. Mahasiswa bisa mulai menjual dagangannya di akun mereka, dengan caption yang menarik dan pengikutnya yang banyak maka bisa menjadi pasar yang bagus untuk bisnis online. Apalagi, teman-teman kuliah yang setiap hari bertemu dan berkomunikasi bisa menjadi sasaran sebagai konsumen.

Lima manfaat di atas bisa kamu peroleh jika memanfaatkan media sosial dalam perkuliahan. Selain mudah diakses dan murah, manfaat di atas juga terasa menyenangkan. Sebab, dalam keseharian kamu sudah terbiasa dan menikmati bermain media sosial.

Itulah cara memanfaatkan Medsos raih mahasiswa nilai IP dan IPK tinggi. Mahasiswa harus pandai memanfaatkan teknologi yang semakin canggih saat ini. Jangan sampai terbuai dan lalai. Media sosial yang biasanya kita gunakan untuk berbagi kehidupan sehari-hari, mari gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Manfaatkan Medsos Raih Mahasiswa Nilai IP dan IPK Tinggi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel