Iklan Header

Empat Hal Tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Wajib Tau

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah sebuah program yang dibuat oleh Kemenristekdikti. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah gabungan dari proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi manusia yang kretif dan inovatif dengan adanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini.

Mahasiswa baru tentu harus mulai mengenal dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sebab, ini adalah salah satu kegiatan tahunan yang diikuti seluruh mahasiswa di tanah air. Ajang bergengsi yang biasa dilaksanakan bernama Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Inilah ajang perlombaan dimana setiap mahasiswa membawa proposal dan ide-ide yang kreatif dan inovatif.
Empat Hal Tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Wajib Tau


Informasi lebih lanjut mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) akan diulas di bawah ini. Empat hal seputar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020 yang wajib dibaca oleh mahasiswa baru. Mumpung baru masuk dunia kampus, masih banyak waktu untuk mengembangkan potensi dan kreativitas.

1. Hal yang harus dilakukan kalau ingin membuat proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Sebelum membuat sebuah proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), mahasiswa harus banyak melakukan riset. Selanjutnya mencari ide-ide dan bagaimana menginovasi ide tersebut.

Selain itu, banyak membaca dan melakukan eksperimen juga bisa membuat kamu mengetahui bagian mana dari ide mu yang masih kurang. Berikutnya, tinggal menambahkan dan bisa meminta pendapat dari dosen atau ahli di bidangnya.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang sudah banyak sekali jumlahnya sejak program ini diluncurkan. Oleh karena itu, harus dipikirkan secara mendalam mengenai ide dan inovasi yang akan dibuat. Jangan sampai hanya sekadar ikut-ikutan.

2. Apa saja jenis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020 dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar. Pertama, PKM 5 Bidang terdiri dari PKM-Penelitian, PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-T (penerapan Teknologi) dan PKM-KC (Karsa Cipta).

Berikutnya, ada PKM-AI (Artikel Ilmiah) dan PKM-GT (Gagasan Tertulis). Terakhir, ada PKM-GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif)  yang baru diluncurkan tahun 2019.

3. Tahap sebelum Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)

Sampai tahap mengikuti  Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), mahasiswa harus melewati beberapa tahap. Tahapan ini berdasarkan informasi di buku pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020.

Pertama adalah tahap persiapan. Tahap ini dimulai dari penerbitan pedoman PKM oleh Ditjen Belmawa, kemudian Ditjen Belmawa menetapkan klasterisasi Perguruan Tinggi program PKM.

Selanjutnya, Mahasiswa menyusun proposal PKM 5 Bidang, artikel PKM AI, artikel PKM-GT, proposal dan video PKM-GFK 4)  dan menyerahkan ke Perguruan Tinggi. Berikutnya Perguruan tinggilah yang mengajukan permohonan kepada Ditjen Belmawa untuk memperoleh akun pengguna Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan dan akun pengguna Operator Perguruan Tinggi untuk mengakses SIMBelmawa.

Kedua, ada tahap pengunggahan proposal. Masing-masing sistematika sudah dijelaskan dalam pedoman PKM 2020. Mahasiswa yang sudah memiliki akun untuk mengakses SIM Belmawa, maka dapat melakukan pengunggahan sesuai pedoman.

Ketiga, tahap pendanaan , pelaksanaan, penilaian dan laporan. Setelah proposal lolos pendanaan oleh Ditjen Belmawa, maka mahasiswa dan timnya akan melaksanakan program yang telah dibuat. Tentunya sesuai waktu yang sudah dirancang di dalam proposal.

Selanjutnya, penilaian di lakukan oleh panitia Ditjen Belmawa yang dilakukan secara luring (fisik atau on-site) atau daring. Mengenai detail pelaksanaan penilaian ini sudah dijelaskan pula di pedoman PKM 2020.
Terakhir, mahasiswa harus membuat laporan akhir. Sebab, laporan akhir ini berfungsi sebagai syarat pencairan dana tahap akhir dan menjadi salah satu komponen penilaian di PIMNAS.

4. Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)

Inilah ajang yang ditunggu banyak mahasiswa di Indonesia. Sebab, mahasiswa bisa  bisa salin tukar pendapat dan memaparkan ide atau inovasi yang kita punya.

Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) digelar setelah  serangkaian proses panajng yang sudah diulas sedikit di atas. Mahasiswa yang telah terpilih untuk mengikuti Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) harus mempersiapkan segala hal yang akan dipresentasikan di hadapan semua perwakilan kampus di Indonesia.

Rangkaian kegiatan Pekan Imiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ini nantinya adalah tahap terakhir dari Program Krativitas Mahasiswa (PKM). Disana pula akan diketahui siapa saja yang mendapat pengahargaan atas proposal yang telah dibuat.

Empat hal di atas adalah informasi seputar Program Krativitas Mahasiswa (PKM) 2020. Mahasiswa baru harus mulai mencari banyak informasi dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Terlebih, bagi kalian yang memiliki ide-ide kreatif yang tidak terpikirkan orang lain.

Belum ada Komentar untuk "Empat Hal Tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Wajib Tau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel