Iklan Header

Mahasiswa Baru 2020 Unila Wajib Tau Empat Situs Ini Sumber Informasi Akademik

Mahasiswa baru 2020 yang baru masuk perkuliahan tentu masih merasa bingung dengan dunia kampus dan isinya. Seperti halnya mencari informasi seputar perkuliahan, sumber materi belajar, hingga menyesuaikan diri dengan jadwal kuliah yang padat.

Informasi yang sudah disediakan oleh pihak universitas maupun fakultas tak jarang terlambat diketahui oleh mahasiswa. Penyebabnya adalah karena kurangnya pantauan mahasiswa terhadap portal informasi tersebut, atau memang sama sekali tidak tahu dimana sumbernya.
Mahasiswa Baru 2020 Unila Wajib Tau Empat Situs Ini Sumber Informasi Akademik
Sumber foto dari Alfanny foto logo yang ada di tugas makalah 
Oleh karena itu, mahasiswa harus aktif mencari tahu informasi yang berasal dari sumber yang jelas. Jangan sampai hanya menerima informasi yang hanya katanya atau hoax. Beberapa portal informasi mengenai kampus bisa dilihat di situs resmi yang sudah tersedia.

Berikut adalah empat situs resmi Universitas Lampung yang wajib diketahui oleh semua mahasiswa, khususnya mahasiswa baru 2020 yang baru memasuki dunia perkuliahan. Selain dapat menjadi sumber informasi yang jelas, memantau pembaharuan situs berikut juga akan membuatmu lebih tau info tentang info-info seputar kampus.

1. Biro Akademik dan Kemahasiswaan
Universitas Lampung (bak.unila.ac.id)

BAK memiliki tugas memberikan pelayanan di bidang akademik dan pembinaan mahasiswa dan alumni. Di laman BAK ini kamu bisa melihat informasi seperti kalender akademik, info beasiswa, hingga agenda-agenda Universitas Lampung.

BAK juga meyediakan informasi seputar wisuda per-periode Universitas Lampung. Selain itu, informasi pembagian jaket almamater bagi mahasiswa baru 2020 juga akan dibagikan di laman ini. Jangan lupa bagi kamu mahasiswa baru Universitas Lampung 2020 untuk selalu memantau pembaharuannya ya.

2. Sistem Informasi Akademik (siakadu.unila.ac.id)

Situs ini adalah  memiliki fungsi menyediakan dan memfasilitasi akademik mahasiswa. Diantaranya, membuat rencana studi dan mata kuliah yang akan diambil, melihat hasil studi selama satu semester, informasi pembayaran SPP, hingga mendaftar wisuda.

Situs ini diakses oleh masing-masing mahasiswa dengan cara memasukkan username dan password. Username adalah Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), sedangkan password bisa diganti sesuai keinginan.

Pelatihan untuk menggunakan akun siakad biasanya dilakukan pada saat awal perkuliahan mahasiswa baru. UPT TIK Universitas Lampung yang biasanya memandu pelatihan ini secara bertahap sesuai jadwal masing-masing fakultas.

Pada 2020, Siakad Unila telah mengalami pembaharuan versi, yaitu berubah menjadi Siakadu. Aplikasi Siakadu telah tersedia di Google Playstore dan dapat diunduh secara gratis oleh mahasiswa aktif Universitas Lampung.

3. Online Public Access Catalog UPT Perpustakaan Universitas Lampung (opac.unila.ac.id)

Situs ini adalah milik UPT Perpustakaan Universitas Lampung. Bagi mahasiswa yang ingin mencari buku sebagai sumber belajar materi kuliah, bisa akses situs ini darimanapun berada. Caranya tinggal ketikan kata kunci, judul buku, atau nama pengarang buku yang ingin dicari.

Hal ini akan memudahkan mahasiswa untuk mengetahui apakah buku yang dicari ada/masih stoknya di perpustakaan. Tersedia juga nomor panggil dan urutan rak tempat buku disusun. Jangan lupa sebelum meminjam buku, kamu aktifkan akun perpusmu dulu di situs ini ya.

4.Sistem Informasi Mahasiswa Unila (SIMANILA)

Simanila merupakan laman informasi penerimaan mahasiswa baru. Di laman ini terdapat informasi mengenai jalur masuk Universitas Lampung yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa baru 2020. Diantaranya, SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN-Barat (Mandiri), Paralel, PMPAP, Prestasi dan Vokasi.

Di laman ini juga terdapat beberapa link bagi mahasiswa baru, diantaranya Sistem Informasi Data Pokok Mahasiswa, Sistem Informasi Registrasi Ulang Mahasiswa, Sistem Informasi Uang Kuliah Tunggal dan lain sebagainya.

Bagi mahasiswa baru 2020, situs ini sangat berguna untuk mengisi borang dan daftar ulang, serta mengunduh Kartu Tanda Mahasiswa sementara setelah selesai daftar ulang.

Empat situs di atas adalah situs resmi Universitas Lampung yang berisi informasi untuk mahasiswa baru 2020 yang masih bingung dengan dunia perkuliahan. Kamu bisa mengaksesnya dengan telepon genggammu untuk mendapatkan informasi yang kamu inginkan.

Menjadi mahasiswa berarti menjadi manusia yang lebih mandiri. Mencari informasi juga harus bisa mencari sumber yang jelas dan akurat. Seperti halnya mengakses laman resmi yang sudah disediakan oleh universitas.

Belum ada Komentar untuk "Mahasiswa Baru 2020 Unila Wajib Tau Empat Situs Ini Sumber Informasi Akademik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel