Iklan Header

Cegah Sakit, Perhatikan 5 Hal Sebelum Beli Jajan

Kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli jajanan di pedagang kaki lima yang bisa berupa makanan atau minuman. Sebab, jajanan yang akan kita konsumsi haruslah sehat dan bersih. Agar tubuh juga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin disebabkan oleh bakteri atau virus.

Jajanan kaki lima memang banyak menjadi favorit di masyarakat. Penyebabnya, harganya yang terjangkau. Lalu, karena lokasi strategis biasanya dekat dengan pemukiman warga. Serta, rasanya yang memang lezat di lidah penikmatnya.

Cegah Sakit, Perhatikan 5 Hal Sebelum Beli Jajan

Pedagang biasanya membuka lapak dagangannya di pinggir jalan atau dekat dengan sekolah, kantor, dan tempat umum lainnya. Selain itu, ada pula lapak khusus yang memang disediakan untuk para pedagang kaki lima ini. Misalnya lapak yang ada di sebuah tempat wisata yang ramai pengunjung.

Masyarakat yang memilih membeli jajanan kaki lima tentu punya alasan tersendiri. Tetapi, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum membelinya. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut adalah ulasannya.

1. Lokasi dagang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli jajanan pinggir jalan adalah lokasi dagang. Penjual biasanya menggunakan gerobak atau berupa tenda berukuran kecil. Letaknya ada di pinggir jalan tepatnya di trotoar.

Namun ada pula yang berdagang di tempat khusus yang disediakan. Tentunya dengan biaya sewa yang berbeda-beda ya.

Nah, lokasi dagang inilah yang harus kamu perhatikan. Lihatlah sekeliling gerobak/tenda tersebut apakah bersih atau tidak. Tempat kecil seperti trotoir bukan berarti tempat yang tidak layak untuk berjualan makanan. Jika penjual rajin menyapu dan membersihkannya, tentu saja makanan menjadi sehat.

Lalu, bila lokasi dekat dengan pembuangan sampah atau selokan. Sebaiknya kamu berhati-hati. Apalagi, jika penjualnya kurang menjaga kebersihan. Bisa jadi bakteri bisa masuk dalam makanan.

2. Kemasan/wadah 

Kedua yaitu memperhatikan kemasan atau wadah jajanan. Kemasan ini adalah pembungkus makanan yang akan kita konsumsi. Jadi, bila kemasan buruk tentu makanan juga akan menjadi buruk.

Misalnya saja penggunaan plastik atau sedotan yang kurang layak. Atau, kemasan sterofoam yang kurang ramah lingkungan. Bahkan, ada beberapa pedangang yang jahil dan mencuci ulang kemasan makanan sekali pakai tersebut. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati.

Kamu bisa juga membawa wadah makananmu sendiri untk mengurangi penggunaan kemasan plastik. Misalnya kamu membeli somay atau batagor, maka bisa menggunakan wadah sendiri.

3. Perilaku penjual

Selanjutnya, perhatikan perilaku penjual. Hal ini masih berhubungan dengan kebersihan para penjual. Sebab, kebersihan adalah hal penting dalam pengolahan makanan yang akan masuk dalam tubuh.

Bila penjual mencuci peralatan untuk menyiapkan jajanan kurang bersih. Maka, itu tandanya dia kurang memerhatikan kebersihan. Lalu, bila penjual rajin mencuci tangan misalnya. Maka bisa dikatakan dia orang yang menjaga kebersihan. Tentunya kamu juga harus memperhatikan hal-hal lain.


4. Keadaan konsumen

Keempat, konsumen yang datang juga bisa menjadi hal penting sebelum membeli jajanan kaki lima. Penjual yang dagangannya ramai pembeli sudah tentu memiliki kualitasnya tersendiri. Maka, hal tersebut bisa menjadi patokan untukmu yang ingin jajan di pinggir jalan.


5. Kondisi perut

Terakhir, sebelum membeli makanan di pinggir jalan, perhatikan kondisi perut dan tubuh sendiri. Hal ini penting untuk mencegah penyakit. Misalnya kamu memiliki sakit asam lambung, maka sebaiknya kamu hindari jajanan yang dapat menyebabkan asam lambungmu naik seperti pedes.

Berikutnya, bila kamu memiliki sakit gigi atau gigi sensitif, maka bisa menghindari jajanan yang manis dan dingin.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan, sehingga jadi pertimbangan sebelum membeli jajanan kaki lima. Meski terlihat sepele, tetapi tidak ada salahnya kita memerhatikan apa yang akan kita konsumsi. Sebab, menjaga kesehatan tubuh tentu lebih mudah daripada mengobatinya ketika sakit. Kesehatan adalah sebuah karunia dari Tuhan untuk kita syukuri dan kita jaga baik-baik.

Belum ada Komentar untuk "Cegah Sakit, Perhatikan 5 Hal Sebelum Beli Jajan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel