4 Hal yang Bikin Kangen Masa Mahasiswa KKN

Masa KKN mahasiswa adalah masa seru dan bikin kangen. Sebuah pengalaman unik hidup di lingkungan baru yang biasanya berada di pelosok daerah. Hidup bersama dengan teman sekelompok yang bahkan belum mengenal sama sekali.

Tentunya pengalaman unik ini akan membekas seumur hidup. KKN adalah salah satu mata kuliah wajib di universitas. Mahasiswa harus lulus di mata kuliah ini. sebab, bobot SKSnya biasanya cukup besar.
4 Hal yang Bikin Kangen Masa KKN Mahasiswa

Selain itu, KKN juga bertujuan agar mahasiswa dapat berlatih terjun langsung ke lapangan. Mereka akan mencari solusi dan membuat program yang bermanfaat bagi desa tempat KKN.

KKN sebulan sampai dua bulan lamanya tentu banyak kenangan dan kejadian tak terlupakan. Inilah 4 hal yang bikin kangen masa KKN bareng teman sekelompok.


1. Kebersamaan dengan kelompok KKN

Hal pertama yang bikin kangen adalah kebersamaan dengan teman sekelompok. Mulai dari sarapan bersama dengan lauk seadanya dan harus dibagi rata. Lalu, berdiskusi dan rapat mengenai program yang akan dilaksanakan.

Ada juga kebersamaan ketika salah satu butuh dukungan, misalnya kangen rumah dan ingin pulang. Hal-hal ini lah yang tak terlupakan begitu saja. Hidup satu atap dalam waktu cukup lama akan membuatmu mengenal sifat-sifat asli teman sekelompokmu. Saat itulah kamu belajar memahami orang lain.


2. Kegiatan rutin bersama masyarakat desa

Kedua, hal yang bikin kangen dari KKN adalah kebersamaan bersama masyarakat. Ketika terjun ke desa, kita harus bersosialisasi dan membaur dengan warga. Misalnya, ikut pengajian rutin di desa.

Lalu, membantu bersih-bersih desa atau kerja bakti. Serta kegiatan lain seperti meronda. Mahasiswa tidak semua pernah merasakan hal-hal ini. Oleh karena itu, pastinya akan menjadi pengalaman baru yang bikin kangen masa KKN.

3. Gotong-royong sesama anggota kelompok

Kebersamaan dengan anggota kelompok juga dirasakan saat saling bergotong royong. Misalnya dalam satu kelompok hanya tersedia satu kendaraan untuk bepergian. Maka, harus mencari solusi bersama-sama dengan menebeng orang desa atau berboncengan gantian.

Selain itu, ketika menjalankan program kerja mahasiswa juga gotong royong sesama anggota kelompok. Misalnya proker menanam bibit pohon, ada yang bertugas mengairi, menggali tanah, memberi pupuk, dan juga yang mencatat jumlahnya. Gotong-royong inilah yang membuat sebuah kelompok jadi lebih kompak.

4. Cinta lokasi (Cinlok) saat KKN

Terakhir, ini adalah pengalaman yang sering ditanyakan oleh mereka yang belum merasakan KKN. Meski sepele, tapi ternyata banyak yang menanyakannya dengan kalimat “emang KKN itu bisa cinlok ya?”

Bagi yang sudah merasakan KKN tentu dapat menjawabnya. Momen KKN memang berbeda setiap mahasiswa. Kisah cinlok in banyak terjadi antaranggota kelompok. Penyebabnya tentu saja karena seringnya bertemu dan berinterkasi satu sama lain.

Cinlok pada saat KKN ini banyak dialami dan menjadi momen tak terlupakan. Ada yang kisahnya berlanjut sesudah KKN berakhir, namun ada pula yang kandas. Keduanya tetap menjadi bagian dari kisah KKN dan bikin kangen di suatu hari nanti.

Itulah 4 hal yang bikin kangen masa KKN. Kisah lucu, haru, hingga unik menghiasi hari-hari selama masa KKN dijalani. Bikin kangen dan pengen mengulangnya lagi. Setiap orang tentu mempunyai kisahnya masing-masing. Bagaimana denganmu?

Belum ada Komentar untuk "4 Hal yang Bikin Kangen Masa Mahasiswa KKN "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel