Iklan Header

Cara Edit Video Lirik Lagu untuk Karokean

Video lirik lagu banyak dimanfaatkan untuk karaokean. Selain dapat membantu kelancaran bernyanyi, video lirik juga sengaja dibuat oleh para creator untuk konten Youtube mereka. 

Ternyata kita bisa membuat video lirik sendiri dengan memanfaatkan aplikasi edit video. Keuntungan membuat video lirik sendiri ini adalah dapat mengasah kemampuan editing video, lalu dapat digunakan untuk karaokean dengan susunan lirik sesuka hati pembuatnya.
Cara Edit Video Lirik Lagu untuk Karokean

Beragam aplikasi edit video dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah video lirik. Salah satunya aplikasi bawaan laptop. 

Berikut ini adalah cara edit video lirik untuk karaokean menggunakan aplikasi video editor bawaan laptop. Langkah-langkahnya mungkin akan mirip dengan aplikasi edit video lainnya, misalnya Vivavideo, VideoShow, FilmoraGo, dan sebagainya.

1. Buka aplikasi video editor

Pertama, buka aplikasi video editor yang ada di laptop/PC. Setelah itu, klik New Video Project. 

2. Beri nama video

Berikutnya, tulis nama video alias nama file yang akan diedit. Misalnya tulis judul lagu dan penyanyinya. Ini adalah contoh edit video lirik lagu Imagination yang dipopulerkan oleh Shawn Mendes. 


3. Tambahkan gambar yang akan menjadi background lirik

Langkah ketiga, tambahkan gambar yang akan menjadi background. Seperti halnya membuat powerpoint. 

Background yang digunakan dapat berupa gambar polos atau foto favorit. Misalnya foto bersama keluarga, teman, atau pasangan. Tentunya gambar ini akan membuat karaoke menjadi lebih menyenangkan.

4. Tarik gambar ke susunan board 

Gambar yang sudah ditambahkan kemudian ditarik ke arah storyboard. Susunan gambar dalam storyboard inilah yang akan diotak-atik menjadi video lirik. 
Cara Edit Video Lirik Lagu untuk Karokean


5. Tambahkan title card di awal video

Title card berfungsi sebagai pengantar sebelum masuk ke bagian lirik lagu. Tulis judul lagu dan penyanyi di Title card. Cara menambahkan title card ini mudah, tinggal klik Add title card.

Selain menuliskan judul lagu dan penyanyi, title card juga bisa ditulis salam pembuka. Lalu, kalimat ajakan untuk bernyanyi, dan ucapan spesial. Misalnya kamu sedang karaokean bersama orang yang spesial. 

Cara Edit Video Lirik Lagu untuk Karokean


6. Mulai mengedit video

Langkah selanjutnya yaitu mulai mengedit video lirik. Pertama, atur durasi setiap gambar di storyboard, hal ini akan membuat lirik yang dimasukkan nanti sesuai lamanya dengan audio. 

Kedua, masukkan teks berupa lirik lagu. Carilah di internet lirik lagu atau dapat pula mengetiknya manual. Jangan lupa sesuaikan dengan durasinya. 

Ketiga, klik custom audio untuk menambahkan lagu. Lagu yang dimasukkan juga harus diatur durasinya sesuai dengan panjang lirik. 

Cara Edit Video Lirik Lagu untuk Karokean
Tips ketika mengedit video lirik ini adalah masukkan teks lirik satu bait (berisi 2-4 kalimat). Lalu, sesuaikan durasi teks dan audio. Setelah itu coba putar untuk pratinjau video sebelum berlanjut ke bait lirik selanjutnya. 

Audio tidak perlu ditambahkan dalam setiap gambar. Sebab, akan terus berlanjut selama durasi gambar masih ada. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah pengaturan durasi teks dan durasi audionya agar selaras. 

Berikut adalah gambar pengaturan teks, jenis dan durasinya. 

Cara Edit Video Lirik Lagu untuk Karokean


7. Simpan video 

Terakhir, simpan video dengan cara klik Finish video yang terletak di sebelah custom audio. Maka akan muncul tampilan untuk export video dengan tiga pilihan kualitas, yaitu High, medium dan low. 

Pilihlah simpan dengan kualitas High. Tunggu hingga proses export selesai. Video pun sudah bisa diputar dan menjadi teman karaoke. 

Sekian tutorial edit video lirik lagu untuk karaokean. Video lirik ini juga dapat menadi konten di channel Youtube khusus lirik lagu. Tentunya akan banyak yang mencari terlebih lagu yang sedang hits. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Edit Video Lirik Lagu untuk Karokean "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel