Jawaban Ada Apa Tanggal 21 Desember 2021 Kejadian Peristiwa Fenomena Alam Viral di TikTok dan Jam Berapa

Hanalfa.com- Gulir terus sampai selesai akan kalian dapatkan jawaban ada apa tanggal 21 Desember 2021 kejadian peristiwa fenomena alam viral di Tiktok dan jam berapa.

Banyak sekali fenomena alam yang terjadi di pengujung tahun ini salah satunya pada tanggal 21 Desember mendatang. Bahasan ini sudah banyak dibagikan diberbagai media sosial salah satunya viral di TikTok.
Jawaban Ada Apa Tanggal 21 Desember 2021 Kejadian Peristiwa Fenomena Alam Viral di TikTok dan Jam Berapa
Melihat kabar yang tersebar di TikTok membuat heboh para warganet dan tidak sedikit juga banyak yang penasaran dan ingin tahu mengenai fenomena alam apa yang akan terjadi hingga kapan jam berapa.

Dikutip dari berbagai sumber bahwa ada apa tanggal 21 Desember 2021 yakni akan ada peristiwa Solstis.
Fenomena alam Solstis adalah kejadian astronomi yang berkaitan dengan pergerakan semu matahari dengan posisi dibagian Selatan pada ekuator langit.
Fenomena astronomi yang akan terjadi pada bulan Desember dimulai dari minggu kedua sampai minggu ke tiga dan pada tanggal 20 sampai 21 Desember merupakan puncak dari hujan meteor leonis miniorid.

Selain itu pada tanggal 21 Desember 2021 juga akan terjadi Solstis dan konjungsi bulan pollux. 

Penyebab terjadinya Solstis yakni matahari berada pada bagian belahan bumi Selatan yang mana lebih panjang tengah musim panas. Sementara untuk belahan bumi Utara akan menjadi lebih cepat karena tergolong hari tengah musim dingin.

Fenomena astronomi biasa terjadi karena disebabkan munculnya poros perputaran bumi pada matahari tidak tegak lurus namun posisinya miring sekitar 23,5 derajat.

Akibat posisi miring tersebut membuat salah satu belahan bulan menjadi lebih cendrung terkena sinar matahari dibanding dengan belahan bumi lainnya.

Informasi mengenai malam puncak fenomena solstis akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2021 jam 22.59 atau 23.00 WIB.

Para pemerhati fenomena ini baik dari belahan bumi Utara ataupun Selatan akan mengalami keluar matahari dari arah Timur-Tenggara dan tenggelam dari Barat - Barat Daya.

Sementara untuk bagian wilayah bumi  belahan Selatan akan mengalami atau merasakan matahari terbit dari Selatan-Tenggara lalu terbenam dari Selatan - Barat Daya.

Namun, catatan penting untuk daerah Indonesia fenomena ini tidak akan terlau berpengaruh dikarenakan berada didaerah dekat ekuator.

Demikian penjelasan perihal jawaban ada apa tanggal 21 Desember 2021 kejadian peristiwa fenomena alam viral di Tiktok dan jam berapa.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Ada Apa Tanggal 21 Desember 2021 Kejadian Peristiwa Fenomena Alam Viral di TikTok dan Jam Berapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel