5 Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasrama Dibandingkan Sekolah Biasa

Hanalfa.com- Info banyak dicari yaitu tentang 5 kelebihan dan kekurangan sekolah berasrama dibandingkan sekolah biasa. Sekolah berasrama dikenal pula bernama school boarding.

Sebelum mengambil keputusan untuk melanjutkan sekolah dengan tinggal di asrama atau sekolah biasa, alangkah lebih baik mencari dulu informasi supaya tahu.
5 Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasrama Dibandingkan Sekolah Biasa
Sekolah biasa dan hidup di asrama pastinya sangat berbeda. Diantanya mulai dari kebiasaan, hingga cara menyikapi setiap kondisi.

Terkadang sekolah berasrama atau school boarding dengan sekolah biasa menimbulkan pro kontra antara orang tua dan anak.

Misalnya anak yang ingin sekolah berasrama namun orang tuanya tidak mengijinkan ataupun sebaliknya.

Nah supaya kalian tidak salah mengambil keputusan silahkan pelajari dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan sekolah berasrama dibanding sekolah biasa.

Supaya tidak bingung kalian bisa langsung dapatkan informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan hidup berasrama dengan sekolah biasa di bawah ini yah.

Berikut 5 kelebihan sekolah berasrama dibandingkan sekolah biasa:

1. Melatih hidup mandiri

Ketika memutuskan untuk sekolah berasrama pastinya sudah siap melakukan segala hal sendirian. Dengan kebiasaan tersebut pastinya akan melatih siswa menjadi lebih mandiri. Hal tersebut dikarenakan jika selama ini ketika di rumah semua kebutuhan selalu disiapkan. Maka saat sekolah berasrama tidak ada yang bisa diandalkan jadi harus menyiapkan semua kebutuhan sendiri.

2. Belajar hidup disiplin

Sekolah berasrama tentunya memiliki peraturan atau tata tertib yang harus dipatuhi. Misalnya mulai dari tempat tidur, batas jam keluar, bahkan juga mengenai makan pun diatur. Lalu dengan kehidupan seperti ini maka pastinya akan melatih siswa menjadi hidup disiplin.

3. Belajar untuk bertanggung jawab

Selanjutnya saat sekolah berasrama pastinya semua hal yang kita lakukan harus dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu dengan kebiasaan seperti ini akan membuat siswa jadi belajar untuk bertanggung jawab dan tidak sembarangan dalam bertindak.


4. Menambah pengalaman

Saat sekolah berasrama pastinya membuat banyak cerita terutama untuk diri sendiri. Dengan hal yang dilalui pastinya akan menjadi pengalaman baru. Pasalnya saat hidup di asrama dengan sekolah biasa pasti berbeda. 

5. Saling membantu satu sama lain

Melanjutkan sekolah berasrama sudah mesti jauh dari orang tua dan pastinya teman terdekat menjadi keluarga baru. Oleh karena itu harus bersikap baik dan saling membantu satu sama lain. Jika di rumah hidup selalu ingin menang sendiri. Maka saat tinggal di asrama semua prilaku egois akan perlahan hilang.


Inilah 5 kekurangan berasrama dibandingkan sekolah biasa:

1. Mudah terpengaruh dengan lingkungan

Hidup berasrama tentunya juga beresiko untuk siswa terutama murid baru. Dengan lingkungan asing pastinya menimbulkan rasa penasaran dan ingin mencoba hal baru. Maka salah satu resiko yang rentan terjadi yaitu mudah terpengaruh hal buruk.


2. Anak rentan hidup boros dan banyak menuntut

Sekolah asrama hidup dengan siswa dari berbagai latar belakang pastinya memiliki sikap yang berbeda. Terlebih lagi saat hidup di asrama diberi uang sangu untuk pegangan dari orang tua. Maka hal tersebut akan menjadi celah dirinya untuk membeli semua yang diinginkan. Lalu bisa juga menuntut ingin memiliki hal yang temannya punya.

3. Rentan menjadi korban bulian senior

Selanjutnya saat sekolah di asrama pasti ada yang namanya junior dan senior. Anak baru pastinya akan segan bahkan takut dengan kakak tingkatnya. Oleh karena itu sebagai senior tentu akan merasa paling berkuasa karena sekolah lebih dulu. Karena hal tersebut sangat rentan siswa menjadi korban buliannya.

4. Anak rentan jadi hidup bebas

Sekolah berasrama pastinya hidup jauh dari orang tua, karena jarak tersebut akan menjadi rentan anak hidup bebas. Terlebih lagi saat di rumah Ia selalu dilarang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan keluarga. Kemudian saat jauh pasti dirinya akan merasa bebas melakukan berbagai hal.

5. Rentan berbohong untuk semua hal

Saat anak hidup jauh dari orang tua dan dirinya pasti akan rentan untuk berbohong. Misalnya Ia menghubungi orang tua sembari mengatakan bahwa membutuhkan biaya padahal tidak. Dikarenakan orang tua percaya pada anak maka pastinya akan langsung percaya.

Saat anak sekolah biasa dan tinggal di rumah maka otomatis akan selalu terkontrol oleh orang tua. Jadi setiap persoalan pastinya akan sangat mudah untuk diketahui.

Maka sebagai orang tua harus benar-benar tegas pada anak. Hal tersebut bertujuan supaya hal buruk tidak terjadi.

Misalnya beri penjelasan dan buat kesepakatan dengan anak bahwa dirinya akan hidup mandiri. Lalu sebagai orang tua juga jangan mudah memberi semua keinginannya.

Hal itu dikarenakan ketika keinginan anak dikabulkan, Maka ada kemungkinan besar Ia akan minta dan bisa saja menutut saat tidak terpenuhi.

6. Rentan Tindakan Asusila

Sekolah berasrama rentan pula tindakan asusila oleh oknum-oknum. Misalnya, oknum guru, petinggi sekolah, penjaga sekolah dan lainnya.

Maka orang tua wajib menanyakan kehidupan anak baik laki-laki atua perempuan saat di sekolah terkait hal tersebut.

Demikian info penjelasan mengenai 5 kelebihan dan kekurangan sekolah berasrama alias school boarding dibandingkan sekolah biasa.

Belum ada Komentar untuk "5 Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasrama Dibandingkan Sekolah Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel