6 Contoh Ancaman di Bidang Politik dari Dalam dan Luar Negeri Tentang Korupsi dan Terorisme

Hanalfa.com- Pemberitahuan 6 contoh ancaman di bidang politik dari dalam dan luar negeri misalnya tentang korupsi dan terorime.

Pembahasan mengenai Korupsi dan Terorisme tentunya bukan hal baru, sebab saat masih duduk di bangku sekolah sudah pernah disinggung.
6 ancaman di bidang politik dari dalam dan luar negeri tentang korupsi dan terorime
Selain itu tidak jarang bahasan mengenai politik kadang muncul sebagai tugas sekolah.  Misalnya diminta untuk memberikan cir-ciri, pengertian dan contoh atau bentuknya seperti apa. Ketika berbicara tentang politik maka tentunya akan dikaitkan dengan kondisi dan keamanan negara. Hal tersebut dikarenakan keduanya memiliki hubungan yang erat. 

Negara menjalankan sistem pemerintahan yang didalamnya sudah pasti memiliki kaitan dengan politik.
Tidak jarang suatu negara menjalin hubungan dengan berbagai pihak. Mulai dari dalam negeri hingga luar negeri juga membangun banyak relasi.

Namun di balik hubungan yang dijalin tentunya tidak menutup kemungkinan akan ada berbagai persoalan yang dihadaipi, salah satunya menganai ancaman yang kerap muncul. Ancaman kadang datang dari berbagai pihak mulai dari dalam negeri hingga luar negeri.

Berikut 6 ancaman di bidang politik dari dalam dan luar negeri tentang korupsi dan terorime:

1. Acaman korupsi dari dalam negeri 

Merupakan contoh tindakan tidak jujur yang dilakukan pihak untuk memanfaatkan jabatan atau posisi, dengan tujuan untuk mendapat keuntungan untuk pribadi ataupun untuk yang lainnya.

Korupsi tergolong salah stau ancaman besar dalam suatu negara, sebab jika sudah memiliki pemerintah yang tidak jujur maka akan sulit untuk membangun negeri menjadi lebih maju.

Ssaat pemerintah sudah tidak jujur dan memiliki pikiran untuk korupsi. Maka sudah bisa dipastikan fokusnya tersisa sangat kecil untuk membangun negara. Bahkan tidak menutup kemungkinan semua yang dilakukannya selalu bertindak supaya kedoknya tidak diketahui.

2. Ancaman terorisme dari dalam dan luar negeri

Pengertian Terorirsme adalah sikap yang dilakukan dengan diiringi kekerasan atau ancaman, lalu kadang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas. 

Dengan ancaman seperti ini akan lebih mempermudah pelaku untuk menimbulkan korban secara masal dalam lingkup besar pada targetnya. Lahirnya ancaman terorisme bisa dari luar maupun dalam negeri itu sendiri.

3. Ancaman gerakan radikal asal dari dalam negeri

Radikal adalah paham atau aliran dilakukan seseorang yang menginginkan adanya perubahan. Namun demi mencapai tujuan kerap dilakukan dengan cara paksaan atau tidak jarang juga sampai melakukan tindak kekerasan.

Radikal bisa menjadi ancaman berasal dari dalam negara, hal utama bisa menimbulkan perpecahan. Sebab kehancuran tentunya menjadi salah satu target yang ingin dicapai oleh pihak pelaku.

4. Ancaman Rasis dan Diskriminasi berasal dari dalam negeri

Rasis dan diskriminasi salah satu sikap banyak terjadi dalam kehidupan, mulai dari lingkup pertemanan, hingga berkaitan dengan negara. Terlebih lagi untuk negara berkembang seperti Indonesia memiliki beragam etnis, budaya, dan lainnya.

Jika memiliki sikap saling menghargai, maka perbedaan yang ada tidak akan menjadi masalah besar. Namun karena mudah dipengaruhi sehingga sering muncul perselisihan untuk saling mejatuhkan.

5. Ancaman Spionase dari luar negeri

Spionasi itu upaya yang dilakukan berupa pengintaian atau memata-matai secara diam-diam terhadap target. Hal tersebut biasanya bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang memiliki kaitan dengan organisasi atau lembaga dalam suatu negara.

Spionase bisa disebut sebagai orang dalam, misalnya saat sedang bekerjasama dengan luar negeri. Lalu memberi posisi penting terhadap orang asing dan tanpa disadari secara diam-diam mulai menjalankan misi untuk mengetahui berbagai rahasia termasuk tentang kelemahan.

6. Ancaman Nepotisme berasal dari dalam negeri

Teruntuk Nepotisme sikap yang cukup sering terjadi yaitu lebih memilih suadara atau orang terdekat berdasarkan hubungan dan lebih menyampingkan kemampuan atau skill yang dimiliki.

Nepotisme bisa termasuk sebagai deretan ancaman dengan sikap tersebut maka tidak akan membuat maju karena orang yang memiliki skill atau keterampilan seharusnya maju, namun harus terpaksa tersingkirkan karena ikatan.

Selesai sudah bahasan kami berikan mengenai 6 ancaman di bidang politik dari dalam dan luar negeri tentang korupsi dan terorime.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel