Iklan Header

Biaya Kuliah Mahal, Enam Ide Kerja Sampingan Bagi Mahasiswa Baru 2020 Demi Ringankan Beban Orangtua

Biaya kuliah 2020 di universitas negeri atau swasta di Indonesia cukuplah tinggi. Golongan paling rendah saja biayanya Rp.1 juta. Namun, jangan khawatir bagi mahasiswa baru yang ingin mengejar gelar sarjana. Sebab, saat kuliah terdapat kerja sampingan online, di perusahaan, atau kerja sampingan di rumah (kosan) atau  untuk mendapatkan uang.
Kerja Sampingan Mahasiswa Baru 2020

Belum lagi biaya kosan, alat tulis, buku, makan, minum, dan biaya tak terduga lainnya sangatlah membebani orangtua. Terlebih lagi, dari keluarga yang tidak mampu. Namun jangan patah arang 
dengan ada kemauan pasti ada jalan asal tetap dengan halal. 

Berbagai kerjaan sampingan ini  dapat dilakukan saat kuliah secara halal. Mahasiswa yang ingin kerja sampingan haram untuk gengsi bisa kelaparan, bahkan putus studi.

Cara membagi waktunya pun mudah. Sebab, waktu belajar di kuliah tidaklah seperti saat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang full belajar dari pukul 07.00-15.00 WIB tanpa jeda, hanya istirahat.

Kalau kuliah tidak sepadet itu. Misalnya sehari hanya ada dua mata kuliah (mata pelajaran kalo saat SMA). Mata kuliah pertama untuk masuk kelas pukul 08.00-10.00. 

Berikutnya, ada mata kuliah lagi pukul 13.00-15.00 WIB. Maka, ada waktu senggang 10.01-12.59  dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Belum lagi dapat memanfaatkan waktu kerja sampingan Sabtu-Minggu karena kuliah libur.

Intinya setelah tidak ada mata kuliah bisa keluar kelas, fakultas, bahkan universitas untuk melakukan kerja sampingan tak ada yang melarang. Barulah kalau ada mata kuliah lagi baru balik ke kelas. Sehari paling banyak empat mata kuliah saja. Akan tapi biasanya, hanya tiga matkul saja.

Selain itu dapat dikerjakan sebelum kuliah, di sela-sela jeda atau tidak ada jam kuliah, dan sehabis kuliah. Maka, ini referensi enam kerja sampingan saat kuliah dan tidak mengganggu akademik.

1. Kerja Ojek Online

Bagi mahasiswa baru atau akhir dapat mendaftar ke berbagai ojek online yang ada di Indonesia. Hampir di kota-kota Indonesia ada ojek online. Seperti Gojek, Maxim, Grab. atau Ojek Kampus.
Caranya mudah untuk bekerja, tinggal saja datang ke kantor salah satu ojek online itu dengan cara searching alamat kantornya.

Syaratnya pun tidak terlalu sulit, punya kendaraan pribadi motor atau mobil, surat tanda nomor kendaraan (STNK), surat izin mengemudi (SIM), dan mengisi formulir.  Mahasiswa dapat narima orderan saat di waktu senggang. Hasilnya lumayan dapat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Bahkan bantu biaya kuliah bila lebih ekstra lagi kerjanya.

2. Kerja Dagang Kecil-Kecilan

Wirausaha yang dapat dilakukan saat kuliah adalah jualan makanan ringan, es batu, siomay, pempek, nasi bungkus, gorengan, atau lainnya sesuai keinginan teman-teman. Selain itu bisa juga jualan pulsa, gopay, dan pulsa listrik. 

Kerja ini tidak boleh gengsi sama sekali. Alasannya mahasiswa kerja sampingan ini membawa barang dagangannya ke kelas. Bisa juga dagangan taruh di titik yang ramai dan aman (CCTV kampus) dengan konsep dagangan tanpa dijaga.

Caranya buat tulisan dan tempat taruh uang dengan modal kejujuran pembeli. Saat membawa  makan ke kelas teman-teman kalian tidak mungkin satupun tak membelinya. 

Mereka juga sangat doyan makanan ringan seperti itu untuk ngemil. Apalagi mereka pasti mager ke kantin dan tak sempat. Pasti membelinya, tawarkan saja ke teman-teman dengan percaya diri.

3. Kerja di Perusahaan 

Status mahasiswa pun dapat bekerja di perusahaan. Seperti perusahaan media penyiaran radio. Pilih lah waktu seusai pulang kuliah, sebab kerja di radio efektif malam karena banyak pendengarnya.

Jam kerjanya juga tidak terlalu membebani biasanya hanya 3-4 jam saja. Bila ada keahlian itu silahkan lamar pekerjaan di radio-radio sekitar kampusmu. 

4. Kerja Jadi Blogger, Youtuber, atau Selebgram

Kerja sampingan  inilah sangat digandrungi para milineal untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari Google Adsense. Para mahasiswa dapat pilih ingin menjadi apa untuk biaya tambahan.

Pekerjaan ini tidak menyita kuliah. Bila hobi menulis buatlah blog, suka membuat video dan tampil di kamera jadilah vloger, atau kalau aktif medsos banyakinlah followers supaya  orang tertarik pasang paid promote di akun kalian.

Berbagai cara untuk membuat blog, youtube, dan selebgram sudah banyak di google tinggal rajin cari tau. Sehabis itu, penuhi syarat-sayarat supaya bisa dapat dibayar adsense.

Kerjaan ini juga dibantu oleh wifi kampus jadi tak risau masalah kuota.

5. Kerja Desain

Kerjaan sampingan yang juga banyak dibutuhkan adalah jasa desain baik secara digital atau lukisan tangan.  Sebab para mahasiswa yang lain butuh minta desain untuk kado atau ucapan. Seperti, ilustrasi wisuda, ulang tahun, kenang-kenangan, sertifikat, curiculum vitae, buat buku, dan lainnya. 

Hal itu jadi kesempatan bagi yang ingin belajar desain memunyai peluang yang sangat bagus saat kuliah. Tarifnya pun tidak rendah, sehingga keuntungannya banyak. 

Modalnya pun biasanya membeli bingkai  atau frame dan print desainnya. Hal ini sangat dianjurkan untuk terus melatih kreatifitas di bidang ini. Sebab akan terus dibutuhkan. 


6. Kerja Kerajinan Tangan Karangan Bunga dan Snack

Terakhir adalah kerjaan kerajinan tangan. Tangan-tangan kita mahasiswa baru bisa membuat karangan bunga tangan dari kain fanel atau lainnya. 

Kalau tidak dari kain, dapat juga dari jajan-jajan atau makanan ringan yang dibentuk unik. Ada yang bentuk kayak bunga, kado, dan lainnya. Alat-alatnya juga mudah, alat tembak lem, lem, kain fanel atau jajanan, kardus, corong dirijen, dan lainnya. 

Cukup melimpah permintaan kerajinan itu. Biasanya untuk wisuda, seminar proposal, seminar hasil, ulang tahun, dan lainnya.Silahkan untuk yang mencari referensi kerajinan tangan banyak disediakan.


Itulah keenam pekerjaan sampingan yang dapat menghasiilkan bagi mahasiswa baru. Kerjaan untuk memenuhi kebutuhan saja, jangan sampai lupa untuk kuliah. Sebab, kalau sudah mengenal uang dapat lupa pendidikan.

Ada kebanggan sendiri kalau gelar sarjana kita ada kontribusi keringat sendiri dari  hasil kerja keras mencari uang.

Belum ada Komentar untuk "Biaya Kuliah Mahal, Enam Ide Kerja Sampingan Bagi Mahasiswa Baru 2020 Demi Ringankan Beban Orangtua "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel