Iklan Header

Tak Sampai Gaji UMR Jakarta, Lima Cara Kelola Gaji Supaya Tetap Bisa Bersedekah

Upah Minimum Regional ( UMR Jakarta, Bekasi, Tangerang, Lampung, Bandung, dan Palembang) bagi para karyawan atau pegawai yang menerima di bawah UMR tentu kelimpungan cara mengelolanya. Maka, harus pintar mengelola gaji bulanan dan berusaha untuk tetap bisa bersedekah.

Misalnya, gaji sebulan hanya senilai Rp.1 juta. Pasti harus memutar otak untuk mengelolanya. Mulai dari kebutuhan makan, transportasi, listrik, biaya rumah tangga (listrik, air, dan sampah), dan tak terduga lainnya.

Tak Sampai Gaji UMR Jakarta, Lima Cara Kelola Gaji Supaya Tetap Bisa Bersedekah

Akan tapi, dengan gaji itu tetap bisa menyisihkan untuk sedakah melalui cara-cara sebagai berikut.

1. Tulis kebutuhan selama satu bulan

Tulis kebutuhan untuk satu bulan ke depan dengan rinci  selama satu bulan. Kamu akan tahu berapa kira kira uang yang kamu butuhkan untuk pengeluaran bulan depan.

2. Kelompokkan kebutuhan, jangan lupa buat skala prioritas

Kebutuhan yang sudah kamu tulis pasti tidak semuanya harus terpenuhi. Ada kebutuhan yang sifatnya tidak wajib. Nah, saatnya mendahulukan kebutuhan utama alias primer daripada kebutuhan lain. Itulah gunanya mengelompokkan dan membuat skala proritas.

3. Siapkan uang untuk keperluan tak terduga

Setelah tahu apa saja kebutuhanmu di bulan depan. Selanjutnya, menyisihkan uang untuk keperluan yang tiba-tiba datang, seperti sakit.

4. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan

Jangan sampai gaji yang sedikit tidak dimanfaatkan dengan baik ya. Boleh berkeinginan untuk menyenangkan diri, tapi jangan sampai hanya menuruti nafsu. Misalnya melihat sepatu dan tas sedang promo besar-besaran langsung ingin beli. Padahal sepatu dan tas lama masih bisa dipakai.

5. Belanja kebutuhan dengan harga promo atau grosir

Sudah bukan rahasia lagi, di pasar atau supermarket bila beli jumlah banyak atau grosir pasti menjadi lebih murah. Harga promo biasa kita temui di supermarket, terutama saat akhir pekan tiba. Jangan lupa ajak temanmu juga yang ingin membeli barang grosir. Agar bisa patungan dan lebih murah.

6. Liburan murah 

Bekerja selama sebulan tentu membuat kita merasa penat atau bosan. Liburan sesekali bisa jadi solusi agar kita tidak stres. Namun, balik lagi kamu harus bisa mengatur gaji agar cukup. Caranya yaitu dengan liburan murah, misalnya jalan-jalan di taman, tempat wisata yang tarifnya murah serta rajin mencari paket liburan gratis.

Nah, itu tadi 6 hal yang bisa kamu coba untuk menyiasati gajimu yang kecil. Nominal dan berapa persentasenya, bisa kamu sesuaikan dengan hitunganmu sendiri.  Sebab tiap orang punya kebutuhan dan prioritas berbeda-beda. 

Asal jangan lupa sisihkan untuk sedekah mengumpulkan pahala untuk akhirat nanti.

Belum ada Komentar untuk "Tak Sampai Gaji UMR Jakarta, Lima Cara Kelola Gaji Supaya Tetap Bisa Bersedekah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel