Iklan Header

5 Kebiasaan Unik Bantu Kuasai Bahasa Prancis Cepat dan Mudah

Belajar bahasa Prancis merupakan sebuah hal yang susah. Melalui kebiasan unik pastinya bantu kuasai bahasa Prancis dengan cepat dan mudah. Sebab, ini bahasa kedua yang diperoleh dengan cara dipelajari 

Mahasiswa atau masyarakat umum dapat mempelajari bahasa Prancis melalui berbagai tempat. Diantaranya belajar di perguruan tinggi jurusan bahasa Prancis, lembaga kursus, dan di rumah belajar secara mandiri melalui buku dan internet.
5 Kebiasaan Unik Bantu Kuasai Bahasa Prancis Cepat dan Mudah
Para pebelajar bahasa Prancis mungkin akan mengalami beberapa kesulitan ketika baru pertama kali belajar bahasa ini. Diantaranya, kesulitan pelafalan kata bahasa Prancis yang berbeda jauh dengan tulisannya, kesulitan memahami percakapan audio penutur aslinya, kesulitan membedakan jenis kelamin kata benda, dan kesulitan memahami tata bahasanya.

Mahasiswa yang belajar bahasa asing bisa mencari cara untuk mengatasi kesulitan tersebut. Lalu, meminta tips pada dosen atau kakak tingkat. Selain itu, berikut adalah empat kebiasaan yang bisa dilakukan untuk membantu menguasai bahasa Prancis dalam waktu cepat.

1.Mengelompokkan kata benda

Hal pertama yang akan membantumu menguasai bahasa Prancis adalah kebiasaan mengelompokkan kata benda. Kata benda dibedakan menjadi dua jenis kelamin. Tulis di buku catatanmu mana benda yang berjenis kelamin laki-laki dan mana yang perempuan.

Adanya catatan ini akan memudahkan ketika kamu ingin menghapal jenis kelamin kata benda. Misalnya kamu sedang latihan membuat kalimat, kamu tinggal melihat kelompok yang sudah kamu tulis. Kelompok kata benda ini bisa ditulis dalam tabel di sebuah buku kecil dan ditulis setiap kamu mempelajari kosa kata baru.

Kebiasaan mencatat setiap saat akan membuatmu memiliki banyak daftar kata yang sudah dikelompokkan. Tentu akan memudahkan saat belajar untuk ujian nanti.

2.Mendengarkan tuturan bahasa Prancis 

Kebiasaan kedua yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkan audio penutur asli bahasa Prancis. Suara percakapan yang berlangsung dalam audio biasanya terdengar sangat cepat. Sebab, ini memang sebuah ciri khas bahasa Prancis dimana penuturnya memiliki ritme yang cepat ketika berbicara.

Carilah audio di internet beserta transkripsinya agar bisa digunakan untuk mengoreksi. Kamu bisa memutar audio saat belajar dan mencatat kata apa saja yang bisa kamu tangkap. Putar berkali-kali hingga kamu dapat menemukan setengah atau keseluruhan isi percakapan dalam audio.

Jangan lupa memerhatikan tingkatan audio dari tingkat dasar biasanya berdurasi pendek, hingga tingkat lanjut yang berdurasi panjang.

3. Catat kosakata yang sulit dilafalkan

Kosakata dalam bahasa Prancis memiliki perbedaan antara tulisan dan pelafalannya. Perbedaan yang jauh ini kadang menyulitkan bagi yang baru belajar. Misalnya kata “un” dibaca “ang”.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu belajar bahasa Prancis dengan cepat bagian pelafalan ini adalah dengan cara menulis setiap pelafalan yang sulit di samping kata bahasa Prancis. Misalnya kata-kata “au revoir (o revwa) = sampai jumpa”.

Kata yang pelafalannya sesuai dengan tulisan tidak perlu ditulis cara membacanya. Ini akan mempercepat hapalan kata. Tentunya ditambah dengan sering latihan menggunakan kosa kata yang sudah dipelajari.

4.Menonton film berbahasa Prancis

Terakhir, kebiasaan menonton film juga akan membantumu menguasai bahasa Prancis dengan cepat. Film yang dimainkan menggunakan bahasa Prancis akan melatih telingamu untuk terbiasa mendengar orang berbicara bahasa Prancis.

Film-film terkenal berbahasa Prancis bisa kamu cari dan tonton rutin seminggu sekali misalnya. Carilah stok film dari internet atau dari kakak tingkat serta dosen yang memilikinya. Menonton film juga bisa dilakukan ramai-ramai bersama teman sekelas agar tidak membosankan. Serta, dapat belajar menyimak bersama-sama.

Contoh film berbahasa Prancis yang bisa jadi rekomendasi adalah film Intouchable (2011), Le Petit Prince (2015), Adama (2015), dan Amélie (2001). Film-film tersebut selain dapat menjadi latihan menyimak juga bisa menjadi pembelajaran budaya serta kebiasaan negara-negara yang menggunakan bahasa Prancis.

Itulah kebiasan unik pastinya bantu kuasai bahasa Prancis dengan cepat dan mudah. Kebiasaan yang dilakukan secara rutin tentu akan memberi pengaruh pada pembelajarn. Baik di bangku perkuliahan maupun di lembaga kursus. Dengan begitu, pemahaman belajar bahasa Prancis akan lebih cepat.

Belum ada Komentar untuk "5 Kebiasaan Unik Bantu Kuasai Bahasa Prancis Cepat dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel