Iklan Header

5 Tips Lancar Seminar Skripsi

Mahasiswa semester akhir membuat skripsi atau tugas akhir sebagai salah satu syarat agar bisa lulus. Proses penyusunan skripsi dimulai dengan mencari judul dan masalah penelitian. Perlu tips-tips supaya lancar seminar skripsi mahasiswa.

Lalu, menulis secara ilmiah sesuai panduan penulisan masing-masing perguruan tinggi.Berikutnya, draft mahasiswa yang sudah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing dan pembahas harus mempresentasikan skripsinya dalam sebuah seminar. Seminar skripsi ini dilakukan beberapa kali tergantung peraturan perguruan tinggi.
5 Tips Lancar Seminar Skripsi

Seminar yang dilakukan pertama kali biasanya adalah seminar usul/proposal. Selanjutnya, ada seminar hasil dan sidang akhir skripsi.
Mahasiswa harus melewati semua tahapan seminar sesuai prosedur agar bisa dinyatakan lulus.

Mahasiswa yang sudah mendapatkan persetujuan untuk maju ke tahap seminar harus mempersiapkan diri dengan matang. Beberapa persiapan seperti mencari jadwal seminar, menyiapkan kebutuhan saat seminar, hingga menyiapkan mental sebelum bertemu audiens untuk memaparkan hasil kerja dalam skripsinya.

Seminar skripsi yang memiliki situasi formal dan resmi kadang membuat para mahasiswa tegang dan kurang percaya diri. Terlebih, bagi mahasiswa yang jarang berbicara di depan umum.

Meski bisa dibilang seminar skripsi seperti presentasi tugas di perkuliahan, namun rasanya tentu berbeda. Sebab, mahasiswa akan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya yang akan menjadi syarat lulus.

Maka, berikut adalah lima persiapan yang bisa dilakukan mahasiswa ketika akan melakukan seminar skripsi. Persiapan dilakukan agar seminar bisa lancer dan sukses.

1.Membuat catatan poin penting

Persiapan pertama adalah membuat catatan kecil poin penting yang ada dalam skripsimu. Catatan ini berfungsi untuk memudahkan mengingat poin penting yang akan disampaikan dalam seminar. Kamu bisa mencatatnya dalam buku memo kecil atau telepon genggam yang kamu bawa kemana-mana.

Catatan poin penting ini bisa dibuat beberapa hari sebelum seminar. Jangan biasakan belajar mepet hari seminar ya. Sebab, nanti terasa terburu-buru dan malah tidak masuk ke otak.

2.Memastikan kebutuhan seminar sudah selesai

Seminar skripsi yang sudah dijadwalkan memerlukan beberapa kebutuhan. Kebutuhan ini meliputi dua hal, yaitu kebutuhan sebelum dan saat acara. Diantaranya, ada undangan seminar untuk dosen, berkas penilaian yang diisi dosen.

Lalu, kebutuhan konsumsi dosen dan peserta, gedung untuk pelaksanaan seminar, serta peserta yang bersedia menjadi audiens pada saat seminar berlangsung. Kamu harus menyelesaikan semua kebutuhan ini dan memastikan semuanya beres.

Agar, pada saat mendekati hari seminar kamu tidak mengurusi hal lain lain selain mempresentasikan skripsi dengan baik. Kamu bisa meminta bantuan temanmu untuk memastikan semua kebutuhan ini.

3.Mendengarkan lagu klasik 

Persiapan ketiga ini memiliki tujuan untuk menghilangkan rasa tegang dalam diri. Mendengarkan lagu klasik pada malam sebelum seminar bisa membuatmu merasa lebih tenang dan santai. Otak juga akan lebih rileks keesokan harinya.

Belajar materi dan isi skripsi sudah dilakukan beberapa hari sebelum hari seminar. Maka, satu hari sebelumnya kamu bisa melakukan persiapan ini saja. Sesekali bisa diselingi dengan membuka catatan.

4.Latihan berbicara di depan umum

Berikutnya adalah persiapan agar menambah kepercayaan diri dan terbiasa menyampaikan sesuatu di depan umum. Latihan presentasi di depan teman-teman bisa dilakukan untuk membuatmu terbiasa sekaligus mengingat isi skripsi.

Teman-teman yang menyimak bisa juga dimintai memberikan tanggapan dan saran apa yang kurang. Latihan berbicara bisa dilakukan di ruang kelas atau ruang seminar agar lebih terasa euforianya.

5.Meminta doa pada orang tua

Terakhir, persiapan yang penting untuk dilakukan adalah meminta doa pada orang tua. Kamu bisa menghubungi orang tua melalui telepon seluler jika tinggal jauh dari orang tua.

Doa dari orang tua bisa membantumu melewati seminar. Mintalah doa agar dilancarkan berbicara dan menjawab setiap pertanyaan dosen. Serta, doa agar seminar berjalan lancar dan sukses.

Seminar skripsi yang harus dilalui mahasiswa semester akhir harus dipersiapkan dengan baik. Kelulusan yang akan didapat melalui berbagai tahap dan proses. Dimulai dari penyusunan skripsi, revisian bertumpuk dari dosen, hingga kesulitan lain harus dilakukan dengan ikhlas dan sabar.

Sebab, hal-hal itulah yang akan dikenang dan menjadi cerita sejarah pembuatan skripsi. Mari ikuti tips itu supaya lancar seminar skripsi mahasiswa.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Lancar Seminar Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel