Cara Hemat Mahasiswa Baru Tidak Boros

Cara hemat Mahasiswa baru 2020 tidak boros saat akan memulai kegiatan perkuliahan  yang membutuhkan banyak keperluan. Apalagi, pernak-pernik keperluan untuk kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) alias ospek.

Banyak diantara mahasiswa baru yang memakai jasa pemesanan atribut PKKMB agar tidak ribet. Oleh karena itu, pengeluaran akan semakin bertambah. Belum lagi, nanti saat sudah masuk perkuliahan ada buku-buku sebagai bahan kuliah yang harus dimiliki oleh mahasiswa baru 2020.
Cara Hemat Mahasiswa Baru Tidak Boros

Mahasiswa yang berasal dari keluarga ekonomi yang cukup tentu tidak merasa terbebani. Lain halnya dengan mahasiswa yang berasal dari ekonomi pas-pasan atau penerima beasiswa, tentu mereka akan keberatan dengan segala keperluan saat menjadi mahasiswa baru yang menghabiskan biaya.

Berikut adalah empat cara untuk menghemat pengeluaran saat menjadi mahasiswa baru 2020. Empat cara ini bisa dicoba bukan hanya untuk mahasiswa yang berasal dari ekonomi pas-pasan, tetapi juga berlaku bagi seluruh mahasiswa.

1. Buat sendiri keperluan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Atribut PKKMB atau ospek terdiri atas berbagai benda-benda ciri khas kampus dan fakultas tertentu, misalnya fakultas pertanian memakai topi petani. Benda-benda yang digunakan selama masa orientasi tersebut harus dipakai oleh semua mahasiswa sebagai bentuk persamaan dan kekompakan.

Ada juga pita, papan nama, dan lain lain yang harus dipakai oleh mahasiswa baru pada saat kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) berlangsung. Untuk menghemat biaya, mahaiswa bisa membuat sendiri keperluan tersebut. Jangan memesan atau membeli pada yang menyediakan di sekitar kampus.

Hal ini bisa menghemat biaya dan melatih kreativitas mahasiswa baru. Sebab, harga yang dipatok oleh penyedia atribut adalah harga jasa pembuatnya juga. Kalau kamu bikin sendiri pasti lebih murah.

2. Pinjam buku di perpustakaan atau kepada kakak tingkat. 

Kebutuhan setelah kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) berakhir adalah buku untuk perkuliahan. Buku catatan dan buku bahan materi kuliah sama-sama harus dimiliki oleh mahasiswa. Kecuali bagi yang jarang mencatat maka tidak membutuhkan buku catatan.

Mahasiswa baru tidak harus membeli buku kuliah yang baru. Mereka bisa mencari buku referensi di perpustakaan atau pinjam ke kakak tingkat. Cara ini tentu akan menghemat biaya. Terlebih, bisa mengakrabkan hubungan dengan kakak tingkat dan kreatif mencari di perpustakaan aau e-booknya di internet.

3. Memakai alat dan barang sewaktu masih sekolah.

Barang-barang sewaktu di Sekolah Menengah Atas (SMA) jangan langsung dikemas atau ditinggalkan ya. Sebab, siapa tau masih berguna saat kamu kuliah. Misalnya kamu seorang mahasiswa jurusan kimia, kamu masih bisa menggunakan Tabel SIstem Periodik Unsur (SPU) yang kamu miliki sewaktu  SMA.

Sama halnya dengan alat tulis dan pakaian. Pakaian dan sepatu sewaktu sekolah juga pakailah yang masih layak dipakai untuk kuliah. Menjadi mahasiswa baru tidak berarti harus serba baru. Menjadi pribadi yang terbarukan pikiran dan cara pandangnya sudah baik.

4. Tidak latah mengikuti teman.

Mahasiswa baru adalah masa dimana akan menemukan teman baru, lingkungan baru dan juga suasana pendidikan yang baru. Pilihlah teman yang sesuai denganmu dan bisa membawa dampak positif bagimu. Tetapi, jangan juga menjauhi teman yang lain.

Mahasiswa baru harus pintar membedakan mana yang kebutuhan dan mana keinginan. Jangan sampai hanya ikut-ikut teman. Seperti halnya pergaulan, kalau temanmu hobi nongkrong di kafe atau mall, kamu tidak wajib mengikutinya kalau memang bukan gayamu. Jangan latah ikut-ikut hanya karena ingin memiliki teman.

Begitu juga saat temanmu yang memiliki uang membelanjakannya untuk kebutuhan. Kamu yang sedang ingin berhemat harus pandai menahan diri. Sebab, kebutuhan yang jauh lebih penting harus tetap diprioritaskan.

Sekian hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa baru untuk mengemat pengeluaran saat awal masuk kampus. Cara-cara di atas bisa dijadikan referensi dan saran juga bagi teman-teman yang susah menghemat uang.

Itulah cara hemat mahasiswa baru tidak boros. Kebutuhan mahasiswa baru yang terbilang cukup banyak harus pintar disiasati agar tidak membengkakkan dompet, apalagi dompet orang tua. Dengan berhemat kita sudah bisa merngankan sekaligus menabung untuk kebutuhan di masa mendatang. Sebab, masa kuliah masih akan berlangsung beberapa tahun setelah masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Belum ada Komentar untuk "Cara Hemat Mahasiswa Baru Tidak Boros"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel