Iklan Header

Laporan Praktikum Tulis Tangan, Inilah Manfaatnya?

Mahasiswa baru jurusan sains dan teknologi atau saintek pastinya akan mengerjakan laporan praktikum tulis tangan yang disuruh dosen. Mata kuliah yang ada dalam jurusan saintek banyak yang terdapat praktikum. Misalnya biologi, kimia, fisika dan lain sebagainya.

Laporan praktikum yang dibuat biasanya ditulis tangan oleh mahasiswa. Laporan ini dibuat seusai praktikum dan dikumpulkan kepada dosen atau asisten dosen sesuai waktu yang telah ditentukan. Laporan ini sifatnya wajib dan tidak bisa diganggu gugat.
Laporan Praktikum Tulis Tangan, Inilah Manfaatnya?

Mahasiswa baru jurusan saintek ini harus bisa cepat beradaptasi dengan kewajiban menulis laporan ini. Terlebih bagi mahasiswa lintas jurusan yang dulu sewaktu sekolah tidak pernah menulis laporan.

Menulis laporan praktikum memiliki banyak manfaat. Tentunya selain manfaat akademik dan nilai hasil mengerjakan praktikum. Apa saja sih manfaat menulis tangan laporan praktikum bagi mahasiswa? Simak empat hal yang akan diulas berikut ini.

1.Melatih kedisiplinan

Menulis laporan praktikum dapat melatih kedisiplinan mahasiswa. Selain harus dikumpulkan tepat waktu, laporan praktikum juga harus disesuaikan kaidah penulisannya sesuai aturan masing-masing jurusan atau kampus.

Diantaranya format penulisan dan bab apa saja yang ada, tata tulis dan tata letak serta ejaan yang benar. Setiap mahasiswa yang menulis laporan harus  mematuhi aturan tersebut. Dengan demikian, hal ini melatih mahasiswa untuk disiplin.

2.Merapikan tulisan

Mahasiswa yang terbiasa menulis tangan laporan praktikum akan terlatih. Tulisannya semakin lama akan semakin rapi. Meskipun tidak bagus, setidaknya rapi dan lurus. Laporan praktikum memiliki pengaturan jarak/spasi pada kertasnya sehingga tulisan akan lebih lurus.

Laporan praktikum yang dibuat hampir setiap hari mau tidak mau akan menjadi bahan latihan menulis tangan. Kalau kamu termasuk orang yang kurang rapi tulisannya, cobalah sering-sering menulis tangan dan lihatlah perubahannya. Mahasiswa baru juga bisa mulai memperhatikan perubahan ketika sering menulis laporan praktikum.

3.Memperdalam penguasaan materi

Manfaat ketiga yang bisa didapat oleh mahasiswa yang menulis tangan laporan praktikum adalah bisa memperdalam penguasaan materi. Sewaktu menulis laporan, kita juga mengulas teori yang digunakan ketika praktikum, kemudian melakukan uji coba dan akhirnya membuat sebuah kesimpulan.

Tahap-tahap ini dapat dijadikan mahasiswa untuk semakin memperdalam materi kuliah. Ketika menulis maka kita juga akan membaca tulisan tersebut. Secara tidak langsung akan masuk ke pikiran dan kita ingat.

4.Melatih menulis tugas akhir/skripsi

Kelak dapat juga digunakan sebagai bahan latihan menulis tugas akhir atau skripsi. Meski hanya satu atau dua pokok bahasan. Tapi langkah-langkah ketika menulis laporan bisa membuat kamu lebih terlatih.

Memperhatikan format penulisan, ejaan, serta merangkai bab per bab akan menjadikan diri kamu terbiasa membuat sebuah karya ilmiah. Mencari referensi buku dan daftar pustaka juga bisa melatih mahasiswa untuk banyak mencari literatur.

Menulis skripsi membutuhkan banyak waktu untuk membaca dan merangkai kalimat agar dapat mengutarakan segala yang ingin diungkapkan penulis. Menulis skripsi ibarat kita menjelaskan sesuatu kepada pembaca yang sama sekali tidak tahu isi skripsi kita.

Kemampuan kita dalam meramu kata dan kalimat yang akan menentukan apakah mudah dipahami atau tidak. Nah, kemampuan ini tidak bisa didapatkan secara instan, dengan sering menulis laporan praktikum kamu akan lebih terlatih.

Empat manfaat di atas bisa kamu dapatkan ketika rajin menulis laporan praktikum. Mahasiswa yang terbiasa menulis tangan laporan praktikum akan lebih memahami sistematika penulian karya ilmiah. Selain itu, juga dapat menambah pengetahuan karena banyak membaca referensi.

Mahasiswa jurusan sosial dan humaniora mungkin jarang bahkan tidak ada istilah menulis laporan praktikum dalam kesehariannya. Lain halnya dengan mahasiswa jurusan saintek, menulis laporan praktikum adalah kegiatan sehari-hari bak sebuah rutinitas.

Hal ini bisa jadi sebuah keluhan namun juga bisa jadi latihan yang baik untuk ke depannya. Sewaktu memasuki dunia kerja misalnya, mahasiswa yang sudah terlatih menulis laporan praktikum sesuai tenggat waktu akan menyelesaikan deadline kerjaan tepat waktu.

Itulah penjabaran manfaat, laporan praktikum tulis tangan. Mahasiswa jurusan manapun tentu memiliki jalan dan tantangannya masing-masing, meski mahasiswa jurusan sosial dan humaniora tidak menulis laporan praktikum, tentu mereka memiliki cara-cara lain yang bermanfaat meningkatkan kapasitas dirinya.

Belum ada Komentar untuk "Laporan Praktikum Tulis Tangan, Inilah Manfaatnya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel