Iklan Header

Cara Lengkap Daftar TOEFL Universitas Lampung Lewat Langsung atau Online

Tes TOEFL adalah sebuah tes untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris. Artikel ini akan fokus menjelaskan  cara mendaftar tes TOEFL di Universitas Lampung melalui cara langsung atau online.

Hasil tes TOEFL bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, diantaranya untuk mendaftar kuliah, mendaftar beasiswa atau sekadar mengetahui sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris. Beberapa universitas dengan jurusan berstandar internasional bahkan sudah meminta bukti tes TOEFL sebagai persyaratan pendaftaran jalur masuk. Hal ini disesuaikan juga dengan materi perkuliahan nantinya yang menggunakan bahasa Inggris.
Cara Lengkap Daftar TOEFL Universitas Lampung Lewat Langsung atau Online
Tes TOEFL juga bisa menjadi salah satu persyaratan saat melamar pekerjaan. Terutama, pekerjaan yang membutuhkan komunikasi baik tulis maupun lisan menggunakan bahasa Inggris. Tes TOEFL menjadi tolak ukur dan kemampuan tambahan bagi para pencari kerja.

MahasiswaUniversitas Lampung bisa melakukan tes TOEFL di Unit Pelaksana Terpadu (UPT) Bahasa Universitas Lampung. Selain tes TOEFL, UPT Bahasa Unila juga menyediakan les intensif bagi mahasiswa dan umum.

Cara mendaftar tes TOEFL bisa dibilang cukup mudah. Bagian yang sulit biasanya adalah mencari slot tes TOEFL yang sering penuh dan website yang eror karena banyak yang mengakses.

Berikut adalah tutorial mendaftar tes TOEFL Universitas Lampung baik secara langsung di loket atau secara daring. Tata cara pendaftaran tes TOEFL secara daring berdasarkan surat edaran Kepala UPT Bahasa Universitas Lampung nomor 114/UN26.33/TU.00.08/2020.

1.Masuk ke akun UPT Bahasa Unila

Langkah pertama yaitu membuka laman web yang digunakan untuk mendaftar tes TOEFL di laman resmi web mereka. Berikutnya masuk ke akun mahasiswa dengan memasukkan nama pengguna berupa Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dan kata kunci “lcunila”. Kata kunci ini bisa diubah setelah masuk ke akun kamu.

Selanjutnya yaitu mengubah informasi data diri dan mengunggah foto. Fungsinya adalah agar akun bisa aktif dan melakukan registrasi, serta foto bisa ditampilkan saat mencetak kartu peserta tes TOEFL nanti.

2.Mencari slot untuk tes

Setelah masuk akun Lc Unila, berikutnya mahasiswa mencari slot yang kosong untuk jadwal tes TOEFL pada menu Home. Slot yang tersedia terdiri dari dua kategori, yaitu kategori Sarjana/Diploma dan kategori Pascasarjana.

Apabila ada slot yang kosong alias masih berwarna hijau, maka mahasiswa bisa melakukan registrasi tes. Caranya dengan masuk menu Register EPT, dan mengisi jadwal hari dan waktu pelaksanaan tes. Tunggu hingga muncul tulisan yang menunjukan bahwa pendaftaran kamu berhasil.

3. Melakukan daftar ulang

Mekanisme daftar ulang tes TOEFL memiliki perbedaan antara daftar ulang secara langsung dan secara daring. Daftar ulang tes TOEFL harus dilakukan sesuai jadwal yang tertera di akun Lc Unila. Waktu daftar ulang ini mulai pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB.

Bila daftar ulang secara langsung, mahasiswa datang ke loket pembayaran dengan membawa Surat Pengantar dari Fakultas, Fotokopi KTM/KTP, dan uang Rp. 25.000,- atau saldo LinkAja. Bila daftar ulang secara daring, berkas-berkas tersebut dibawa pada saat jadwal tes TOEFL. Pembayaran saat daftar ulang secara daring tetap dilakukan melalui aplikasi LinkAja dengan menyecan barcode yang telah diunggah di website resmi mereka.

Jangan lupa menulis beberapa informasi yang diminta pada kertas Surat Pengantar. Diantaranya nama lengkap sesuai KTM, nomor HP, Nomor referensi pembayaran tes melalui LinkAja, dan jadwal tes. Tulis informasi tersebut di pojok kanan atas Surat Pengantar.

4.Mencetak kartu peserta tes TOEFL

Langkah selanjutnya yaitu mencetak kartu peserta. Mahasiswa yang telah melakukan daftar ulang dan membayar biaya tes akan diverifikasi oleh petugas UPT Bahasa. Masuk kembali ke akun Lc Unila masing-masing, dan lihat pada apakah sudah diverifikasi atau belum. Jika sudah, maka tinggal klik view  dan unduh kartu peserta.

Kartu peserta ini akan dibawa pada saat tes TOEFL. Petugas laboratorium akan mengecek satu per satu sebelum peseta memasuki ruangan tes. Segeralah cetak setelah mengunduh berkas agar menghindari lupa dan terburu-buru.

5.Melakukan tes TOEFL di UPT Bahasa Unila

Terakhir, yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL sesuai jadwal. Banyak latihan soal dan mendengarkan audio serta mempelajari berbagai tips bisa dicoba untuk melewati tes TOEFL ini.

Setelah tes TOEFL selesai, kamu bisa menanyakan langsung hasil tes kepada petugas lab jika memungkinkan. Namun jika tidak, maka kamu harus menunggu seminggu kemudian untuk bisa mengetahui hasil tesmu. Hasil tes akan muncul di akun Lc Unila masing-masing .

Sekian cara mendaftar tes TOEFL Universitas Lampung secara langsung maupun online. Perbedaan keduanya hanya terletak pada mekanisme daftar ulang tes. Mahasiswa yang ingin melakukan tes TOEFL segera persiapkan diri kalian agar bisa lulus mencapai skor tinggi dalam sekali tes.

Belum ada Komentar untuk "Cara Lengkap Daftar TOEFL Universitas Lampung Lewat Langsung atau Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel