Iklan Header

Cara Selesaikan Tugas Kuliah Daring dengan 4 Bantuan

Kuliah daring sedang berlangsung di banyak perguruan tinggi di berbagai daerah karena virus corona. Keadaan yang mengharuskan kuliah dilakukan secara daring ini harus dipatuhi oleh semua pihak, baik dosen atau mahasiswa.Melalui empat cara ini dapat selesaikan tugas kuliah daring dengan  bantuan.

Mahasiswa sudah melaksanakan perkuliahan secara daring ini hampir dua minggu. Mereka sudah mulai terbiasa di pagi hari bergegas menyiapkan gawai atau laptopnya untuk kegiatan belajar bersama dosen. Berikutnya, mereka juga sudah mulai biasa dengan hadirnya tugas yang diberikan dosen.
Cara Selesaikan Tugas Kuliah Daring dengan 4 Bantuan

Namun, dalam dua minggu pembelajaran secara daring ini, terdapat banyak keluhan. Diantaranya datang dari para pelajar sekolah dan mahasiswa. Mereka mengeluhkan jumlah tugas yang banyak dari pengajar.

Khususnya mahasiswa, diantara mereka ada yang menerima banyak tugas dari dosennya. Tugas ini mungkin diberikan dosen karena tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung dan menilai setiap pemahaman mahasiswa. Oleh karena itu, para dosen memberikan banyak tugas.

Banyaknya tugas ini membuat mahasiswa mengeluh dan membandingkan dengan perkuliahan biasa yang berlangsung di ruang kuliah. Tetapi, jangan khawatir karena berikut ini akan diulas empat cara untuk mengatasi tugas banyak ketika kuliah secara daring.

1.Tidak menunda mengerjakan tugas

Cara pertama untuk mengatasi banyaknya tugas adalah dengan tidak menunda. Sebab, jika sudah banyak dan tambah ditumpuk dengan tugas esok hari, maka akan semakin banyak.

Bila dosen memberikan tugas hari ini, maka kerjakan hari ini. Kamu sebagai mahasiswa tidak memiliki pilihan lain selain mengerjakan tugas dari dosenmu. Terlebih, kuliah secara daring ini mahasiswa tidak bisa membuat banyak alasan seperti lupa atau lainnya. Tugas dan perkuliahan yang berlangsung tiap hari dapat langsung kita buat memo atau tandai agar tidak lupa.

2. Bekerja sama dengan teman

Tugas yang sifatnya berkelompok bisa dikerjakan bersama teman dengan cara bagi tugas. Cara ini juga bisa kamu terapkan untuk tugas iindividu yang memungkinkan untuk dikerjakan bersama. Misalnya, tugas berupa pertanyaan yang jawabannya ada di buku, maka jawaban semua mahasiswa akan sama. Tugas inilah yang bisa dibagi-bagi pengerjaannya bersama temanmu.

Selain itu, tugas yang sulit dan banyak sekaligus juga bisa diselesaikan dengan cara ini. Diskusikan dengan temanmu tugas mana yang sulit. Berikutnya, kamu akan lebih mudah mengerjakannya.

3.Meminta bantuan kepada kakak tingkat

Cara selanjutnya adalah meminta bantuan kepada kakak tingkat. Kuliah daring yang kamu rasakan tentu membahas materi yang dulu juga dipelajari kakak tingkat. Jangan sungkan untuk bertanya jika mengalami kesulitan.

Soal dan tugas yang diberikan oleh dosenmu bisa jadi sama dengan yang diberikan pada kakak tingkatmu dahulu. Kamu bisa meminta kisi-kisi atau tips untuk menyelesaikannya. Kalau kamu punya kenalan kakak tingkat yang bersedia membantu maka bisa menjadi solusi.

4.Meminta bantuan kepada keluarga

Kuliah daring bisa dilakukan di rumah bersama keluarga. Banyaknya tugas yang dikeluhkan mahasiswa bisa juga diatasi dengan meminta bantuan pada keluarga. Terlebih, bagi yang memiliki saudara yang bisa dimintai bantuan dan paham materi perkuliahan.

Tetapi jika tidak punya, kamu tetap bisa meminta bantuan kepada keluargamu. Misalnya kamu memiliki adik yang pintar menggambar, lalu kamu punya tugas menggambar morfologi hewan. Maka, bisa meminta bantuan pada adikmu untuk membantu tugasmu.

Keluarga yang mendampingi perkuliahan secara daring sehari-hari dapat juga menghibur saat kamu penat. Kamu bisa bercanda dengan keluarga sambil tetap menjalani jadwal kuliah padat.

Empat cara di atas dapat menjadi alternatif solusi bagi mahasiswa yang mengeluhkan tugas banyak dari dosen ketika kuliah secara daring. Tugas yang banyak harus tetap dikerjakan karena merupakan kewajiban tiap mahasiswa.

Mahasiswa yang mengeluh jangan dibiarkan sampai menjadi stress hingga depresi. Oleh karena itu, mahasiswa harus mencari solusi atas masalah tersebut. Bisa dengan empat cara di atas atau menggunakan cara versi diri kalian masing-masing.

Sebab, jika mahasiswa tidak segera menemukan cara beradaptasi dengan keadaan yang dialami, mereka tidak akan bisa bertahan sampai akhir semester. Ujian akhir semester akan tetap berlangsung dan berhadapan dengan mahasiswa. Semoga dimudahkan lewat cara selesaikan tugas kuliah daring dengan 4 bantuan itu.


Belum ada Komentar untuk "Cara Selesaikan Tugas Kuliah Daring dengan 4 Bantuan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel