Mahasiswa Kuliah Daring Inilah Empat Maanfatnya

Mahasiswa saat ini banyak yang berkuliah secara daring.Hal itu ada empat keuntungan mahasiswa kuliah daring atau online. Sebab, mereka belajar dari rumah atau kos melalui gawai atau laptop mereka.

Aplikasi seperti Google Classroom dan WhatsApp digunakan untuk melakukan aktivitas belajar dan mengajar oleh dosen. Berkuliah secara daring bisa memberikan suasana baru bagi mahasiswa.
Mahasiswa Kuliah Daring Inilah Empat Maanfatnya
Suasana belajar ini diciptakan dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. Kuliah daring ini juga bisa menjadi media baru bagi dosen yang harapannya bisa terus dikembangkan.

Para dosen menggunakan beberapa aplikasi dengan aturan dan sistem belajar menurut mereka. Mahasiswa dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi mengikuti dosen masing-masing.

Sistem kuliah daring tentu berbeda dengan kuliah tatap muka secara langsung. Kegiatan perkuliahan biasanya diawali dengan dosen mengabsen daftar hadir mahasiswa, lalu menjelaskan materi dan berinteraksi dengan mahasiswa. Selanjutnya, memberikan tugas atau mengakhiri perkuliahan.

Berkuliah secara daring banyak memberikan manfaat baik untuk mahasiswa maupun dosen. Berikut ini empat keuntungan bagi mahasiswa bila kuliah secara daring.

1.Tidak harus berpenampilan rapi

Mahasiswa yang berkuliah daring bisa mengenakan pakaian apa saja tanpa ditegur oleh dosen. Penampilan mahasiswa yang pada saat di kampus kadang harus rapi bisa lebih bebas saat menjalani kuliah daring. Terlebih, bagi mahasiswa fakultas keguruan yang biasanya selalu tampil rapi karena merupakan calon guru.

Ketika berkuliah jarak jauh di rumah, kamu bisa hanya menggunakan kaos dan celana rumahmu. Tidak usah repot menyiapkan kemeja dan setelan yang biasa kamu pakai saat pergi ke kampus. Dosen tidak akan menegur karena tidak bisa melihatnya. Kecuali, kamu berkuliah menggunakan aplikasi video maka tidak bisa sembarangan berpakaian.

2.Bisa dikerjakan bersama aktivitas lain

Kuliah daring ini jadwalnya sesuai dengan jadwal kuliah sehari-hari. Biasanya setelah memasuki jam kuliah, mahasiswa diminta absen untuk menunjukkan kehadirannya. Selanjutnya barulah dosen menjelaskan materi dan memulai proses belajar mengajar.

Mata kuliah tertentu bisa dilakukan bersamaan dengan aktivitas lain. Misalnya sambil makan, minum atau menjaga adik di rumah. Aktivitas tersebut bisa kamu lakukan sambil tetap memerhatikan dosen yang menjelaskan lewat aplikasi.

3.Pembelajaran lebih menarik dengan berbagai aplikasi

Mahasiswa kini menyukai hal-hal yang sesuai kemajuan zaman. Begitu pula dengan proses perkuliahan. Dengan adanya kuliah daring yang menggunakan berbagai aplikasi ini akan membuat mahasiswa lebih tertarik pada perkuliahan.

Misalnya kuliah daring menggunakan aplikasi WhatsApp, mahasiswa yang sudah biasa mengoperasikannya akan mudah dan bisa memanfaatkan fitur yang ada seperti Panggilan Suara/Video. Mahasiswa juga bisa merekomendasikan berbagai aplikasi lain yang menarik kepada dosennya. Banyak sekali tersedia aplikasi yang dapat mendukung perkuliahan secara daring ini.

4.Bisa lebih mandiri dalam perkuliahan

Terakhir, kamu bisa belajar mandiri dengan berkuliah secara daring. Jika di kelas biasanya kamu masih tengak-tengok temanmu untuk menanyakan materi, maka saat kuliah daring berlangsung kamu harus fokus dan mencoba memahaminya sendiri.

Mungkin kamu bisa bertanya dengan temanmu secara daring juga. Tetapi, tentu berbeda penjelasannya jika bertanya secara tatap muka langsung. Inilah waktu kamu belajar secara mandiri tanpa berantung pada temanmu.

Sama halnya ketika dosen memberikan tugas, mahasiswa di rumah menyelesaikan secara mandiri. Sebab, tidak bisa bertemu dan berdiskusi dengan teman dan hanya bisa secara daring. Rumah yang berjauhan tidak memungkinkan untuk berdiskusi secara langsung.

Belajar dalam perkuliahan baik secara daring maupun tatap muka langsung harus diikuti mahasiswa dengan baik dan seksama. Mahasiswa harus beradaptasi dengan cepat ketika datang situasi tertentu yang mengharuskan berkuliah secara daring. Sebab, bila tidak bisa beradaptasi dengan cepat, mahasiswa bisa tertinggal pelajaran.

Empat keuntungan kuliah secara daring di atas bisa didapatkan oleh mahasiswa. Mahasiswa harus bisa menyesuaikan kondisi bila berkuliah secara daring. Boleh tetap santai dan sambil melakukan aktivitas lain, tetapi tetap fokus mengikuti perkuliahan.

Kuliah secara daring dapat menjadi solusi bila keadaan tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung. Oleh karena itu, jangan malas kuliah karena sekarang kamu tidak perlu bepergian atau repot berpenampilan.

Terima kasih telah menyimak empat keuntungan mahasiswa kuliah daring atau online.

Belum ada Komentar untuk "Mahasiswa Kuliah Daring Inilah Empat Maanfatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel