Iklan Header

Empat Cara Belajar Bahasa Asing dengan Cepat

Belajar bahasa asing  adalah suatu hal yang menarik. Sebenarnya ada cara belajar bahasa asing dengan cepat supaya menambah wawasan, kita juga punya keterampilan lebih. Apalagi, modernisasi dan kemajuan teknologi berkaitan pula dengan kemampuan berbahasa asing. Kemampuan ini nantinya bisa menjadi nilai lebih.

Seperti halnya mahasiswa dengan jurusan bahasa asing dapat menjadikan keterampilannya sebagai nilai lebih. Mahasiswa biasa atau masyarakat umum juga bisa menambah keterampilan berbahasa asing. Sudah banyak sekali lembaga kursus yang menyediakan jasa belajar bahasa asing.
Empat Cara Belajar Bahasa Asing dengan Cepat
Belajar bahasa asing bisa dibilang cukup sulit. Terlebih bagi yang kurang menyukai pelajaran sosial humaniora seperti bidang studi bahasa ini.

Kesulitannya biasanya terletak pada banyaknya rumus tata bahasa (grammar dalam bahasa inggris) dan harus digunakan sesuai aturannya. Padahal, sebenarnya tujuan utama dari belajar bahasa adalah bisa berkomunikasi dan saling mengerti satu sama lain apa yang dituturkan.

Tujuan tersebut dapat dicapai dengan berbagai cara. Diantaranya memahami tata bahasa dan kalimat, penguasaan kosakata, hingga bagaimana nada kita ketika berbicara.

Berikutnya, jika tujuan belajar bahasa asing adalah untuk bidang pendidikan atau untuk diajarkan kepada orang lain, maka harus benar-benar paham mengenai bahasa tersebut. Belajar bahasa asing dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Cara-cara yang umum seperti banyak latihan soal kadang membuat kita bosan. Maka, inilah empat cara belajar bahasa asing agar cepat.

1.Berbalas pesan dengan teman 

Pertama yaitu dengan cara berbalas pesan dengan teman menggunakan bahasa asing yang kita pelajari. Kita tidak harus selalu benar dan sesuai kaidah kebahasaan, yang penting berusaha tetap menggunakan bahasa asing tersebut.

Misalnya kamu mengirim pesan pada temanmu untuk menanyakan tugas, maka bisa menggunakan bahasa asing. Buatlah kesepakatan dengan teman untuk konsisten menerapkan hal ini sehari-hari. Beri denda atau hukuman juga bagi yang melaggar agar lebih disiplin.

Selain berbalas pesan pribadi, kamu juga bisa membuat sebuah grup yang dalam setiap komunikasi menggunakan bahasa asing. Anggota grup juga harus konsisten dan patuh serta mengingatkan yang lain bila ketahuan melanggar.

2.Mendengarkan lagu kesukaan

Belajar bahasa asing berarti belajar budaya asal bahasa tersebut juga. Banyak mendengarkan lagu kesukaan berbahasa asing yang dipelajari akan membuatmu terbiasa mendengar kosakata yang ada dalam lagu.

Carilah lagu yang sederhana dan minta juga rekomendasi lagu untuk belajar kepada teman atau dosen yang tau. Lagu tersebut kalau kamu dengarkan setiap hari lambat  laun akan menempel di memori otak dan menambah kosakata.

3.Membaca artikel

Cara ketiga adalah banyak membaca artikel baik artikel berita, hiburan, atau yang lain. Awal membaca pasti banyak diantara kita nggak paham, bahkan baca judulnya sudah pusing. Tapi tidak apa-apa, baca terus setiap hari atau secara rutin agar terbiasa membaca teks berbahasa asing.

Misalnya ada berita heboh permasalahan dunia, kamu bisa mencari di kolom pencarian menggunakan bahasa asingmu. Meski terdapat banyak artikel berbahasa Indonesia, tetapi membiasakan diri mencari artikel dari bahasa asing akan melatih keterampilan membaca pemahamanmu. Ini adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh seseorang yang belajar bahasa asing.

4.Berbalas pesan dengan penutur asli

Manfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk belajar bahasa asing dengan menyenangkan. Media sosial yang setiap hari kamu mainkan bisa jadi wadah belajar juga. Sebab, media sosial berisi orang-orang dari seluruh dunia.

Media sosial seperti Instagram dan Facebook, sangat mudah mencari kenalan yang berasal dari negeri asal bahasa asing yang kamu pelajari. Cobalah berkenalan dan berinteraksi dengan mereka. Jangan sungkan untuk member tahu bahwa kamu sedang mempelajari bahasa mereka. Biasanya orang luar negeri akan menyukai atau mengapresiasi orang yang belajar bahasanya.

Itulah empat cara agar belajar bahasa asing cepat. Apabila konsisten dan benar-benar melakukan cara di atas, maka bukan tidak mungkin kamu akan mahir dan tambah menyukai bahasa asing yang kamu pelajari. Belajarbahasa asing dengan cara banyak membaca teori dan latihan soal setiap hari tentu terasa membosankan. Oleh karena itu, kamu harus pintar mencari cara agar bisa menyenangkan.

Belum ada Komentar untuk "Empat Cara Belajar Bahasa Asing dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel