Iklan Header

Tiga Larangan Mahasiswa Penerima Beasiswa

Mahasiswa bisa berkuliah gratis dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan mencari beasiswa.Namun ada tiga larangan mahasiswa penerima beasiswa Salah satunya yaitu dengan mencari beasiswa.

Beasiswa baik dari pemerintah atau swasta akan memberikan biaya untuk perkuliahan dan ada pula yang memberikan uang saku. Berbagai beasiswa yang ditawarkan dapat menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin maju dan mencari ilmu di perguruan tinggi. Biasanya beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang memiliki nilai akademik baik atau berprestasi.
Tiga Larangan Mahasiswa Penerima Beasiswa

Oleh karena itu, persyaratan untuk bisa memperoleh beasiswa ini biasanya banyak dan mencakup beberapa tahap. Diantaranya tahap tes tertulis, tes wawancara, hingga survei rumah calon penerima beasiswa. Rangkaian tahap demi tahap dilaksanakan agar beasiswa dapat tepat sasaran.

Calon penerima beasiswa yang telah melalui beberapa tahap dan lolos maka bisa mendapatkan fasilitas yang disediakan. Diantaranya ada beasiswa yang membayar biaya SPP mahasiswa, memberikan uang saku tiap bulan, hingga memberikan pelatihan dan pengingkatan kemampuan diri.

Mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa diharapkan dapat menjadi insan yang unggul dan dapat memanfaatkan kemampuannya untuk sesama atau sesuai tujuan pemberi beasiswa. Adapun persyaratan selama menjadi penerima beasiswa harus dipatuhi. Selain itu, ada tiga hal yang sebaiknya jangan dilakukan oleh para penerima beasiswa sebagai berikut.

1.Membelanjakan uang beasiswa sembarangan

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan oleh penerima beasiswa adalah membelanjakan atau menghabiskan uang yang didapat dari beasiswa untuk keperluan yang tidak menyangkut perkuliahan. Uang beasiswa khususnya uang saku yang didapat harus dimanfaatkan dengan baik. Supaya, kebutuhan baik perkuliahan maupun sehari-hari dapat tercukupi dan tidak perlu meminta uang kiriman lagi kepada orang tua.

Mahasiswa yang pandai berwirausaha, maka bisa mengolah uang beasiswa untuk modal usaha. Siapa tahu bisa berkembang dan menjadi penghasilan tambahan. Apalagi, masa menjadi mahasiswa adalah masa dimana kita bisa mencoba banyak hal tanpa takut gagal.

Sementara itu, mahasiswa yang ingin fokus di perkuliahan saja bisa mengatur uang beasiswa ini sedemikian rupa sehingga mencukupi kebutuhan. Jangan menghamburkan uang beasiswa untuk keperluan tidak penting. Bila ada temanmu yang melakukan, jangan lupa untuk mengingatkannya.


2.Malas kuliah/berkegiatan

Mahasiswa penerima beasiswa tidak boleh bermalas-malasan. Bisa dibilang hukumnya haram. Sebab, beasiswa yang kamu peroleh itu banyak diidamkan orang rajin di luar sana. Kalau kamu sudah dapat rezeki dan bermalas-malasan, itu namanya kamu kurang bersyukur.

Oleh karena itu, sebagai penerima beasiswa jangan suka bermalas-malasan dan tidak ikut kegiatan di kampus. Supaya kemampuan juga bisa bertambah dan banyak bertemu orang. Semakin banyak berkegiatan maka pengalaman dan pembelajaran yang didapat juga semakin banyak.

Selain mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pemberi beasiswa, cobalah juga ikut kegiatan lain yang ada di kampus. Diantaranya kegiatan minat dan bakat, sosial, hingga keagamaan. Kampus telah menyediakan banyak ruang bagi mahasiswa yang ingin berkembang.


3.Menyombongkan diri

Bersikap sombong tidaklah baik bagi siapapun. Ada juga yang bilang, tidak apa-apa sombong sebagai motivasi diri. Namun, sebagai mahasiswa penerima beasiswa tidak boleh merasa sombong.

Mahasiswa yang dinyatakan lolos dan berhak mendapatkan beasiswa biasanya adalah mahasiswa yang memiliki akademik baik atau berprestasi. Tetapi, jangan menyombongkan diri dengan hal tersebut. Misalnya beasiswa yang kamu dapatkan itu adalah beasiswa yang susah sekali lolosnya, dan kamu berhasil.

Berikutnya, kamu harus tetap rendah hati dan memotivasi serta berbagi tips bagaimana cara mendapatkannya pada teman-temanmu. Banyak berbagi cerita dan pengalaman dalam forum adik kelas juga bisa membuatmu tetap rendah hati. Ambilah peran sebagai teman dan bukan orang yang diistimewakan agar mencegah kesombongan diri secara tidak sadar.

Itulah tiga hal yang tidak boleh dilakukan oleh mahasiswa penerima beasiswa. Mahasiswa yang memperoleh beasiswa harus bisa bersikap bijak dan dewasa untuk memanfaatkan uangnya. Sebab, uang beasiswa bukan diberikan secara cuma-cuma dan tanpa alasan yang jelas.

Uang beasiswa punya tujuan untuk bisa membantu mencerdaskan anak-anak negeri yang kurang beruntung perekonomiannya. Jadi, sebagai penerima beasiswa janganlah melakukan tiga larangan mahasiswa penerima beasiswa Salah satunya yaitu dengan mencari beasiswa.

Belum ada Komentar untuk "Tiga Larangan Mahasiswa Penerima Beasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel