Iklan Header

Jelang UTBK 2020, Lima Manfaat Siswa yang Sering Ikut Tryout

Try out atau uji coba adalah salah satu cara yang bisa dipilih oleh para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebelum menghadapi ujian sebenarnya. Uji coba ini biasanya dilaksanakan oleh kampus-kampus,  komunitas, hingga sebuah lembaga pendidikan. Tujuannya agar para siswa bisa menguji kemampuannya sebelum menghadapi ujian UTBK.

Ada dua jenis Try Out yang bisa dipilih oleh peserta. Pertama secara online yaitu menggunakan akses internet dan yang kedua secara offline. Jenis yang kedua ini biasanya dilaksanakan di gedung dan disertai rangkaian acara lain. Misalnya acara motivasi, penampilan bintang tamu artis, bazar buku murah, dan lain-lain.
Jelang UTBK 2020,  Lima Manfaat Siswa yang Sering Ikut Tryout

Para peserta Try Out bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuannya untuk mengikuti jenis Try Out yang mana. Sebab, Try Out ini biasanya mematok tarif untuk biaya soal dan fasilitas yang diberikan pada peserta. Kalau memiliki cukup uang, kamu bisa ikut yang offline di gedung, tetapi kalau tidak ada maka bisa ikut yg online dengan mengerjakannya di rumah/tempat menyesuaikan.

Lalu, apa saja sih manfaat yang akan kamu dapat kalau ikut Try Out sebelum melaksanakan tes UTBK? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Mengukur kemampuan diri.

Try Out adalah salah satu cara untuk mengukur seberapa jauh kemampuan mengerjakan soal-soal. Kamu bisa melihat mana soal yang masih sulit kamu jawab dan mana yang mudah untuk diselesaikan. Selanjutnya, kamu bisa menambah intensitas belajar di rumah pada materi-materi yang kurang.

Misalnya kamu adalah siswa IPA dan ingin mengambil tes UTBK campuran. Kamu sudah belajar lewat buku materi pelajaran IPS yang sebelumnya tidak dipelajari di sekolah. Setelah ikut Try Out kamu jadi tau mana yang masih kurang atau sama sekali belum tau.

2. Mengetahui tingkat kesulitan soal

Setiap soal memiliki tingkat kesulitan sendiri. Ada tingkatan mudah, sulit, hingga sangat sulit. Tentu saja tingkatan ini menyesuaikan juga pada kemampuan penjawab soal.

Try Out berguna untuk kamu mengetahui seberapa sulit soal UTBK nantinya. Sebab, soal-soal yang diujikan pada saat Try Out biasanya diambil dari soal UTBK tahun sebelumnya atau soal yang sejenis dengan UTBK.

3. Mengestimasi waktu pengerjaan soal dan menyusun strategi

Jumlah soal yang diujikan pada Try Out sama dengan UTBK.  Setelah kamu tau soal-soal mana yang bisa dijawab dengan cepat, selanjutnya kamu bisa memperkirakan waktu pada saat ujian UTBK yang sebenarnya nanti.

Caranya bisa dengan menghitung jumlah soal dan waktu keseluruhan mengerjakannya. Kalau sudah ikut Try Out, kamu bisa mulai menghitung dan menyusun strategi menyelesaikan semua soal. Agar, waktu yang ada lebih efektif dan efisien.

4. Merasakan euforia atau suasana pada saat UTBK sungguhan

Manfaat yang keempat ini bisa kamu rasakan jika kamu ikut Try Out secara offline di gedung atau ruangan. Biasanya panitia penyelenggara sudah mempersiapkan tempat berupa ruang kuliah atau gedung untuk simulasi ujian UTBK.

Di sana kamu bisa merasakan suasana yang mirip dengan ujian sungguhan. Perbedaannya mungkin adalah pengawas pada saat ujian. Peserta try out secara online juga bisa merasakan suasana ruang ujian. Caranya dengan mencari barengan peserta lain utuk diajak try out serentak dalam sebuah ruangan. Carilah juga pengawas untuk mengawasi selama ujian berlangsung.

5. Menambah teman atau kenalan.

Belajar bersosialisasi adalah hal yang penting bagi calon mahasiswa baru. Sebab, pada saat di kampus nanti kamu akan bergabung dengan ribuan orang yang berbeda asal daerah denganmu. Malah bisa jadi tidak ada sama sekali yang satu daerah sama.

Oleh karena itu, para siswa yang akan segera menjadi mahasiswa harus mulai belajar bersosialisasi. Try out ini bisa jadi kegiatan untuk mencari kenalan juga. Siapa tau kan bisa satu kampus bareng nantinya. Jangan ragu untuk mulai menyapa duluan peserta lain pada saat menunggu atau mencari ruangan.

Lima manfaat yang sudah diulas di atas bisa kamu dapatkan kalau kamu ikut try out sebelum tes UTBK berlangsung. Jangan lupa untuk terus berlatih di rumah selain ikut banyak try out. Sebab, dengan banyak latihan soal-soal kamu akan terbiasa melihat berbagai jenis soal.

Belum ada Komentar untuk "Jelang UTBK 2020, Lima Manfaat Siswa yang Sering Ikut Tryout"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel