Iklan Header

Sebelum Tes UTBK, Inilah 4 Tempat Menginap Secara Gratis Supaya Hemat Anggaran

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan segera digelar. Pendaftaran akun LTMPT sudah dibuka sejak awal Februari 2020 lalu. Akun LTMPT inilah yang nantinya digunakan oleh siswa untuk mendaftar tes UTBK yang dibuka pendaftarannya pada 30 Maret sampai 11 April 2020.

Selanjutnya, pelaksanaan UTBK dimulai tanggal 20 – 26 April 2020. Inilah waktu penentuan bagi peserta UTBK untuk bertarung menggunakan segala kemampuannya. Persiapan mulai dari belajar materi yang akan diujikan, hingga mempersiapkan kondisi badan agar saat ujian dapat sehat dan bugar.
Sebelum Tes UTBK, Inilah 4 Tempat Menginap  Secara Gratis Supaya Hemat Anggaran


Lokasi tes UTBK biasanya berada di kota atau daerah dekat kampus. Diantaranya, dilaksaksanakan di sekolah, kampus, hingga gedung yang memadai. Lokasi ini membuat para peserta yang berasal dari kabupaten yang jauh dari kota harus mencari tempat menginap saat tes.

Bagi peserta ujian yang memiliki kerabat, bisa menginap di rumah kerabatnya. Namun, jika tidak ada keluarga, para peserta terpaksa harus menyewa hotel atau kos-kosan harian untuk menginap. Tentu hal tersebut menambah biaya lagi selain biaya awal saat pendaftaran tes UTBK.

Salah satu cara untuk mengurangi biaya menginap adalah dengan menumpang tinggal. Selain mengurangi biaya, cara ini juga bisa menambah kenalan dan menyambung silaturahmi. Siapa tau juga bisa menambah rezeki kan. Nah, berikut adalah empat tempat menginap bagi kamu calon mahasiswa baru 2020 yang akan mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

1. Rumah/kos kakak kelas

Tempat pertama adalah rumah kakak kelas sewaktu kamu sekolah dulu. Diantara sekian kakak kelas yang kamu kenal, tentu ada salah satunya yang kuliah atau tinggal di dekat lokasi ujianmu. Baik yang sedang kuliah atau yang sudah bekerja.

Selanjutnya, kamu cari kontak kakak kelas tersebut dan meminta bantuannya untuk menumpang nginap. Apabila orang tersebut tidak bisa membantu, maka jangan sungkan bertanya nomor kakak kelas yang lain. Tetapi biasanya sesama pejuang dari asal daerah yang sama akan saling tolong menolong.
2. Rumah/kos kenalan di kampus tempat tes

Tempat kedua adalah rumah/kos kenalan di kampus terdekat tempat tes. Kalau kamu tidak memilki kakak kelas, maka bisa coba tempat kedua ini. Caranya adalah dengan mencari organisasi atau komunitas yang ada di kampus terdekat tempat tes.

Kamu bisa mencarinya melalui media sosial seperti Facebook, Instagram atau Youtube. Sebab, biasanya organisasi yang aktif di kampus memiliki akun media sosial yang aktif pula alias eksis. Selanjutnya kamu bisa menghubungi salah satu kontak mereka dan langsung saja menyampaikan tujuanmu, yaitu ingin meminta tumpangan menginap pada saat ujian UTBK.

3. Rumah warga

Tempat ketiga yaitu rumah warga. Kamu juga bisa mencari tempat menginap dengan menumpang di rumah warga. Meski tidak mengenal sebelumnya, kamu bisa mengetuk pintu dan bertamu secara baik-baik. Lalu, menyampaikan maksud bahwa kamu sedang mencari tempat untuk menumpang menginap.

Apabila tuan rumah mengizinkan, kamu bisa memberikan bingkisan kecil sebagai ucapan terimakasih meski pemilik rumah tidak meminta biaya sewa atau lainnya.
Indonesia dikenal dengan warganya yang ramah dan suka menolong. Jadi, tidak ada salahnya kamu coba tempat ketiga ini.

4. Masjid

Masjid adalah tempat terakhir yang bisa kamu pilih. Tempat ibadah ini biasanya juga digunakan untuk beristirahat bagi orang-orang yang bepergian. Kamu bisa juga menginap di masjid saat hendak ujian UTBK. Tentunya di masjid yang diperbolehkan untuk menginap dan numpang tidur ya.

Tempat keempat ini cocok dipilih oleh peserta ujian yang laki-laki. Sebab, kalau perempuan akan lebih aman jika mencari tempat-tempat lain untuk menginap.

Itulah keempat tempat yang bisa kamu jadikan referensi untuk menginap saat tes UTBK. Selain lebih murah bahkan gratis, banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan.

Biaya kuliah yang tinggi membutuhkan persiapan uang yang cukup banyak. Apabila kita bisa menyiasati kebutuhan uang sebelum perkuliahan seperti tes UTBK ini, maka uangnya bisa ditabung untuk kebutuhan lain saat sudah kuliah nanti.

Belum ada Komentar untuk "Sebelum Tes UTBK, Inilah 4 Tempat Menginap Secara Gratis Supaya Hemat Anggaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel