Iklan Header

Lima Momen Jadi Mahasiswa yang Tak Terlupakan

Mahasiswa kuliah lamanya sesuai dengan jenjang yang dipilih. Pastinya memiliki momen jadi mahasiswa yang tak terlupakan. Dimulai dari jenjang diploma hingga doktoral memiliki lama waktu yang berbeda.

Jenjang diploma dan sarjana biasanya memiliki momen yang paling banyak dirasakan. Sebab, pada jenjang inilah kuliah berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Seperti halnya diploma III selama tiga tahun dan dioploma IV serta Strata I selama 4 tahun.
Lima Momen Jadi Mahasiswa yang Tak Terlupakan


Selama masa perkuliahan, tentu ada berbagai peristiwa yang dilalui para mahasiswa. Bisa duduk dan masuk dalam sebuah perguruan tinggi pun sudah melalui proses yang panjang. Peristiwa tersebut berbeda antara satu mahasiswa dengan yang lainnya.

Perbedaan kisah dan perjuangan yang dirasakan oleh mahasiswa ini disebabkan juga karena perbedaan latar belakang para mahasiswa. Namun, ada beberapa momen saat mereka berkuliah yang terasa penting. Bisa jadi karena momen tersebut hanya akakn terjadi sekali dan tidak terulang lagi.
Berikut adalah lima momen penting yang dirasakan selama menjadi mahasiswa.

1.Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB)

Inilah momen pertama kali yang dirasakan oleh mahasiswa baru. Mahasiswa baru akan merasakan masa orientasi ini baik tingkat universitas maupun tingkat fakultas. Momen inilah yang bisa dimanfaatkan mahasiswa baru 2020 untuk mengenal kampus tempat mereka belajar beberapa tahun ke depan.

PKKMB ini sifatnya wajib dan tidak boleh ditinggalkan oleh setiap mahasiswa baru. Kegiatan yang dilaksanakan biasanya berupa pengenalan susunan organisasi pimpinan universitas dan fakultas serta berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai pusat kegiatan mahasiswa.

Tidak ketinggalan juga, materi yang akan menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai makhluk dewasa. Diantaranya materi pancasila, keagamaan dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa baru dapat memiliki karakter yang baik dan bermanfaat bagi sesama nanti setelah lulus.

2. Saat Perkuliahan

Mahasiswa juga akan merasakan momen penting saat proses perkuliahan. Meski kadang penat dengan jadwal kuliah yang padat, kegiatan perkuliahan ini nantinya pasti akan dirindukan.

Kegiatan dimana mahasiswa bisa menggali ilmu dan berdiskusi dengan dosen yang ahli, bercanda dengan teman sekelas, hingga susasana tegang saat ujian berlangsung. Hal-hal tersebut hanya akan dirasakan saat masih dalam proses perkuliahan. Jika sudah tidak kuliah, misalnya sedang menyusun skripsi, tidak akan merasakannya lagi.

3.Berkarya atau berprestasi

Momen penting selanjutnya adalah ketika kamu dapat berkarya atau berprestasi selama menjadi mahasiswa. Berkarya bisa dalam bentuk menciptakan sesuatu, atau kamu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama. Bukan berarti harus sesuatu hal yang hebat, yang penting bisa member manfaat.

Selanjutnya yaitu saat kamu berprestasi tentu kamu akan merasa bangga. Bisa jadi ini adalag hasil dari usahamu selama ini. Momen penting ini akan kamu ingat ketika sudah lulus nanti. Tentunya, menjadi mahasiswa berprestasi harus banyak belajar dan berkarya juga.

4.Sidang Skripsi

Masa kuliah di tahun-tahun terakhir adalah masa dimana mahasiswa menyelesaikan skripsinya dan mempersiapkan diri sebelum lulus. Proses penyusunan skripsi bukanlah proses yang mudah. Setiap mahasiswa mengalami berbagai kesulitan dan punya cerita masing-masing.

Tahap-tahap penyelesaian skripsi juga harus dilakoni dengan sabar dan semangat. Seperti halnya tahap awal seminar proposal/usul hingga tahap akhir sidang skripsi. Tahap terakhir inilah yang menjadi momen penting bagi mahasiswa. Sebab, di momen inilah kamu akan diuji oleh dosen-dosenmu.

Berikutnya, kamu juga akan menyandang gelar sesuai bidang ilmu yang kamu tekuni selama kuliah pada momen ini. Tak jarang, banyak mahasiswa yang menangis haru ketika berhasil melewati tahap siding skripsi dengan lancar dan baik. Sebab, dosen-dosen juga biasanya memberikan wejangan dan nasihat pada saat di ruangan sidang.

5.Wisuda

Siapa yang tidak ingin diwisuda? Semua mahasiswa pasti memimpikan memakai toga dan merasakan diwisuda. Mahasiswa sudah terhitung lulus sejak keputusan saat sidang skripsi. Wisuda adalah saat dimana kamu mendapatkan ijazah, juga sebagai seremonial atau kelulusanmu.

Momen wisuda ini biasanya dihadiri oleh orang tua atau sanak keluarga dari mahasiswa. Momen inilah dimana orang tua bisa melihat anaknya telah berhasil menyelesaikan perkuliahan. Segala kisah dan proses di bangku kuliah telah berakhir dengan adanya acara wisuda ini. Tinggal langkah selanjutnya masuk ke dunia kerja atau melanjutkan pendidikan lagi.

Lima momen penting di atas akan dirasakan oleh setiap mahasiswa. Tentu, momen ini tidak sama rasanya bagi semua mahasiswa. Kamu juga pasti memiliki momen pentingmu sendiri saat di

Nah itulah momen jadi mahasiswa yang tak terlupak tinggal jadi kenangan.Apapun momen itu, semoga bisa mengingatkanmu tentang dunia kampus sebagai tempat belajar dan mencari pengalaman. Sebab, hal-hal yang kamu dapatkan saat berkuliah bisa jadi tidak didapatkan setelah lulus nanti.

Belum ada Komentar untuk "Lima Momen Jadi Mahasiswa yang Tak Terlupakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel