Iklan Header

Cara Manfaatkan Handphone dan Laptop untuk Latih Kreativitas Anak

Perkembangan teknologi kini semakin canggih, dengan begitu bisa manfaatkakan handphone dan laptop untuk latih kreativitas anak. Sebab, berbagai perangkat yang tersambung internet dapat diakses di mana saja. Penyedia layanan telepon seluler juga telah menjangkau hampir semua daerah. Baik di kota besar atau di desa pelosok.

Gawai dimiliki oleh hampir semua orang. Orang tua yang memiliki anak usia dini bisa memanfaatkan handphone untuk melatih kreativitas anak. Terlebih, banyak tersedia aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Diantaranya aplikasi untuk bernyanyi lagu anak-anak, menggambar, hingga berbagai permainan menarik.
Cara Manfaatkan Handphone dan Laptop untuk Latih Kreativitas Anak

Orang tua harus bisa memanfaatkan teknologi agar tidak hanya menjadi media hiburan saja bagi anak-anak. Biasanya anak hanya menonton video atau memainkan permainan lewat telepon genggam. Ada baiknya anak disediakan juga aplikasi untuk melatih kretivitas mereka.

Berikut ini adalah cara manfaatkan gawai untuk latih kreativitas anak. Bisa juga diterapkan oleh para guru yang mengajar anak usia dini hingga Sekolah Dasar (SD).

1. Menyediakan aplikasi yang melatih kreativitas

Cara pertama untuk melatih kreativitas anak yaitu dengan menyediakan aplikasinya. Diantaranya ada aplikasi untuk menggambar seperti PicsArt, Paint, Sketchbook.

Apabila tidak memiliki aplikasi di atas, maka bisa juga menggunakan media sosial seperti WhatsApp dan Instagram. Kedua aplikasi ini menyediakan juga ruang untuk coret-coret bagi anak. Tetapi, kalau ingin media yang luas bisa menggunakan laptop atau tablet.

2. Memanfaatkan aplikasi bawaan

Ternyata aplikasi bawaan pada laptop yang biasa digunakan untuk bekerja para orang tua bisa melatih kreativitas anak juga. Seperti halnya aplikasi Microsoft word, anak bisa diajarkan menggambar sederhana melalui fitur-fitur yang ada.

Atau, belajar mengetik dan merangkai huruf. Merubah warna dan bentuk huruf dan menyalinnya di lembar kertas bisa jadi latihan untuk anak-anak. Mereka akan mengingat bentuk-bentuk huruf yang dilihat pada dokumen di laptop dan menggambarnya pada kertas asli.

3. Memberi contoh yang menarik

Kretaivitas bisa muncul salah satunya dengan sebuah inspirasi atau contoh yang sudah ada. Orang tua yang ingin melatih anak kreatif dengan memanfaatkan teknologi bisa mulai belajar juga member contoh-contoh gambar atau video yang akan menarik perhatian si anak. Tentunya, memperhatikan minat dan bakat anak juga.

Misalnya anak suka menggambar dan orang tua mencoba menggambar bangunan rumah menggunakan Microsoft Word. Buatlah dengan warna yang menarik sehingga anak suka. Nantinya, anak akan berlatih mengubah dan menambahkan objek-objek yang sudah dicontohkan oleh orang tua. Inilah saat dimana kreativitas anak berkembang.

4. Memberi hiburan lewat handphone

Setelah belajar berkreasi, jangan lupa juga untuk member hiburan bagi anak. Banyak aplikasi yang bisa digunakan. Diantaranya penyedia video seperti Youtube, Instagram dan lain sebagainya.

Atau, buat video berisi anak-anak tersebut saat sedang berkreasi lalu mengunggahnya. Anak akan merasa diberi apresiasi atas karyanya. Tentunya akan menambah semangat pada si anak untuk berkarya selanjutnya.

Orang tua bisa juga mengunduh permainan sebagai hiburan bagi anak. Setelah usai menggambar misalnya, anak bisa memainkan game yang disuka. Jangan lupa pilih dan sediakan permainan yang memiliki sisi kreatif juga seperti Lego dan Puzzle.

Teknologi yang selalu ada dalam genggaman orang tua saatnya dimanfaatkan untuk mendidik dan melatih anak agar kreatif. Sebab, hal tersebut bisa menunjukkan bakat bahkan mengembangkannya. Tentu akan berguna bagi anak di masa mendatang.

Memperkenalkan teknologi canggih kepada anak itu baik. Apalagi disertai penyediaan aplikasi atau ruang yang memang sesuai usia anak. Dengan begitu, orang tua tidak khawatir dengan tumbuh kembang si anak apabila bisa menyediakan ruang tersebut.

Anak di zaman ini tidak bisa terelakkan lagi dari adanya kemajuan teknologi, orang tua yang harus pintar dan bijak dalam menyikapinya. Jika sedari kecil anak sudah diajarkan untuk menggunakan teknologi sesuai usianya, maka saat sudah dewasa karakter ini akan tertanam.

Semoga anak kita, adik, saudara, keponakaan menjadi anak yang cerdas. Dunia digital bisa berbuah postif bila terus dibimbng oleh orangtua.

Itulah empat cara manfaatkan handphone dan laptop untuk latih ktreativitas anakManfaatnya, anak yang dilatih kreativitasnya sejak kecil bisa jadi lebih terasah dan terarah ketika menentukan cita-cita dan minatnya di masa mendatang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Manfaatkan Handphone dan Laptop untuk Latih Kreativitas Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel