Iklan Header

Cara dan Syarat Daftar Unila Jalur PMPAP 2020 Gratis Kuliah

Jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) adalah salah satu seleksi yang bisa diikuti calon mahasiswa Universitas Lampung. Tentunya memiliki cara dan syarat daftar Unila lewat Jalur PMPAP. Sebab,  Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memilki prestasi atau akademik yang baik.

Calon mahasiswa baru 2020 bisa mengikuti jalur masuk ini untuk bisa berkuliah di Unila. Awalnya, jalur masuk ini hanya melakukan seleksi nilai rapor siswa dari semester 1-6 untuk menentukan kelolosan. Tetapi, beberapa tahun terakhir jalur PMPAP menggunakan tes UTBK sebagai nilai yang akan dipertimbangkan selain menggunakan nilai rapor siswa.
Cara dan Syarat Daftar Unila Jalur PMPAP Gratis Kuliah

Tes UTBK yang diikuti oleh peserta jalur masuk PMPAP berlangsung di Universitas Lampung. Tes ini diikuti oleh seluruh peserta yang sudah memenuhi segala persyaratan dan mendaftar secara online. Serta, yang sudah mencetak kartu peserta PMPAP.

Jalur PMPAP akan memberikan bantuan biaya berupa pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa selama 8 semester. Jalur ini dibuka untuk semua fakultas di Universitas Lampung, kecuali Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Kedokteran (FK).

Calon mahasiswa yang akan mengikuti jalur ini harus memerhatikan semua persyaratan. Jika kamu memenuhi, maka bisa langsung menyiapkannya dari sekarang. Jalur ini biasanya dibuka setelah jalur masuk SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN. Masih banyak waktu ya.

Cara mendaftar jalur PMPAP dan persyaratan lengkapnya akan diulas dibawah ini. Simak baik-baik agar tidak terlewat informasinya. Persyaratan ini adalah persyaratan PMPAP tahun 2019, biasanya untuk tahun berikutnya tidak mengalami perubahan. Artikel ini akan diperbaharui jika website resmi sudah mengeluarkan daftar persyaratan resminya.

1. Menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan
Langkah pertama yaitu melengkapi semua persyaratan. Persyaratan PMPAP diantaranya berasal dari SMA/Sederajat di Provinsi Lampung yang lulus tahun 2020, 2019, dan 2018 (tiga tahun terakhir), bagi lulusan 2 tahun sebelumnya sudah memiliki ijazah.

Lalu, bagi lulusan 2020 minimal sudah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru dan dicap sekolah. Berikutnya, berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan surat pernyataan Kepala Desa dan dari Kepala Sekolah.

Persyaratan selanjutnya, tidak pernah tinggal kelas di SMA, nilai raport rata-rata semester III – VI minimal 75 (skala 100) dan 7.5 (skala 10), tidak terdaftar sebagai peserta SMMPTN dan Simanila Paralel. Bagi yang sudah mendaftar sebelum pengumuman persyaratan tahun 2020 dikeluarkane dan memenuhi syarat PMPAP agar melapor pada Panitia Simanila PMPAP dengan membuat surat pernyataan di atas materai.

Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran dan jika diterima akan dibebaskan dari kewajiban membayar UKT selama 8 semester. Peserta hanya boleh memilih satu program studi di semua fakultas, kecuali FEB dan FK. Terakhir, kelulusan peserta berdasarkan hasil tes UTBK, kelengkapan berkas, dan hasil wawancara.

2. Mendaftar daring
Langkah kedua yaitu mendaftar secara daring di website resmi PMPAP Unila. Calon mahasiswa melengkapi borang pendaftaran dan mengisi semua informasi yang diminta. Diantaranya biodata diri, biodata orang tua/wali, asal sekolah, dan sebagainya.
Berkas yang menjadi persyaratan dibawa pada saat tes wawancara PMPAP. Daftar berkas apa saja yan harus dibawa dapat dilihat di website resmi PMPAP Unila.

3. Mencetak kartu peserta
Setelah menyelesaikan pendaftaran secara daring di website, maka kamu sudah bisa mencetak kartu peserta PMPAP. Kartu peserta ini harus dibawa pada saat tes UTBK beserta fotokopi SKL/SKHU/Ijazah yang telah dilegalisir. Pada kartu ini, tertera jadwal pengumuman UTBK dan Wawancara, lokasi UTBK dan wawancara, dan berkas yang harus dibawa.

4. Mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Tes Wawancara
Langkah terakhir, kamu mengikuti tes UTBK dan wawancara untuk bisa mendapatkan nilai yang akan diseleksi oleh panitia PMPAP. Tes yang dilakukan ini akan menjadi pertimbangan dan menentukan lolos tidaknya kamu di jalur PMPAP ini.
Setelah serangkaian proses pendaftaran dan tes sudah dilewati, maka kamu tinggal menunggu pengumuman resmi sesuai jadwal yang ditentukan.

Jalur PMPAP ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang memiliki mimpi kuliah di perguruan tinggi negeri namun terhalang oleh keterbatasan ekonomi. Bantuan yang diberikan berupa pembebasan UKT ini akan meringankan beban hidup selama perkuliahan.

Dengan adanya PMPAP, kamu tinggal memikirkan biaya untuk hidup dan makan selama perkuliahan. Sekian cara mendaftar jalur PMPAP dan persyaratan lengkapnya. Pahami baik-baik cara mendaftar dan segera persiapkan semua persyaratan masuk unila lewat jalur PMPAP jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru.

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Syarat Daftar Unila Jalur PMPAP 2020 Gratis Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel