Iklan Header

Cara Mahasiswa Jadi Favorit Dosen Killers Lewat Empat Kebiasan Ini

Mahasiswa bisa melakukan kebiasaan yang baik di perkuliahan supaya dekat dengan dosen killers. Tentunya pakai cara kebiasaan sederhana selain akan memperlancar kegiatan perkuliahan, tetapi juga bisa menjadi jalan untuk lebih berkembang.

Banyak kebiasaan baik yang bisa dilakukan mahasiswa di kampus. Kebiasaan-kebiasaan umum yang dimiliki semua orang tentu harus dimiliki pula oleh mahasiswa sebagai orang yang menempuh pendidikan tinggi.
Cara Mahasiswa Jadi Favorit Dosen Killers Lewat Empat Kebiasan Ini

Diantaranya kebiasaan hidup bersih, membuang sampah pada tempatnya. Lalu, kebiasaan mengucapkan kata maaf, tolong, dan terimakasih. Serta, kebiasaan lain seperti disiplin.

Kebiasaan tersebut akan membentuk karakter diri mahasiswa yang baik dan patut dijadikan contoh. Mahasiswa yang berkuliah mencari ilmu pendidikan tinggi agar memiliki sikap dan karakter yang baik serta dapat bermanfaat bagi sesamanya.

Kampus juga bisa dijadikan tempat untuk mengembangkan diri. Diantaranya melalui kebiasaan mengikuti kegiatan di kampus seperti kegiatan yang ada di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan kegiatan lain yang bersifat positif dan menggali potensi diri.

Lalu, kebiasaan di kelas ruang kuliah juga akan membentuk pribadi mahasiswa. Misalnya kebiasaan mengerjakan tugas tepat waktu dan tidak terlambat masuk kelas. Serta, kebiasaan lain yang bisa membuat mahasiswa lebih dekat dengan dosennya.

Kedekatan dengan dosen bisa memiliki manfaat bagi mahasiswa. Diantaranya bisa bertanya materi perkuliahan, menjadi teman berdiskusi, menjadiw motivasi dan sebagainya. Maka, inilah empat kebiasaan yang bisa buat kamu sebagai mahasiswa lebih dekat dengan dosen.


1. Selalu duduk di depan saat kuliah

Pertama adalah posisi duduk saat perkuliahan. Usahakan untuk selalu duduk di depan saat perkuliahan. Sebab, posisi duduk di depan akan lebih dekat dengan dosen. Selain itu, duduk di depan juga akan membuatmu lebih fokus pada penjelasan.

Dosen akan menghapal mahasiswa yang sering duduk di depan. Orang yang duduk di depan tidak harus yang pintar ya, tetapi yang ingin lebih fokus pada perkuliahan. Sebab, biasanya posisi duduk di belakang kurang fokus dan jauh dari dosen yang menjelaskan. Kecuali dosen yag berkeliling atau posisi duduk melingkar.

2. Sering bertanya dan menanggapi penjelasan dosen

Kebiasaan kedua yang bisa dilakukan mahasiswa untuk lebih dekat dengan dosen adalah dengan sering bertanya atau memberikan tanggapan. Apabila dosen menjelaskan, ajukan pertanyaan mengenai hal yang belum kamu pahami. Tetapi, jangan mengada-ada pertanyaan ya.

Berikutnya, jika dosen sudah selesai menjelaskan kamu juga bisa memberikan tanggapan atau pendapatmu jika ada kesempatan. Hal ini akan membuat dosen menoleh dan mendengarkan pendapatmu. Kebiasaan ini juga bisa membuatmu lebih dekat dengan dosen.

3. Peka terhadap situasi bila dibutuhkan

Sebagai mahasiswa, kamu harus lebih peka terhadap situasi di ruang perkuliahan. Misalnya dosen sedang kesulitan menghidupkan layar proyektor, maka sigaplah dalam membantu. Jangan malah sibuk sendiri dan kurang peka.

Posisi duduk di depan akan membuatmu lebih dekat dengan posisi dosen. Sehingga jika beliau membutuhkan bantuan kamu bisa lebih peka. Dosen yang memiliki umur tua dan muda tentu harus disesuaikan kemampuan dan kebutuhan yang mungkin membutuhkan bantuan mahasiswa.


4. Aktif di kegiatan jurusan atau program studi

Terakhir, kebiasaan yang bisa membuatmu lebih dekat dengan dosen adalah dengan aktif mengikuti kegiatan di jurusan atau program studimu. Kegiatan yang diadakan biasanya berupa kegiatan pengenalan prodi/jurusan atau kegiatan lain yang berhubungan dengan prodi.

Kamu bisa aktif berpartisipasi dan membantu para dosen. Tentunya jika kegiatan kemahasiswaanmu sedang kosong atau tidak sibuk. Seringnya mengikuti kegiatan ini akan membuatmu lebih dekat dengan dosen dan mengerti apa saja yang ada di jurusan/prodimu. Siapa tau bisa menambah kecintaanmu terhadap ilmu yang sedang kamu pelajari.

Itulah empat kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih dekat dengan dosenmu. Kebiasaan yang baik akan membuahkan pengalaman dan hasil yang baik pula.

Jadi, jangan lelah untuk terus menjadi diri yang lebih baik lewat kebiasaan-kebiasaan di kampus.

Kebiasaan yang akan membentuk karakter diri tentunya tidak bisa didapat secara instan dan dalam waktu singkat. Semua cara mahasiswa jadi favorit dosen dengan melakukan kebiasan sederhana butuh proses dan waktu yang lama sampai benar-benar menjadi karakter dalam diri.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mahasiswa Jadi Favorit Dosen Killers Lewat Empat Kebiasan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel