Iklan Header

Kerja Sambil Kuliah, Mahasiswa Hasilkan Ratusan Ribu 2020

Mahasiswa baru 2020 bisa berjualan di kampus yang akan menjadi tempat belajar beberapa tahun ke depan. Selain bisa menghasilkan rupiah, berjualan juga bisa menjadi cara mengenal kampus dan berinteraksi dengan mahasiswa lain baik senior maupun sesama mahasiswa baru.

Berjualan di kampus bisa dilakukan dengan berbagai cara dan beragam produk yang dijual. Bagi yang sejak masa Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah biasa berjualan, maka bisa mencoba peluang di perkuliahan.
Kerja Sambil Kuliah, Mahasiswa Hasilkan Ratusan Ribu 2020
Mahasiswa bisa belajar lebih mandiri dengan mulai bejualan sejak maba ini. Jadwal kuliah mahasiswa baru yang biasanya masih padat merayap dan hanya sedikit jeda harus bisa disiasati agar bisa tetap berjualan.

Misalnya mahasiswa bisa memanfaatkan padatnya jadwal kuliah tersebut untuk usaha makanan dan diantar. Sehingga mahasiswa tidak perlu pergi ke warung makan yang menghabiskan waktu jeda kuliah.

Kebutuhan mahasiswa baru di masing-masing fakultas juga berbeda. Ini bisa menjadi peluang berjualan bagi mahasiswa baru.

Berikut ini adalah empat ide jualan bagi mahasiswa baru 2020 yang bisa dicoba untuk mencari peruntungan dan penghasilan di awal perkuliahan.

1. Peralatan PKKMB/Propti

Ide jualan yang pertama yaitu peralatan PKKMB/Propti. Ide ini bisa disiapkan pula sebelum daftar ulang mahasiswa baru. Sebab, PKKMB adalah agenda kegiatan pertama yang dilakukan oleh mahasiswa baru. Peralatan yang dibutuhkan biasanya adalah pernak-pernik khas PKKMB.

Diantaranya pita, topi, kertas warna warni, hingga kaos kaki warna tertentu. Semua peralatan ini tentunya harus disiapkan setiap mahasiswa baru yang akan mengikuti PKKMB. Peluang inilah yang bisa dijadikan jalan untuk menghasilkan rupiah.

Kamu bisa menawarkan jasa mempersiapkan peralatan PKKMB ini kepada teman-teman sesama mahasiswa baru. Patoklah harga yang terjangkau agar bisa sekaligus membantu meringankan biaya awal perkuliahan teman-temanmu.

2. Kebutuhan kuliah

Kedua, ide berjualan kebutuhan perkuliahan. Kebutuhan ini digunakan mahasiswa setelah masa PKKMB berakhir. Jadi, sudah masuk ke perkuliahan sesungguhnya.
Kebutuhan ini bisa menyesuaikan masing-masing jurusan atau fakultas. Misalnya fakultas keguruan punya mata kuliah kepramukaan, maka kamu bisa menjual peralatan pramuka lengkap pada mahasiswa FKIP.

Contoh lainnya, mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur membutuhkan peralatan untuk menggambar. Maka, kamu bisa menjual peralatan tersebut pada mereka.

Carilah informasi mengenai apa saja kebutuhan masing-masing jurusan, maka akan bisa mendapat inspirasi bahan jualan. Jangan lupa memerhatikan variasi produk dan harga yang terjangkau.

3. Makanan ringan dan katering

Selanjutnya, kamu bisa mencoba ide ketiga yaitu berjualan makanan ringan dan katering. Mahasiswa baru membutuhkan penyedia makanan ringan dan katering ini. sebab, banyak dari mereka yang masih memiliki jadwal kuliah padat dan tidak sempat mencari makanan. Baik makanan ringan atau makanan berat.

Inilah peluang yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa menyediakan jasa katering dengan sistem diantar langsung ke kelas tempat perkuliahan. Mahasiswa baru yang belum memiliki cukup modal bisa bekerja sama dengan kantin yang ada di dekat kampus. Menjadi agen istilahnya.

4. Buku kuliah

Ide jualan terakhir adalah berjualan buku untuk perkuliahan. Buku yang merupakan kebutuhan wajib pada saat kegiatan belajar di kelas harus dimiliki oleh mahasiswa. Namun, apabila belum memiliki uang, mahasiswa juga bisa meminjam pada teman, kakak tingkat, atau di perpustakaan.

Buku kuliah yang dibutuhkan dapat dicari di berbagai toko buku di pasaran atau membeli secara daring. Mahasiswa baru bisa mulai berjualan buku ini dengan cara mencari sumber pemasok buku. Pastikan juga buku asli dan tidak bajakan.

Kamu juga tidak harus memiliki modal. Kamu bisa menjadi agen yang menjembatani penyedia buku dan mahasiswa yang ingin membeli. Cara ini bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui berjualan buku kuliah.

Berjualan di kampus adalah suatu kegiatan yang bisa mendatangkan banyak manfaat untukmu. Diantaranya bisa mendapatkan uang, mengenal kampus lebih dekat jika kamu berkeliling, menambah teman dari para konsumen yang membeli jualanmu, dan sebagainya.

Terlebih, kamu bisa mulai belajar mandiri sejak masuk perkuliahan menjadi mahasiswa baru. Agar mental juga bisa terlatih. Itulah empat ide jualan bagi mahasiswa baru 2020. Ide-ide tersebut bisa kamu coba ya untuk memanfaatkan peluang. Mahasiswa baru yang sudah mulai mengetahui dimana akan berkuliah agar bisa mencari peluang ini.

Belum ada Komentar untuk "Kerja Sambil Kuliah, Mahasiswa Hasilkan Ratusan Ribu 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel