Iklan Header

Cara Submit Upload Jurnal Skripsi Mahasiswa

Jurnal skripsi mahasiswa diunggah atau dipublikasi di laman masing-masing program studi/jurusan.  Cara submit upload jurnal skripsi ini perlu sebab menjadi salah satu syarat kelulusan dan pendaftaran wisuda. Jurnal yang dibuat adalah jurnal skripsi yang disusun dalam format penulisan jurnal yang berlaku di masing-masing fakultas.

Mahasiswa yang sudah menyelesaikan sidang komprehensif skripsi biasanya akan menyusun jurnal penelitian yang akan dipublikasikan. Beberapa jurusan ada yang mengharuskan publikasi jurnal sebelum sidang.
Cara Submit Upload Jurnal Skripsi

Publikasi jurnal dilakukan oleh pengelola jurnal yang biasanya adalah dosen bersangkutan. Sebelum melakukan publikasi jurnal, mahasiswa melakukan bimbingan terlebih dahulu. Berikutnya menunggu persetujuan dari dosen pembimbing skripsi baik pembimbing 1 atau 2.

Prosedur dan cara publikasi jurnal ini hampir mirip di beberapa jurusan. Perbedaannya adalah website tempat mengunggah jurnal penelitian.
Berikut ini adalah cara mempublikasikan jurnal bahasa prancis Universitas Lampung.

1. Membuat akun di website jurnal fakultas

Langkah pertama sebelum mengunggah jurnal adalah membuat akun di website jurnal fakultas. Lamannya ada web resmi masing-masing fakultas. Lengkapi semua data yang diminta untuk membuat akun.

Diantaranya ada nama awal, tengah, dan akhir serta inisial. Lalu, jenis kelamin, nama universitas, alamat email, nomor telepon, pilihan bahasa dan beberapa keterangan lain. Kamu harus melengkapi semua data yang diminta terutama yang bertanda bintang.

Prosedur lengkap tata cara pendaftaran ini sudah tersedia di laman jurnal prodi.Mahasiswa yang sudah diaktifkan akunnya oleh pengelola jurnal maka sudah bisa melakukan pengunggahan.

2.Mengunggah file di jurnal program studi

Mahasiswa mengunggah file jurnal masing-masing di laman jurnal program studi. Caranya dengan masuk kea kun yang sudah dibuat. Lalu, mengeklik “new subsmission”. Berikutnya, memilih jenis artikel dan mencentang semua pilihan pada “Submission Cheklist”. Terakhir, klik “save and continue”.

Pada saat mengunggah, kamu harus melengkapi beberapa kolom informasi mengenai jurnal yang akan dipublikasikan. Informasi tersebut diantaranya author yang terdiri dari 3 penulis. Penulis pertama adalah mahasiswa, kedua adalah dosen pembimbing 1, dan ketiga adalah dosen pembimbing 2.

Berikutnya, kolom mengenai informasi dalam jurnal. Diantaranya ada judul, abstrak, dan daftar rujukan. Peraturan mengenai tata tulis isi jurnal ini sudah diatur lengkap di laman jurnal prodi. Kamu juga bisa menambahkan file pelengkap jika ada. Terakhir, jangan lupa klik simpan.

3.Memeriksa unggahan di akun mahasiswa

Setelah selesai melakukan mengunggah jurnal, selanjutnya kamu memeriksa apakah jurnalmu sudah diterbitkan oleh pengelola jurnal atau belum. Caranya adalah dengan mengecek artikel di akun masing-masing.

Apabila sudah ada tulisan “complete” maka berarti jurnalmu sudah dipublikasikan. Untuk memeriksa kembali atau melihat jurnal teman-teman yang lain, maka kamu bisa mengeklik menu “archive”.

4.Menyerahkan ke dekanat untuk mendapat bukti upload jurnal

Setelah jurnal diterbitkan, maka kamu sudah bisa ke dekanat untuk mengajukan jurnalmu agar mendapat bukti pengunggahan jurnal. Bukti ini berupa cap dan tandatangan petugas di dekanat yang memeriksa jurnal mahasiswa.

Jangan lupa membawa berkas pelengkap, yaitu lembar pengesahan jurnal yang ditandatangani oleh pembimbing satu dan dua. Serta, tanda terima artikel dan pernyataan keaslian jurnal yang ditandatangani oleh pengelola jurnal dan mahasiswa bermaterai.

5.Menunggu jurnal selesai diperiksa petugas

Terakhir, kamu tinggal menunggu keesokan harinya hasil koreksian jurnalmu. Apabila sudah benar sesuai panduan di dekanat, maka sudah mendapat cap dan tandatangan petugasnya. Bila belum dan masih ada yang salah, maka ulangi penyerahan beserta berkas pelengkap.

Jurnal yang sudah dicap dan ditandatangi sudah bisa kamu gunakan untuk persyaratan sidang komprehensif skripsi maupun paersyaratan pendaftaran wisuda. Simpan baik-baik bukti upload ini ya.

Perbedaan bisa terletak di pedoman penulisan atau hal lain sesuai bidang ilmu masing-masing. Mahasiswa yang sudah mengunggah hasil penelitian skripsinya semoga bisa mempertanggungjawabkannya.

Serta jurnal tersebut bisa menjadi referensi mahasiswa lain ketika mencari bahan penelitian. Itulah cara submit upload jurnal skripsi mahasiswa.

Belum ada Komentar untuk "Cara Submit Upload Jurnal Skripsi Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel