Iklan Header

Cara Daftar DELF Ujian Bahasa Prancis 2020

Mahasiswa bahasa Prancis dapat mengukur kemampuan berbahasanya melalui ujian DELF.  Cara dan langkah-langkah daftar DELF ujian bahasa prancis 2020 ini diperuntukkan juga bagi siapapun yang ingin menguji kemampuan bahasa Prancisnya. Ujian ini bisa diikuti oleh masyarakat umum yang mengikuti les atau belajar bahasa Prancis dengan tujuan tertentu.

Tujuan mempelajari bahasa Prancis diantaranya untuk dunia perkuliahan menjadi ahli bahasa Prancis, untuk bekerja di perusahaan yang membutuhkan keterampilan bahasa Prancis. Maupun untuk sekadar menambah keterampilan tambahan di dunia professional khususnya yang berhubungan dengan penguasaan bahasa asing.
Cara Daftar DELF Ujian Bahasa Prancis 2020

Ujian DELF (Diplôme d’Etude de Langue Française) adalah sebuah diploma atau ijazah yang dikeluarkan oleh pemerintah Prancis untuk menilai kemampuan bahasa Prancis seseorang. Ujian ini menguji empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak (compréhension orale).

Lalu, keterampilan berbicara (production orale), dan keterampilan membaca (comprehension écrite). Terakhir keterampilan menulis (production écrite). Keempat keterampilan ini diuji dengan tingkat kesulitan yang berbeda yang terdiri dari tingkat A1, A2, B1, dan B2.

Masing-masing tingkatan tersebut digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Prancis yang telah dikuasai. Misalnya untuk mahasiswa semester satu dan dua, maka bisa mencoba tingkat awal A1 atau A2. Sebab, kemampuan hasil belajar mereka diperkirakan sampai tingkat tersebut.

Selanjutnya, untuk para pebelajar bahasa Prancis yang memang mengambil kelas les intensif. Biasanya mereka memang belajar sesuai tingkatan tujuan yang harus dicapai.

Misalnya tujuan les untuk bisa lulus ujian DELF B2, maka materi yang diberikan akan difokuskan langsung ke tingkat B2. Mahasiswa yang S1 nya bukan dari bahasa Prancis namun akan melajutkan S2 dengan bahasa Prancis biasanya mengambil tingkatan les ini.

Sementara itu, mahasiswa semester awal bisa mencoba mengikuti ujian DELF ini sebagai uji coba kemampuan. Agar, bisa tau sejauh mana hasil belajar dan dapat menjadi acuan pembelajaran di beberapa semester yang tersisa.

Ujian DELF hanya diselenggarakan oleh instansi dan pihak yang secara resmi bekerja sama dengan Kedutaan Prancis di Indonesia sebagai pusat ujian. Berikut adalah cara mengurus pendaftaran ujian DELF.

1.Mengunduh formulir pendaftaran

Langkah pertama yaitu mengisi formulir pendaftaran ujian DELF. Formulir sudah disediakan di tempat penyelenggara ujian. Namun bagi mahasiswa atau peserta ujian yang berdomisili jauh, maka bisa mengunduh dan memngirimkan berkas secara kolektif. Tentunya dengan persetujuan dari pihak tempat ujian.

Peserta ujian bisa mengunduh formulir pendaftaran yang ada di website resmi tempat ujian berlangsung. Misalnya di website Institut français d’Indonésie. Setelah diunduh, formulir kemudian dicetak dan diisi data diri calon peserta ujian DELF.

2.Membayar biaya pendaftaran

Setelah mengisi formulir, kemudian peserta ujian membayar biaya ujian sesuai tingkatan. Diantaranya tingkat A1 (Rp. 370.000,-), A2 (Rp. 400.000,-). Lalu tingkat B1 (Rp. 480.000,-) dan B2 (Rp. 510.000,-).

Biaya ini dibayarkan di tempat pendaftaran, namun untuk yang berdomisili jauh dan sudah bekerja sama, maka bisa ditransfer. Biasanya dosen akan membantu menghubungi pihak penyelenggara ujian dalam hal ini.

3.Peserta menerima surat panggilan

Apabila pembayaran sudah selesai, peserta ujian akan menerima surat panggilan yang berisi informasi jadwal tanggal ujian. Ujian yang terdiri dari ujian tertulis dan berbicara memiliki waktu yang berbeda. Pada surat panggilan inilah tertera keterangan jadwal tersebut.

Bagi peserta yang mendaftar secara langsung di tempat ujian maka bisa mengambil surat panggilan ini langsung. Namun, untuk yang berdomisili jauh dari tempat ujian akan dikirimi scanan surat panggilan ini. Kemudian peserta akan mencetaknya sendiri.

4.Mengikuti ujian sesuai jadwal

Terakhir, kamu akan mengikuti ujian DELF sesuai jadwal tingkatan yang kamu daftari. Biasanya jadwalnya dimulai dari hari Senin adalah tingkat A1. Berikutnya, Selasa tingkat A2, lalu Rabu B1 dan Kamis B2.

Jangan lupa datang 30 menit di lokasi ujian sebelum ujian dimulai. Kamu diwajibkan memperlihatkan kartu identitas (KTP, SIM, atau paspor asli) dan Surat Panggilan kepada pengawas ujian. Tanpa kartu identitas dan/atau Surat Panggilan, kamu tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian.

Berikutnya, kamu wajib menandatangani kertas absensi sebelum ujian dimulai serta harus memakai tinta hitam untuk menulis di atas kertas ujian.

Ujian DELF bisa menjadi bukti sejauh mana kemampuan bahasa Prancismu. Selain itu, manfaat lain juga bisa kamu dapatkan dengan memiliki ijazah yang berlaku seumur hidup ini.

Itulah cara dan langkah-langkah daftar DELF ujian bahasa prancis 2020. Semoga nilai memuaskan

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar DELF Ujian Bahasa Prancis 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel