Iklan Header

Contoh 5 Kata Seru di Indonesia Serapan Bahasa Prancis

Kata seru digunakan untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Bukan hanya ketika bahagia saja, kata seru juga bisa menggambarkan perasaan sedih, kecewa, kesal, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan kata seru untuk menunjukkan berbagai ekspresi seperti mengungkapkan rasa syukur.

Masyarakat biasanya mengungkapkan rasa syukur dengan mengucapkan “Alhamdulillah”. Kata Alhamdulillah adalah termasuk dalam kelompok kata seru.
Contoh 5 Kata Seru di Indonesia Serapan Bahasa Prancis
Kejadian sehari-hari yang datang dalam kehidupan kita juga sering membuat kita mengungkapkan dengan kata seru. Misalnya kamu melihat sesuatu yang menarik dan memukau, kamu akan mengungkapkan melalui kata “Wah” atau “Wow”.

Lalu, ketika kamu mengalami kesulitan dan kelelahan kamu akan mengungkapkan keluhanmu dengan kata “Ah”. Ternyata kata yang sudah kita ucapkan ini berasal dari negara lain lho. Seperti halnya bahasa yang selalu mengalami perkembangan, kata-kata juga bisa berkembang dengan pengaruh darimana saja.
Maka, apa saja lima kata seru di Indonesia yang berasal dari bahasa Prancis? Simak ulasannya berikut ini ya!


1. Oh là-là!

Kata yang pertama yaitu Oh là-là!. Kamu tentu sering mendengar orang berseru dengan kata ini. Bahkan, ada artis yang sering mengucapkannya. Biasanya pelafalannya berubah menjadi “Ulalaaa”.

Kata ini bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi terkejut atau disesuaikan dengan situasi pembicaraan. Sebab, arti kata seru tidak bisa disamakan dan tergantung pada konteks pada saat berdialog.

2. Bravo!

Selanjutnya ada kata Bravo. Kata ini bisa diartikan luar biasa atau untuk menunjukkan apresiasi. Di Indonesia kata ini juga cukup sering digunakan. Sebagai ucapan untuk memuji hasil yang didapatkan orang lain.

Kata ini tidak mengalami perubahan pelafalannya. Mungkin hanya sedikit berbeda pada huruf V yang diucapkan orang berbahasa Indonesia dan orang berbahasa Prancis.

3. Chut!

Ketiga, ada kata Chut!. Kata ini dalam bahasa Indonesia biasanya ditulis berubah menjadi “Sssst”. Tujuannya yaitu untuk menyuruh diam tidak bersuara. Atau, dilarang membuat kebisingan agar suasana tenang.
Biasanya masyarakat di Indonesia mengucapkan kata Sssst ini disertai dengan gerakan jari telunjuk menempel di bibir. Gerakan itu sebagai pertanda untuk diam.

4. Aïe !

Berikutnya ada kata Aïe !. Di Indonesia biasanya diucapkan dengan kata “Aih”. Khususnya di daerah tertentu kata “Aih” biasa digunakan untuk mengungkapkan keheranan atau ketidaksetujuan terhadap sesuatu. Tetapi, kembali lagi arti dan makna kata seru disesuaikan juga dengan konteks pada saat berdialog.

5. Ah ! dan Oh !

Terakhir, ada kata Ah ! dan Oh !. Dua kata ini sudah sangat sering kita dengar. Kata Oh bisa digunakan untuk mengungkapkan pemahaman terhadap sesuatu. Lalu, kata Ah bisa digunakan untuk berbagai ekspresi. Diantaranya ekspresi marah, mengeluh, lega, dan sebagainya. Kedua kata ini tidak mengalami perubahan dan sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Prancis.

Kata seru yang diucapkan tentu disesuaikan juga dengan kebiasaan dan pengetahuan penutur. Selain itu, ada pengaruh dari lingkungan tempat tinggal pula. Sebab, lingkungan akan membentuk dan mempengaruhi diri di berbagai aspek, termasuk penguasaan bahasa dan kata-kata.

Itulah ulasan mengenai 5 kata seru yang diucapkan masyarakat Indonesia yang berasal dari bahasa Prancis. Kata seru bisa digunakan untuk berbagai pengungkapan ekspresi pembicara. Bisa pula digunakan untuk memahami perasaan lawan bicara. Bahkan saat ini sudah banyak tersedia buku-buku untuk memahami karakter seseorang dari bahasa tubuh dan ekspresinya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh 5 Kata Seru di Indonesia Serapan Bahasa Prancis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel