Iklan Header

Aplikasi Simpan dan Mencadangkan File Skripsi Supaya Tak Hilang

Menyimpan dan dan mencadangkan file skripsi bisa dilakukan mahasiswa untuk mencegah kehilangan file penting menyangkut penelitian. Penyebab hilangnya file ini diantaranya karena laptop rusak, file terhapus tanpa sengaja, dan sebagainya. Maka perlu aplikasi supaya tak hilang.

File skripsi ini sangat penting dan berharga bagi mahasiswa tingkat akhir. Sebab, itulah hasil pemikiran dan proses panjang bimbingan pada dosen.
Aplikasi Simpan dan Mencadangkan File Skripsi Supaya Tak Hilang

Selain itu, file skripsi juga merupakan syarat kelulusan. File itulah yang nantinya dicetak menjadi skripsi dalam bentuk jilid hard cover.

Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan melakukan penelitian harus bisa menyimpan semua dokumen dengan baik. Dokumen tersebut akan berguna sebagai dasar penelitian yang dilakukan.

Dokumen-dokumen penting ini bisa hilang dan menyusahkan mahasiswa. Kelalaian atau musibah yang datang bisa menjadi penyebab hilangnya dokumen ini. maka, mahasiswa harus bisa menjaga dan menyimpan semua dokumen dengan baik. Kalau perlu, dokumen dalam bentuk kertas discan agar ada softfile nya.

Mahasiswa bisa menyimpan dan mencadangkan file skrips dengan cara-cara yang akan diulas berikut ini.

1. Unggah di media penyimpanan online

Cara pertama dengan mengunggahnya di media penyimpanan online. Media ini cukup efektif untuk menyimpan file dan tidak mengurangi memori pada perangkat seperti HP dan Laptop.

Contoh media penyimpanan online ini adalah GoogleDrive dan OneDrive. Kamu bisa memasukkan email untuk masuk ke akunmu, lalu mulai mengunggah file yang ingin dicadangkan di internet.

File yang bisa dicadangkan diantaranya dokumen teks, audio, video, dan sebagainya. Semua file ini bisa diunggah secara online.

2. Kirim ke email teman terpercaya

Cara kedua yaitu mengirim ke email teman. Atau, kamu bisa membuat email baru sebagai tujuan pengiriman file skripsimu. Rutin mengirim email setiap kali selesai mengerjakan draft skripsi bisa menjadi cara mencadangka yang efektif.

File akan tetap berada di email, baik folder kotak masuk dan folder terkirim. Tetapi, jangan lupa untuk selalu mengingat kata sandi emailmu. Catatlah dalam buku catatan atau di HPmu.

3. Salin di perangkat penyimpanan

Terakhir, kamu bisa menyalin file skripsi di perangkat penyimanan seperti memori internal HP, flashdisk, dan harddisk. Perangkat penyimpanan ini bisa menjadi ruang untuk mencadangkan file skripsi dengan aman.

Jangan lupa untuk mengamankan setiap perangkat penyimpanan dengan antivirus. Selain itu, perangkat penyimpanan misalnya flashdisk juga harus dibedakan dan disediakan khusus hanya untuk menyimpan dan untuk penggunaan lain.

Misalnya kamu ke warnet menggunakan Flashdisk 1 dan menyimpan file skripsi menggunakan Flashdisk 2. Cara ini bisa mengatasi Flashdisk terkena virus dan menghilangkan file yang ada di dalamnya.

File skripsi bisa dibilang hal yang sangat penting. Sama pentingnya dengan dokumen lain yang sangat diperlukan. Sebab, jika file tersebut hilang maka harus mengetik ulang. Beruntunglah jika masih ada dokumen yang sudah dicetak.

Jika tidak ada, kamu harus mengulang menuliskan semua isi skripsimu. Bisa jadi ada bagian yang kamu lewati karena lupa atau tidak ada datanya lagi.

Kehilangan file skripsi bahkan bisa menyebabkan seseorang mengulang dan mencari judul baru. Semua proses dilakukan dari awal lagi. Mulai dari pengajuan judul, bimbingan awal bab I, dan seterusnya.

Hal ini tentu membuang-buang waktu dan biaya bagi mahasiswa. Mahasiswa tingkat akhir juga harus memperpanjang waktu studinya ketika lama dalam proses penyusunan skripsi ini. mereka harus membayar UKT lagi untuk satu semester perpanjangan.

Nah, agar tidak terjadi kehilangan file skripsi simpanlah di aplikasi.Maka, kamu bisa menyimpan dan mencadangkannya. Sekian cara menyimpan dan mencadangkan file skripsi. Semangat terus mahasiswa akhir. Sebab, skripsi yang baik bukanlah yang bertopik bagus dan sulit dikerjakan, tetapi topik yang diselesaikan.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Simpan dan Mencadangkan File Skripsi Supaya Tak Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel