Cara Ubah Warna Background Merah-Biru di Paint

Keperluan background warna merah atau biru untuk sebuah pas foto bisa dilakukan dengan mudah di Paint 3D. Rata-rata aplikasi paint ini sudah ada di setiap laptop atau komputer kita. Paint 3D adalah versi terbaru dari aplikasi yang sudah lama kita kenal yaitu Paint. Perbedaan yang paling menonjol dari Paint 3D adalah adanya tools untuk mengubah sebuah gambar menjadi 3D alias 3 dimensi.

Gambar yang kita edit menggunakan aplikasi Paint 3D bisa disimpan menjadi format JPG, PNG, dan juga sebagai project yang akan tersimpan dalam aplikasi. Proyek itulah yang nantinya bisa diubah ulang swaktu-waktu oleh para penggunanya. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengedit gambar yang belum selesai namun ada keperluan mendesak lain yang harus dikerjakan.
Cara Ubah Warna Background Merah-Biru di Paint

Pas foto biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya sebagai syarat mendaftar sekolah atau kuliah. Lalu, mendaftar kerja pada perusahaan atau instansi. Berikutnya, bisa juga dibutuhkan ketika mengurus dokumen atau keperluan seperti pembuatan SIM, SKCK, hingga untuk keperluan pernikahan.

Selanjutnya, untuk mengubah background pas foto menggunakan aplikasi Paint 3D langkahnya cukup mudah. Berikut adalah cara mengubah background pas foto mudah pada aplikasi Paint 3D.

1. Buka aplikasi Paint 3D

Langkah pertama, membuka aplikasi Paint 3D yang ada di laptopmu. Aplikasi ini biasanya merupakan aplikasi bawaan sehingga sudah tersedia di laptop tanpa harus dipasang.

Aplikasi Paint 3D memiliki tools yang mirip dengan aplikasi Paint. Perbedaannya adalah adanya beberapa fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar 2D menjadi 3D.

2. Pilih gambar yang akan diedit 

Berikutnya, pilih gambar yang akan diedit atau diubah menjadi 3D. Ketika kamu ingin mengubah background pas foto, usahakan memilih foto yang formal. Atau, kamu bisa foto terlebih dahulu dengan background bebas.

Inilah beberapa cara untuk memasukkan gambar yang akan diedit dalam aplikasi Paint 3D.
a. Copy gambar, lalu Paste di Paint 3D
b. Klik Menu > New
c. Klik kanan pada file gambar, lalu pilih ‘Edit with paint 3D’

3. Mulai mengedit gambar 

Langkah ketiga, kamu bisa mulai mengedit gambarmu. Diantaranya bisa dimulai dengan memotong bagian yang ingin diubah backgroundnya. Pas foto biasanya hanya menampilkan bagian wajah sampai sebatas dada. Oleh karena itu, apabila fotomu adalah foto badan, maka bisa memotongnya menggunakan ‘Crop’.
Cara Ubah Warna Background Merah-Biru di Paint

4. Mengubah background foto

Mengubah background foto bisa dilakukan dengan mudah. Caranya yaitu dengan memilih ‘brush’ pada Paint 3D berupa Fill. Brush ini akan mengisi bagian yang diinginkan dengan warna pas foto. Contohnya mengganti background dengan warna merah atau biru sesuai tahun lahir.
Cara Ubah Warna Background Merah-Biru di Paint


5. Menyesuaikan kembali posisi foto

Selanjutnya, foto yang sudah diubah backgroundnya bisa disesuaikan posisinya. Kamu bisa memotong kembali foto tersebut agar sesuai antara sisi kanan, kiri, atas dan bawahnya.

6. Menyimpan foto

Langkah terakhir, simpan foto yang sudah selesai kamu edit. Ada beberapa format yang disediakan oleh aplikasi Paint 3D, diantaranya JPEG, PNG, Bitmap, GIF, dan juga sebagai project yang bisa diedit kembali sewaktu-waktu.

Pas foto yang kamu butuhkan bisa disimpan dalam format JPEG. Jangan lupa untuk menyesuaikan kembali ukurannya ketika ingin mencetaknya di kertas foto. Sebab, foto yang sudah diedit menggunakan Paint 3D ini belum disesuaikan ukurannya dalam satuan sentimeter.

Itulah cara mengubah background pas foto mudah di aplikasi Paint 3D. Langkah-langkah di atas cukup mudah untuk dicoba sendiri di rumah. Selain menambah kemampuanmu dalam mengedit gambar, cara ini juga bisa menjadi referensi bila kamu membutuhkan pas foto dalam waktu singkat.  Misalnya saja untuk mendaftar tes masuk perguruan tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ubah Warna Background Merah-Biru di Paint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel