Iklan Header

Cara Bagikan dan Buka Link Google Drive

File dan folder yang sudah diunggah ke Google Drive dapat menjadi cadangan. File dan folder tersebut tidak akan hilang dan dapat diakses sewaktu-waktu di internet. File dan folder yang sudah diunggah ke Google Drive bisa dibagikan ke teman atau rekan kerja yang membutuhkan dengan cara yang mudah.

Tetapi, jangan sampai lupa email dan passwordnya. Sebab, untuk masuk ke akun Drive, harus masuk email terlebih dahulu.
Cara Bagikan dan Buka Link Google Drive

Menyimpan file di Google Drive punya kelebihan. Salah satunya yaitu tersedia ruang penyimpanan yang cukup besar 15 GB.

Jika sudah penuh, triknya adalah membuat akun gmail baru lagi. Sebab, ruang penyimpanan 15 GB adalah jatah untuk satu akun gmail. Google Drive menyediakan pengaturan privasi yang akan menjaga keamanan berbagi file. Namun juga bisa dibuka biar bisa diliat tinggal di atur.

Berikut adalah cara membagikan dan buka link file dan folder Google Drive beserta mengatur privasinya.

1. Masuk akun gmail 

Membuka Google Drive baik dari PC maupun HP sama-sama harus masuk akun gmail dulu. Login dapat dilakukan di aplikasi gmail atau di browser.

2. Pilih aplikasi Drive

Setelah login gmail, berikutnya klik icon Google Apps. Biasanya terletak di samping foto profil akun gmail (bila membuka melalui PC).

Aplikasi Google Drive biasanya sudah ada otomatis di android, namun bila pada laptop/PC harus diinstal terlebih dulu. Kalau tidak mau instal bisa akses melalui browser saja.

3. Klik kanan File/Folder yang akan dibagikan linknya

Tampilan yang ada ketika membuka Google Drive adalah berupa file yang terakhir dilihat, lalu folder  dan file lain yang sudah diunggah.

Supaya dapat mendapatkan link, klik kanan pada file/folder yang diinginkan. Maka akan muncul beberapa pilihan mengenai file/folder tersebut.

4. Klik Get Shareable Link/Dapatkan tautan yang bisa dibagikan 

Berikutnya, klik Get Shareable Link/Dapatkan link yang dibagikan. Tunggu sampai ada kotak dialog muncul. Kotak dialog ni menampilkan informasi mengenai pemirsa yang ingin dibagikan file, privasi file, dan link yang akan disalin.

5. Ubah privasi file/folder

Mengubah privasi berguna agar file dapat dilihat di perangkat orang yang diberi link. Jangan lupa mengatur privasi ‘Siapa saja yang memiliki link/Anyone with the link’.

Cara Bagikan dan Buka Link Google Drive
Selain itu, klik pilihan ‘pengakses lihat saja’. Sebab, link yang dibagikan memang hanya untuk dilihat, buka untuk diedit oleh pemirsa.

6. Salin link

Terakhir, salin link yang akan dibagikan. Kemudian tempelkan misalnya di badan email kepada temanmu. Dapat pula dikirim melalui pesan sosial media dan sebagainya. Apabila file ini bersifat pribadi dan terbatas, maka lebih baik membagikannya melalui pesan pribadi.
Cara Bagikan dan Buka Link Google Drive

Sekian cara membagikan dan buka link file dan folder Google Drive beserta mengatur privasinya. Cara ini dapat dimanfaatkan untuk berbagi file yang berukuran besar, misalnya sebuah e-book pada teman. Dengan berbagi link ini, kamu tidak perlu mengirimkan file, namun temanmu bisa mengunduhnya sendiri di Google Drive.

Belum ada Komentar untuk "Cara Bagikan dan Buka Link Google Drive"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel