Iklan Header

Cara Buat Kartu Ucapan Ultah Pakai Microsoft Publisher

Membuat kartu ucapan ulang tahun sederhana menggunakan Microsoft Publisher bisa dilakukan dengan mudah.  Sebab, ada banyak template yang sudah disediakan oleh aplikasi bawaan satu ini.

Microsoft Publisher merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan dalam bidang publikasi. Diantaranya untuk keperluan iklan, membuat banner/spanduk, membuat kartu nama, brosur, dan banyak lainnya.

Cara Buat Kartu Ucapan Ultah Pakai Microsoft Publisher
Template yang ada dalam aplikasi Microsoft Publisher ini sudah dirancang agar sesuai kebutuhan. Misalnya kamu ingin membuat sebuah kartu nama, maka desain sudah tersedia pada aplikasi ini. kamu tinggal mengubah hal-hal lain seperti nama, perusahaan, alamat dan sebagainya.

Hal ini tentu memudahkan penggunanya dalam membuat berbagai macam publikasi. Sebab, template telah tersedia dan tidak membutuhkan desain ulang. Namun, kamu bisa juga mengubah template yang sudah ada sesuai keinginanmu. Selain itu, warna dan bentuk tulisan juga bisa diubah dan disesuaikan.

Microsoft Publisher terdiri dari banyak versi yang sudah diperbaharui. Namun, hal yang penting adalah bagaimana cara kita mengkreasikan dan menuangkan ide dalam mengedit template yang sudah disediakan.

Salah satu template yang bisa kita manfaatkan adalah Greeting card alias kartu ucapan. Nah, berikut adalah cara mudah membuat kartu ucapan ulang tahun menggunakan Microsoft Publisher. Perhatikan langkah-langkahnya ya.

1. Buka aplikasi Microsoft Publisher

Langkah pertama yaitu buka aplikasi Microsoft Publisher yang ada di laptop/PC. Bisa memakai versi tahun yang mana saja, biasanya versi terbaru harus ada lisensi. Jika kamu terkendala, maka bisa menggunakan versi yang lama. Misalnya Microsoft Publisher 2007.


2. Pilih tipe publikasi > Greeting Card

Langkah selanjutnya yaitu memilih tipe publikasi. Ada banyak tipe publikasi yang tersedia. Diantaranya advertisements, award certificates, banners. Lalu, brochures, business cards dan business forms.

Selanjutnya ada juga calendars, catalogs, e-mail, envelopes, flyers, gift certificates, greeting cards, invitation cards. Selain itu, ada template untuk membuat labels, menus, programs, resumes, signs, dan postcards.

Pilih tipe publikasi greeting cards untuk memilih template ulang tahun. Telusuri semua template yang kamu inginkan. Sebab, ada banyak pilihan yang disediakan.


3. Pilih template yang diinginkan

Selanjutnya, klik dua kali pada template yang diinginkan. Misalnya berikut ini adalah template khusus Birthday 67.
Cara Buat Kartu Ucapan Ultah Pakai Microsoft Publisher

4. Ubah desain sesuai keinginan

Langkah keempat, kamu bisa mengubah desain sesuai keinginanmu. Misalnya saja mengganti gambar yang ada dalam template dengan foto orang yang sedang berulang tahun.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan clip art lain dalam template. Perpaduan warna juga bisa kamu sesuaikan dan membuat skema warna tersendiri.

Misalnya pada desain berikut ini, gambar yang ada dalam template diganti dengan foto. Caranya dengan klik Insert > Picture > From file. Jangan lupa menyesuaikan ukuran foto agar terlihat cantik.
Cara Buat Kartu Ucapan Ultah Pakai Microsoft Publisher
Berikutnya, kamu ubah tulisan yang ada di kolom. Tulis sebuah ucapan atau doa yang ingin kamu sampaikan. Pilihlah bentuk huruf yang kamu inginkan.


5. Simpan dalam format PNG/JPEG

Berikutnya, setelah foto dan tulisan selesai dimasukkan, maka bisa kamu simpan. File yang kamu edit di Microsoft Publisher bisa disimpan menjadi gambar, yaitu dalam format PNG/JPEG.

Kamu bisa memilih format PNG agar gambar terlihat lebih jelas. Nah, selain format untuk gambar ini, kamu juga bisa mencetak kartu ucapan ini di kertas.

Apabila menyimpan dalam bentuk gambar maka hanya akan menyimpan halaman pertama saja. Tetapi, jika mencetak di kertas dengan perintah Ctrl+P, maka bisa menjadi kartu ucapan sungguhan yang bisa dilipat. File gambar biasanya bisa menjadi ucapan di media sosial, sementara file yang sudah dicetak di kertas bisa diberikan secara langsung bersama kado ulang tahun misalnya.

6. Bagikan ke orang spesial

Terakhir, bagikan hasil karyamu ke orang yang sedang berulangtahun. Bisa melalui media sosial atau secara langsung. Berikut adalah contoh desain yang sudah jadi dalam format PNG.

Sekian cara membuat kartu ucapan ulang tahun sederhana menggunakan Microsoft Publisher. Cara ini bisa kamu coba di rumah untuk memberikan ucapan ulang tahun, atau ucapan hari penting lainnya. Jangan lupa terus mengasah kemampuanmu untuk berkreasi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Buat Kartu Ucapan Ultah Pakai Microsoft Publisher"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel