Iklan Header

Cara Membersihkan Dispenser yang Lumutan

hanalfa.com: Cara membersihkan dispenser dengan cuka, bisa juga dengan jeruk nipis, atau pun baking soda, atua dengan lemon. Keadaan dispenser yang lumutan ini wajar terjadi karena selalu dipakai dan dialiri air terus menerus. Aliran air dan keadaan lembab inilah yang dapat menjadi penyebab tumbuhnya lumut di bagian dalam dispenser.  Nah perlu cara membersihkan tangki atau pun menghilangkan rasa plastik di despense baru.

Lumut yang ada di dalam dispenser kadang pun tidak disadari oleh pemakainya. Padahal, alat ini digunakan sehari-hari untuk kebutuhan konsumsi minuman. Baik minuman dingin maupun panas. 

Cara Membersihkan Dispenser yang Lumutan

Biasanya setelah air terasa agak berbeda, barulah pengguna membersihkan dispenser. Misalnya air berubah rasanya menjadi agak asam atau rasa lain yang berbeda dari biasanya. Oleh karena itu, pentingnya untuk rutin membersihkan peralatan makan dan minum termasuk dispenser. 

Cara membersihkan dispenser lama yang lumutan dapat dilakukan dengan cukup mudah. Cara ini berlaku untuk dispenser berbentuk kotak yang galonnya terletak di atas. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dicoba di rumah.

1. Buka kotak belakang dispenser 

Langkah pertama, buka kotak yang ada di bagian belakang dispenser. Kotak ini adalah penutup selang-selang yang ada di dispenser. Biasanya ada 5 skrup yang harus dibuka menggunakan obeng yang sesuai. 

Lepaskan semua skrup sampai bagian belakang kotak terbuka semua. Maka, akan nampak bagian-bagian yang dialiri air yang sudah tumbuh lumut. 

2. Buka tali pengait

Langkah selanjutnya, buka tali-tali pengait yang ada di selang aliran air. Tali ini biasanya berbentuk kecil dan terbuat dari plastik atom. Tali ini juga berfungsi mengunci bagian selang agar tidak berpindah dari susunannya. Maka, lepaskan tali agar selang dapat dicopot. 

3. Copot Selang

Langkah ketiga, copot selang yang sudah lumutan dari susunannya. Sebelum mencopot, ingat susunanya baik-baik, agar tidak bingung saat ingin menyusunnya kembali. Bisa juga difoto terlebih dahulu sebelum melepaskan semua bagiannya. 

4. Bersihkan selang 

Berikutnya, mulai bersihkan selang yang lumutan. Selang yang lumutan bisa dibersihkan menggunakan tangan kosong, atau peralatan lain, misalnya sikat khusus pipa yang disertai kawat, kain panjang yang disumpalkan ke selang, atau menggunakan peralatan khusus lainnya. 

5. Bilas dengan air mengalir

Setelah semua lumut digosok dan tidak menempel lagi pada selang, selanjutnya bilas bagian dalam selang dengan air mengalir. Tujuannya agar semua lumut bisa luruh dan bersih. 

Lakukan hal yang sama untuk bagian bagian lain selain  selang aliran air. Bisa dibersihkan dengan busa cuci piring agar lebih kesat dan bersih. 

6. Keringkan bagian yang dibersihkan 

Bagian-bagian dispenser yang telah dibersihkan selanjutnya dikeringkan terlebih dahulu. Agar, tidak ada air yang mengalir dan bisa kotoran di tangan tidak menempel kembali ketika peralatan masih basah. 

7. Pasang kembali  

Terakhir, pasang kembali semua bagian dispenser. Misalnya bagian selang dan tabung tempat aliran air. Ingat kembali susunan awal yang sudah difoto tadi. Agar sesuai dengan susunan pabrik pembuat dispenser. 

Itulah cara membersihkan dispenser lama yang lumutan. Langkah-langkahnya mudah dan dapat dipraktekkan sendiri di rumah. Alat untuk membersihkannya pun terdapat di rumah, seperti obeng, kain, sikat, dan sebagainya (Penulis: Hanisaul Khoiriyah).

Belum ada Komentar untuk " Cara Membersihkan Dispenser yang Lumutan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel