2 Cara Mengakses Google Classroom Offline Tanpa Internet

hanalfa.com: Cara mengakses Google Clasroom secara offline atau tanpa internet dapat dilakukan. Bila mendadak atau saat benar-benar tidak ada kuota internet atau sinyal WIFI. 

Pembelajaran saat ini banyak menggunakan aplikasi yang bisa dijalankan secara virtual/ daring tanpa melibatkan tatap muka. Aplikasi yang biasa dipakai salah satunya adalah Google Classroom
2 Cara  Mengakses Google Classroom Offline Tanpa Internet
Namun apajadinya apabila mahasiswa ataupun siswa dituntut untuk melaksanakan pembelajaran mengggunakan google classroom sedangkan tak memiliki paket internet. Permasalahannya setiap pembelajaran daring atau non tatap muka selalu menggunakan paket internet. 

Bagi kita yang dekat dengan akses wifi gratis mungkin tak masalah, karena kita bisa menumpang untuk mengakses google classroom atau pembelajaran daring menggunakan wifi tersebut. Hanya saja bagi yang jauh dari lokasi wifi tentunya akan menjadi masalah.  

Berikut cara mengakses Google Clasroom secara offline atau tanpa internet adalah sebagai berikut: 

1. Mengaktifkan Admin G Suite 

Langkah yang pertama harus dilakukan adalah mengaktifkan Admin G Suite offline. Admin G suite merupakan sebuah tools atau alat google yang dapat digunakan untuk mengelola akun google yang kita miliki. Salah satu akun yang juga dapat dikelola menggunakan Admin G suite adalah goole classroom. 

Cara mengaktifkannya adalah dengan masuk ke akun G Suite melalui blowser atau anda bisa membuat akun baru jika belum memilikinya. Anda hanya perlu login menggunakan email dan pasword yang telah dibuat. 

Langkah-langkah untuk mengaktifkannya, yaitu setelah proses login selesai pada tampilan layar awal anda klik apps. Apps disini akan langsung terhubung pada aplikasi yang anda miliki di perangkat anda. Kemudian klik G Suite dan pilih drive and document. 


Langkah selanjutnya adalah pada menu tersebut anda lanjutkan dengan menekan opsi features and aplications. Aktifkan menu mengatur secara ofline dengan memilih allow user to enable offline acces. 

Setelah mengaktifkan/ mengijinkan akses secara offline menggunakan google suite maka saat ini google classroom anda dapat diakses secara offline dengan mengaturnya terlebih dahulu saat posisi online. 

2. Mendownload Ekstensi Google Document  Ofline

Aplikasi yang satu ini memungkinkan anda untuk melihat dokumen yang sudah terkirim di google classrome tanpa memerlukan internet. Karena tools G suite memerlukan tambahan untuk membuka dokumennya. Karena G suite hanya berperan sebagi pengelola akun dan menyimpan apa yang sudah dikirimkan di goole classroom sehingga bisa diakses lagi meskipun sudah offline. 

Pada dasarnya menggunakan admin G Suite berfungsi sebagi tools penyimpanan agar google classroom kita dapat kita buka kapan saja, melihat tugas yang sudah dikirim setiap saat meski offline dengan menggunakan akses download dan menyimpan saat kondisi sedang online dan tugas sudah dikirimkan. 

Fitur ini juga bisa kita gunakan untuk mennyimpan tugas yang diberikan, mengedit foto dan video dan juga mengunduh catatan berupa slide yang sudah diberikan. Dengan menggunakan tools ini kita bisa memindahkan file yang sudah diberikan dan mengcopynya pada word, power point danlainnya tanpa mengetik ulang sehingga akan lebih mempermudah tanpa mengetik ulang tugas yang diberikan. 

Kita juga bisa menambahkan pekerjaan pada sphread sheet dan juga drive. Sekian penjelasan cara mengakses Google Clasroom secara offline atau tanpa internet. Supaya saat tidak ada kuota atau Wifi dapat tetap mengaksesnya (Penulis: Rocky Irfan). 

Belum ada Komentar untuk " 2 Cara Mengakses Google Classroom Offline Tanpa Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel