4 Lagu Jawa Liriknya Makna Mendalam Hal Percintaan

hanalfa.com: Lagu jawa yang hits pasti memiliki arti mendalam. Sebab, banyak didengarkan oleh orang yang bernasib sama dengan isi lagu. Mulai dari hits di daerah hingga akhirnya nasional. 

Meski bahasa yang digunakan adalah bahasa daerah yakni bahasa jawa, namun banyak pula masyarakat umum yang hapal. Inilah yang membuat musik lokal semakin berkembang. Kabar baik untuk biduan-biduan daerah yang sedang merintis karir di tingkat nasional. 
4 Lagu Jawa Liriknya Punya Mendalam Hal Percintaan
Lagu hits berbahasa jawa ada banyak sekali. Berikut adalah 4 lagu bahasa Jawa yang memiliki makna mendalam versi hanalfa.com

1. Lirik Lagu Dalan Liyane

Lagu pertama berjudul Dalan Liyane atau bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berjudul Jalan Lainnya. Lagu ini menggambarkan keikhlasan seseorang ketika ditinggalkan oleh pasangannya yang sangat ia sayangi. Berikut adalah potongan liriknya.

“Yow es ben tak lak-oni nganti sak kuat-kuate atii
Pesenke mung siji seng ati ati
Isoku mung mandang isuk tekan sonten
Mergo sadar diri kulo duduk sinten-sinten

Yow es ben mu ng tak pen-dem roso seng ono neng jero dodo
Tetep tak dongakno mugo urip mulyo
Isoku mung nyuwon mugo ora getun
Cakep semonten maturnuwon”

2. Lirik Lagu Mundur Alon-alon

Berikutnya, ada lagu yang menceritakan seseorang yang sudah menyerah dan memilih mundur. Arti dari Mundur Alon-alon adalah mundur perlahan (pelan-pelan). Mundur dalam hal ini adalah karena sudah merasa kecewa. Berikut adalah potongan lirik yang hits dinyanyikan masyarakat.
“Aku mundur alon mergo sadar aku sopo 
Mung digoleki pas atimu perih
Aku mundur alon mergo sadar aku sopo
Mung dibutuhno pas atimu loro”

3. Liri Lagu Sayang

Lagu ketiga berjudul Sayang yang telah banyak dibawakan oleh penyanyi tanah air. Liriknya sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Berikut adalah potongan lirinya.
“Aku melasno kangmas 
Aku mesakno aku
Aku nangis nganti metu eluh getih putih

Sayang opo kwe krungu jerite atiku 
Mengharap engkau kembali 
Sayang nganti memutih rambutku 
Ra bakal luntur tresnaku”

4. Lirik Lagu Ditinggal Rabi

Terakhir, ada lagu yang menyedihkan artinya. Ditinggal Rabi bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “ditinggal nikah”. Seseorang yang tergambar dalam lagu ini ditinggal nikah oleh pasangannya. Berikut ini adalah potongan lirik yang dalam maknanya.
“Mas opo kowe lali karo sumpah janjimu
Biyen bakal ngancani urip tekan matiku
Pancenne kwe tego rabi karo wong liyo 
Blenjani tresnoku nelongso”

Itulah 4 lagu berbahasa Jawa yang hits dan punya arti mendalam. Hampir semuanya menceritakan kisah hidup yang merana. Tetapi, percayalah bahwa musik yang mengiringi lagu tersebut ketika dinyanyikan akan membawa keceriaan. Sebab, biasanya diiringi dengan orgen khas kesukaan masyarakat (Penulis: Hanisaul Khoiriyah).

Belum ada Komentar untuk " 4 Lagu Jawa Liriknya Makna Mendalam Hal Percintaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel