Cara Buat Keripik Pisang Kepok, Khas Lampung

hanalfa.com: Keripik pisang Kepok dikenal sebagai oleh-oleh khas Lampung. Pasalnya, di bumi ruwa jurai ini banyak sekali variasi olahan keripik pisang kepok. Bahkan, terdapat satu kawasan khusus yang hampir setiap rumah memproduksi jajanan renyah ini.

Masyarakat atau pabrik keripik yang menjadi produsen keripik tentu memiliki resep rahasia sendiri agar produknya berkualitas dan laris di pasaran. Selain itu, agar produk memiliki ciri khas di lidah para konsumen.
Cara Buat Keripik Pisang Kepok, Khas Lampung
Sementara itu, untuk konsumen yang ingin mencoba membuat sendiri olahan keripik di rumah dapat berkreasi atau mencari informasi resepnya. Terlebih bila hanya ingin menjadi camilan teman nonton TV, maka tidak perlu membeli di toko-toko khusus oleh-oleh. 

Membuat keripik pisang Kepok dapat dilakukan seperti pembuatan keripik lainnya. Maka, berikut adalah cara buat keripik pisang Kepok renyah yang dapat dicoba di rumah.

1. Siapkan alat dan bahan

Sebelum memulai pembuatan keripik, siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat yang digunakan diantaranya pisau untuk mengupas kulit pisang, pasahan untuk memasah pisang, wajan dan spatula, toples, dan plastik untuk mengemas.


Berikutnya, bahan yang dibutuhkan diantaranya pisang Kepok mentah, air bumbu untuk dicelupi pisang, minyak goreng, serbuk varian rasa. Varian rasa dapat disesuaikan selera pembuat, misalnya rasa manis, asin, cokelat, susu, keju dan sebagainya. Serbuk ini dapat dibeli di pasar, khususnya di toko perlengkapan bahan kue.

2. Ikuti langkah-langkah pembuatan keripik

Setelah semua alat dan bahan siap, maka selanjutnya proses pembuatan keripik. Berikut adalah langkah-langkahnya.

a. Kupas pisang Kepok 

b. Pasah menggunakan alat pasahan, jangan lupa sesuaikan ketebalannya. 

c. Celupkan pasahan pisang ke dalam air bumbu.

d. Goreng pisang.

e. Masukan keripik yang telah digoreng dalam toples berisi varian rasa. Aduk atau kocok toples hingga bubuk rata ke semua keripik. 

f. Masukkan dalam oven hingga serbuk varian rasa menempel pada keripik. Pengovenan ini juga berguna agar keripik lebih tahan lama renyahnya.

g. Keluarkan keripik dari tempat oven, dan tunggu hingga dingin sebelum dikemas.

3. Kemas atau simpan keripik dengan baik

Keripik pisang kepok yang telah matang siap untuk dinikmati. Apabila keripik dibuat dalam jumlah yang lumayan banyak, maka perhatikan proses pengemasan atau penyimpanannya. 

Masukkan dalam toples yang di dalamnya berlapis plastik agar lebih rapat. Dapat pula menggunakan plastik khusus dan ditali dengan rapat. Keripik pun dapat bertahan lama dan tetap renyah tidak melempem. 

Itulah cara membuat keripik pisang Kepok oleh-oleh khas Lampung. Kini, masyarakat yang biasa membeli di toko oleh-oleh dapat membuatnya sendiri di rumah. Lebih ekonomis dan sesuai selera (Penulis: Hanisaul Khoiriyah)

Belum ada Komentar untuk "Cara Buat Keripik Pisang Kepok, Khas Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel