Cara Membuat Kuis Online Quizizz di HP

hanalfa.com: Cara membuat kuis online di Quizizz di HP dapat dilakukan dengan mudah. Sebab, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi dan bisa mengakses lewat browser saja. Nah, akan membahas cara memb

Quizizz adalah salah satu aplikasi berbasis website yang digunakan untuk pembelajaran secara daring alias online. Seperti halnya Kahoot, Quiziniere dan sebagainya. Pembelajaran ini dapat dilakukan secara langsung maupun diberikan sebagai bentuk pekerjaan rumah sebagai evaluasi peserta didik. 
Cara Membuat Kuis Online Quizizz di HP
Berbagai pilihan aplikasi ini tentunya membantu para pengajar agar dapat memaksimalkan teknologi di era pembelajaran jarak jauh. Terlebih, cara menggunakannya pun cukup mudah bagi para guru yang belum melek teknologi. 


Tentunya lebih praktis sebab tidak perlu instal aplikasi dan memakan ruang memori dalam perangkat pintar. Nah ini langkah-langkah cara membuat kuis online di Quizizz di HP:

1. Buka browser di HP

Pertama, pilih browser yang akan digunakan untuk mengakses Quizizz. Gunakan browser yang mendukung seperti halnya Google Chrome dan Mozilla Firefox yang memiliki fitur tampilan seperti desktop komputer. 

Hal ini bertujuan agar tampilan layar lebih jelas. Selain itu, agar fitur-fitur desktop dalam Quizizz dapat diakses secara lengkap.

2. Buka situs Quizizz

Setelah memilih browser yang akan digunakan, selanjutnya buka situs Quizizz di quizizz.com. Maka akan muncul tampilan awal atau disebut beranda/home.

Cari tombol login/masuk, lalu pilih akan masuk menggunakan akun apa. Contohnya menggunakan akun email dari Google. Masukkan informasi yang diminta seperti alamat email dan password, kemudian klik masuk/login. 

3. Buat soal dan jawaban online Quzizz

Bila ingin melakukan ujian secara daring, tentunya harus menyiapkan soal dan jawaban sesuai materi. Klik tombol Create/Buat untuk membuatnya.

Selanjutnya, ketikkan pertanyaan yang diinginkan. Tips agar lebih mudah yaitu salin teks dari dokumen word yang telah dibuat sebelumnya. 

Jangan lupa atur jenis pertanyaan, misalnya berbentuk pilihan ganda, jawaban singkat, esai atau lainnya. Durasi mengerjakan tiap nomor soal juga harus disesuaikan. Terakhir, isi pilihan jawaban beserta kuncinya. 

4. Simpan soal kuis ujian online Quzizz

Setelah semua soal selesai dibuat, maka jangan lupa klik simpan dan pilih folder berdasarkan materi atau bab yang diujikan. 

5. Mainkan atau jadikan Pekerjaan Rumah (PR)

Terakhir, ujikan soal yang telah dibuat kepada peserta didik. Terdapat dua cara untuk mengujikan soal, yakni secara langsung maupun berbentuk PR. 


Kedua fitur ini sebenarnya hampir sama. Bila ujian secara langsung, maka kelebihannya dapat memantau kecepatan siswa saat itu juga. Namun kelemahannya adalah jaringan internet harus selalu stabil. 

Lain halnya apabila diujikan dalam bentuk PR, maka jaringan internet yang digunakan hanya dibutuhkan saat pengaturan pembuatan PR. Setelahnya, peserta didik tinggal mengakses kode atau link yang sudah diberikan oleh guru. 

Itulah cara membuat kuis online di Quizizz di HP . Supaya dapat membantu para guru untuk lebih praktis dalam membuat ujian daring. Langkahnya mudah dan dapat dilakukan dimana saja (Penulis: Hanisaul Khoiriyah).

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kuis Online Quizizz di HP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel