Cara Membuat Kuis di Kahoot, Buat Ujian Online

hanalfa.com: Cara buat kuis online banyak caranya. Seperti cara membuat kuis  Kahoot bisa dilakukan dengan mudah buat ujian online. Langkah-langkah cara membuat kuis di Kahoot yang dilakukan dapat langsung dipraktikkan meski belum pernah menggunakannya. 

Kahoot adalah salah satu situs dan juga aplikasi yang mendukung evaluasi pembelajaran secara daring. Guru dapat memanfaatkannya untuk menguji kemampuan para siswa. Bisa dalam bentuk kuis pilihan ganda, isian, hingga esai. 
Cara Membuat Kuis di Kahoot, Buat Ujian Online
Pembelajaran jarak jauh yang kini sedang dilaksanakan di berbagai daerah membuat guru harus kreatif dan terus belajar media digital. Kahoot dapat dipelajari oleh para guru dengan mudah. 

Berikut, langkah-langkah cara membuat kuis  Kahoot bisa dilakukan dengan mudah buat ujian online:

1. Buka situs Kahoot.com atau install aplikasi Kahoot

Langkah pertama, buka situs Kahoot di browser HP atau Laptop/PC. Hal ini dilakukan bila tidak ingin memasang aplikasi pada perangka dan hanya ingin menggunakan Kahoot sekali saja. Selain itu, membuka Kahoot lewat browser juga akan menghemat memori perangkat. 

Lain halnya dengan yang ingin menggunakan Kahoot berkal-kali di masa mendatang, maka disarankan pasang aplikasi saja agar lebih mudah. Caranya dengan mencari diPlay Store dan instal aplikasi. 


2. Login akun Kahoot

Selanjutnya, login akun Kahoot dengan memasukkan email dan password. Bila belum memiliki akun, maka buat terlebih dahulu atau menggunakan pilihan login dengan akun Google. Tersedia empat jenis akun, yaitu Guru, Murid, Personal, dan Profesional. Jangan lupa untuk memilih akun jenis Guru yang memungkinkan fitur pembuatan kuis ujian.

3. Buat kuis di Kahoot

Bila sudah berhasil login, maka pengguna dapat menikmati beberapa fitur yan tersedia di Kahoot. Diantaranya ada Home, Search, Enter Pin, Create, dan My Game. Adapun langkah-langkah membuat kuis ujian di Kahoot adalah sebagai berikut.

a. Klik Create > Quiz di Kahoot
Pertama, klik Create yang ada di menu, baik di aplikasi atau di situs web Kahoot. Terdapat bberapa pilihan Create, diantaranya Quiz, True or False, Puzzle, dan Type Answer . Pilihlah yang berjenis Quiz. 

b. Isi Judul Kuis di Kahoot
langkah berikutnya, isi judul kuis yang akan diujikan. Misalnya berisi nama bab yang akan dievaluasi diikuti nama mata pelajaran. 

c. Isi Deskripsi kuis di Kahoot
Deskripsi kuis dapat berisi perintah atau saran sebelum memulai kuis. 

d. Atur siapa yang dapat melihat
Fungsi fitur ini adalah agar semua siswa dapat mengakses kuis yang sudah dibuat oleh gurunya. Atur dengan memilih “Everyone”

e. Tambahkan pertanyaan dan jawaban
Tentnya, jangan lupa menambahkan pertanyan kuis dengan bahasa yang efetif agar dapat dimengerti oleh siswa. Atur juga berapa lama durasi waktu yang disediakan untuk menjawab soal. Misalnya 5 detik. Jangan lupa tandai jawaban yang benar untuk setiap soal.


4. Simpan kuis Kahoot

Setelah semua pertanyaan dan jawaban selesai, maka simpan kuis yang telah dibuat agar dapat dimainkan. 

5. Mainkan kuis Kahoot

Ada dua cara untuk memainkan kuis, yakni dimainkan secara langsung dan digunakan sebagai pekerjaan rumah. Pilihan memainkan secara langsung dapat digunakan bila koneksi internet stabil. Sebaliknya, bila koneksi kurang stabil, maka lebih baik dibuat sebagai pekerjaan rumah.

Cara siswa memainkan kuis ujian ini adalah dengan menggunakan kode yang ada di tampilan Guru. Guru membagikan kode tersebut dan siswa memasukkannya setelah sebelumnya membuka situs Kahoot.it  dan mengeklik Enter PIN.

Itulah cara membuat kuis  Kahoot bisa dilakukan dengan mudah buat ujian online. Langkah-langkah cara membuat kuis  Kahoot bisa dilakukan dengan mudah buat ujian online dengan mudah supaya para guru dapat mudah mempraktikkannya di rumah. Khususnya para guru yang sedang mengajar dalam pembelajaran jarak jauh. 

Penulis: Hanisaul Khoiriyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel