Iklan Header

Cara Membuat Soal Online di Google Form Pakai HP dan Laptop

hanalfa.com: Cara membuat soal online di google form pakai HP dan Laptop sangatlah mudah. Namun, guru perlu tau juga cara mengacak soal di google form dan membuat soal online dengan batas waktu. Supaya siswa minimalisir untuk saling mencontek saat menjawab soal online di google form. Bentuk soal online di Google Form dapat pilihan ganda dan esai.

Sebelum masuk cara membuat soal online di google form pada HP dan laptop. Informasi penting, yaitu sistem pembelajaran daring sudah berlangsung hingga berbulan bulan, bahkan hampir genap sampai 2 semester. Maka guru diminta berinovasi untuk menyusun perangkat pembelajaran yang menarik supaya siswa masih antusias dalam belajar secara online. Salah satu yang dapat digunakan adalah membuat soal di google form. 
Cara Membuat Soal Online di Google Form Pakai HP dan Laptop

Aplikasi google form yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk membuat soal yang dapat disesuaikan waktu pengerjaan sehingga siswa akan dibatasi ruangnya dalam mengerjakan soal dengan mencontek. Hal ini karena waktu pengerjaan di google form dapat dibuat, dan disesuaikan dengan pengerjaan soal, dan waktu sesi berakhir hingga siswa tidak bisa mengerjakan soal kembali kalau waktunya sudah habis.  

Nah inilah, Cara membuat soal online di google form pakai HP dan Laptop:

1. Membuat Kuis di Google Form

Banyak opsi pemilihan tugas yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Salah satu yang dapat digunakan adalah kuis. Kuis dapat digunakan untuk mengetes sejauh mana pemahaman siswa dengan memberikan soal dengan waktu pengerjaan yang relatif singkat. 

Langkahnya, yaitu pertama anda membuka google form dan tunggu hingga tampilan layar terbuka hingga memuunculkan beranda google form. Kemudian klik pengatuan/setelan yang letaknya berada pada kanan atas. 

Selanjutnya, pilih kuis dan tambahkan email. Lalu, juga dapat mengumpulkan email melalui opsi umum kemudian pilih email yang akan dikumpulkan kemudian klik simpan.


2. Membuat Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda dan Esai Google Form

Google fom memang memfasilitasi supaya pengoreksian dari soal yang anda buat juga menjadi mudah. Jadi anda dapat membuat soal sekaligus jawabannya untuk mengoreksi secara langsung sehingga anda tidak perlu lagi mengoreksi secara manual satu persatu. 

Jenis soal yang bisa dinilai secara otomatis bervariasi mulai dari pilihan ganda, benar dan salah, centang dan pilih yang merupakan soal-soal dengan jawaban yang esai atau singkat .  Langkah pertama masukkan pertanyaan melalui opsi “tambahkan pertanyaan”.

Kemudian anda bisa memasukkan butir pertanyaan sekaligus jawabannya. Pada kolom bawah sebelah kiri isi dengan jawaban dan untunk kolom atas berisi pertanyaan. Anda juga dapat memberikan poin pada setiap pertanyaan masukkan pada kolom kanan atas. 

3. Merubah Tata Letak dan Tampilan Google Form

Fitur lainnya, yaitu anda dapat melihat proses pengerjaan dari siswa. Siapa yang menjawab benar, atau jawaban salah atau siswa yang mengerjakan kuis. Caranya dengan mengklik buka kuis pada google form kemudian setelan (pengaturan) lalu kuis dan pilih responden dapat melihat. Setelah anda klik kolom akan mencentang.

4. Mengunci dan Memblokir Membuka Jendela Baru Saat Pengerjaan Kuis Google Form

Selain waktu yang dapat diatur dalam pengerjaan kuis. Google form juga dapat memberikan pengawasan lebih selama proses pengerjaan kuis berlangsung. 


Akun google form secara otomatis bisa memberikan pemberitahuan melalui email apabila salah satu anggota kuis membuka jendela baru (mencari jawaban di internet) atau keluar dari room kuis. Namun untuk menggunakan fitur ini kita hatrus menggunakan Chrome OS 75 atau updetan ke atas dengan cara klik opsi kuis uuntuk membukanya lalu klik setelan kuis dan kemudian pilih dan centang aktifkan mode terkunci.

5. Batasan Waktu Pada Soal Google Form

Seperti yang telah disebutkan di atas akun google form dapat digunakan untuk membatasi waktu pada setiap soal bergantung pada bobotnya, yang telah ditetapkan atau diatur guru iu sendiri. Caranya adalah sebagai berikut: pada tampilan awal google form klik tanda titik tiga menurun lalu klik add on, pilih form limiter dan install setelah proses instalan selesai anda dapat mengatur waktu setiap soal dengan mengklik dan menyesuaikan pada soalnya kemudian save.

6. Menyerahkan Nilai di Google Form

Buka kuis pada google formulir kemudian pilih tanggapan kemudian individu. Lalu pilih rilis skor pada tanggapan dengan alamat email yang tercatat, Kemudian centang akun yang akan anda kirimi email.

Menggunakan google form sangat membantu sekali pekerjaan guru diruah sebagai mediator dan pengawas dalam ujian. Hasil yang didapatkan pun dapat dipantau dan dinilai sama bahkan mungkin lebih baik untuk pengawasan ketimbang cara manual dengan guru yang mengawasi. Bergantung dari penggunaannya menggunakan google form akan sangat bermanfaat untuk digunakan dalam pemenuhan kompetensi siswa selama belajar di rumah.

Penjelasan cara membuat soal online di google form pakai HP dan Laptop. Serta sudah mengerti cara membuat soal online perlu tau cara mengacak soal di google form dan membuat soal online dengan batas waktu. Supaya siswa minimalisir untuk saling mencontek saat menjawab soal online di google form. Lalu membuat  soal Online di Google Form dapat pilihan ganda dan esai (Rocky Irfan).

Belum ada Komentar untuk " Cara Membuat Soal Online di Google Form Pakai HP dan Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel