4 Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Budget Murah, Persiapkan Hal-Hal Berikut

Hanalfa.com-- Hallo semua pada kesempatan kali ini kita akan sharing mengenai persiapan perjalanan apabila kalian ingin berkunjung atau liburan ke luar negeri. Nah sebelum berkunjung ke liburan ke luar negeri, maka kita membutuhkan rencana perjalanan yang matang mulai dari sebelum perjalanan hingga selama perjalanan.

Untuk sebelum perjalanan, secara garis besar tentunya kita perlu menyiapkan paspor, visa, uang, alat pembayaran, kemudian reservasi tiket perjalanan atau reservasi tiket hotel sampai dengan barang bawaan yang kita butuhkan selama dalam perjalanan.
4 Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Budget Murah, Persiapkan Hal-Hal Berikut

1. Paspor
Langsung saja untuk yang pertama sebelum berangkat ke luar negeri kita perlu yang namanya mengurus paspor. Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis paspor yang dikeluarkan oleh direktorat jenderal imigrasi republik Indonesia. 

Untuk kamu yang akan memulai perjalanan ke luar negeri untuk kepentingan pribadi akan diberikan paspor berwarna hijau, sedangkan paspor berwarna biru akan diterbitkan bagi badan pemerintahan negara republik Indonesia yang memiliki kepentingan khusus ke luar negeri.

Pembuatan paspor sendiri sampai dengan tahun ini, pembuatan paspor tetap melalui kantor imigrasi, namun pada saat pandemi seperti ini kalian bisa mendaftar antrian secara online melalui aplikasi layanan paspor online yang tersedia di Google play store maupun di app store. 

Jadi pada aplikasi layanan paspor online tersebut kalian bisa melakukan pendaftaran akun menggunakan Google mail, kemudian kalian ikuti saja tahapan selanjutnya, lalu ada pilihan kantor imigrasi sesuai dengan domisili kalian, hingga berakhirnya proses untuk mendapatkan kode booking nomor antrian.

Selanjutnya setelah kalian selesai mendaftar online, kalian membawa kode booking tersebut ke kantor imigrasi sesuai dengan pilihan domisili kalian. Ketika melakukan pendaftaran antrian online di sana kamu juga wajib untuk membawa segala kelengkapan dokumen seperti asli dan fotokopi e-ktp, kartu keluarga. 

Kemudian akte kelahiran atau ijazah atau surat lainnya seperti surat buku nikah atau dokumen baptis yang asli dan juga fotokopiannya, serta kalian perlu menyiapkan materai Rp6.000 ketika menjalani administrasi pengajuan pembuatan paspor di kantor imigrasi.

Setelah itu tunjukann kode booking pada petugas, setelah itu kamu tinggal menunggu petugas memeriksa persyaratan dokumen kamu, lalu kamu akan diarahkan menuju tempat pengambilan foto, sidik jari, dan juga wawancara. 

Jangan lupa untuk memakai pakaian yang rapi ya ketika kamu akan difoto. Kemudian kamu akan mendapatkan kode pembayaran atau tanda terima. Pembayaran tersebut bisa kamu lakukan sampai dengan 7 hari setelah proses wawancara. Kamu bisa membayar biaya pengiriman paspor melalui pos Indonesia, jadi kamu tinggal menunggu paspor mu datang ke rumah atau kamu juga bisa mengambil sendiri di kantor imigrasi. Untuk pembuatan paspor sendiri yang elektronik yaitu berkisar Rp650.000 dan non elektronik berkisar Rp350.000.

2. Visa
Berikutnya yang kedua adalah mengurus visa. Sebenarnya apa sih bedanya visa dan paspor? Untuk visa sendiri adalah surat atau dokumen izin yang diberikan oleh suatu negara kepada warga negara lain yang akan memasuki wilayah negara tujuan. 

Sedangkan paspor sendiri adalah dokumen perjalanan seseorang yang diberikan negaranya sebagai bukti identitas seorang warga negara tersebut telah diakui secara internasional, nah Indonesia sendiri saat ini telah bekerjasama dengan 71 negara lain yang memberikan akses bebas visa, jadi kita hanya membutuhkan paspor dengan akses masuk tanpa Visa.

Negara di Asia yang kita bisa kunjungi tanpa visa yang berlaku 14 hari itu ada dua yaitu Brunei dan Myanmar. Untuk selanjutnya negara bebas visa lainnya selama 30 hari di Asia meliputi Kamboja, Hongkong, Kazakstan, Malaysia, Macau, Laos, Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam, Qatar, Uzbekistan, hingga Timor Leste. 

Jadi untuk memasuki negara yang bebas visa, kita tak perlu mengurus apa-apa di tanah air, hanya membawa paspor dan mengisi kartu imigrasi kedatangan maupun keberangkatan pada saat kita melintasi batas negara negara tujuan kita tersebut. Jadi negara-negara sahabat itu memberikan proses imigrasi yang berlangsung cepat dan juga mudah bagi kita para turis dari Indonesia.

3. Reservasi atau Booking Pesawat, Hotel, Transportasi
Kemudian persiapan yang ketiga, jangan lupa reservasi sebelum berangkat, baik itu reservasi hotel maupun transportasi. Sebelum berangkat ke luar negeri, kenapa penting untuk kita melakukan reservasi atau booking untuk tiket pesawat, untuk hotel, maupun untuk transportasi? Karena akan memudahkan kita ketika akan melakukan check-in maupun ketika proses administrasi disana, juga kalau kita sudah reservasi biasanya kita bisa diberikan diskon. 

Kamu sendiri perlu reservasi hotel, tiket pesawat, maupun transportasi jika memang jadwal berangkatmu sudah pasti.

Maskapai yang memberikan layanan booking secara online, mereka juga menyiapkan sekaligus hostel atau hotel yang reservasi secara online juga dengan biaya atau tarif yang lebih murah. Biasanya kalian disarankan untuk menggunakan booking online seperti pada musim liburan karena jika kalian reservasi langsung ketika sampai di hotel atau di negara tujuan, bisa saja beresiko terkena biaya yang tinggi dan tanpa diskon.

Namun perlu diketahui kalau hotel-hotel kecil atau tempat penginapan kecil memang jarang sekali yang menyediakan reservasi secara online, namun kalian bisa mengunjungi beberapa situs di Google untuk mencari hotel-hotel yang tentunya menyediakan layanan booking online, biasanya memang mereka mengenakan biaya tambahan dan juga deposit sekitar 10% untuk kamar hotel. Tarif hotel sendiri biasanya murah atau mahalnya bergantung pada musim atau season di negara tujuan dan untuk tiket pesawat sendiri biasanya semakin jauh kalian booking dari hari keberangkatan, maka tarifnya pun akan semakin murah

4. Cek musim atau cuaca di negara tujuan dan perlengkapan yang dibutuhkan
Kemudian ada persiapan keempat ketika akan berkunjung ke luar negeri yaitu barang bawaan. Tentunya selain menempuh jarak dan waktu yang cukup panjang dan lama, kalian juga harus bisa memperkirakan sampai di negara tujuan ketika musim apa atau ketika kondisi apa di sana. Jadi sebelum berangkat kalian bisa memeriksa dulu keadaan cuaca ataupun musim yang akan kita lewati ketika perjalanan maupun ketika sampai di negara tujuan.

Pertama yang kita akan bahas mengenai barang bawaan adalah pakaian dan aksesoris. Untuk pakaian atau baju lapisan pertama, pakailah baju yang tidak terlalu tebal, sejuk, dan terasa nyaman di badan, tidak berat di badan juga. Sebaiknya hindari untuk membawa terlalu banyak pakaian yang menyebabkan tas penuh. Untuk saran lainnya yaitu kalian membawa pakaian yang sebaiknya cepat kering atau bisa beberapa kali dicuci atau bahkan pakaian sekali pakai jika kalian tidak yakin untuk mencuci pakaian.

Untuk aksesoris sendiri atau pelengkap baju pastikan kalian membawa jaket atau mantel, kemudian juga scarf, topi, kemudian kacamata dan juga pakailah sepatu yang nyaman. Sepatu sangat diperlukan jika kalian berkunjung atau bermain ke wilayah yang sedikit ekstrem. 

Kemudian jika seperti sandal boleh kalian bawa dari rumah, namun jangan sampai memenuhi koper. Bisa juga kalian membawa pakaian renang kemudian perlengkapan yang cocok untuk ke destinasi tujuan kamu.

Kedua yaitu bawalah obat dan kebutuhan sehari-hari yang kalian butuhkan. Pastikan kalian membawa obat sakit kepala, obat flu, minyak kayu putih atau minyak gosok, obat sakit perut ataupun jenis obat-obatan yang lebih spesifik lainnya seperti obat alergi, obat tekanan darah tinggi, obat kolesterol, tergantung dari jenis obat yang kalian butuhkan. Sebenarnya memang bisa kalian beli di tempat tujuan atau ketika transit, namun lebih cepat dan lebih baik apabila kalian sudah membawa sendiri dari rumah. Jangan lupa juga untuk membawa kosmetik kalian sendiri.

Ketiga adalah perlengkapan mengenai alat pembayaran. Tentu saja disarankan jika kalian menukar uang rupiah ke mata uang negara tujuan kalian dengan jumlah yang sesuai namun disiapkan juga dana darurat, kalian bisa menukar di money changer. Namun bukan berarti kalian sudah tidak perlu membawa mata uang rupiah ya karena jika kalian akan pergi maupun pulang ke bandara di Indonesia, tentunya kalian memerlukan uang rupiah kan.

Dan untuk mengatur keuangan di sana sebaiknya kalian memang perlu yang namanya memiliki rencana perjalanan sekaligus rencana biaya, jadi kalian memiliki dompet atau tempat penyimpanan uang yang terpisah antara uang transportasi, uang oleh-oleh, uang penginapan, uang makan, maupun uang tiket liburan guna membatasi kalian jika boros. 

Di sisi lain akan memudahkan kalian jika mengeluarkan uang mata uang kecil maupun mata uang dengan nilai yang besar. Juga perlu dibedakan agar kalian mudah dan cepat ketika melakukan pembayaran. Oh ya jangan lupa juga untuk membawa kartu kredit yang berlaku secara internasional bisa visa, master, dan lain-lain.

Perlengkapan terakhir yang perlu kalian bawah tentunya adalah ponsel lalu charger ponsel. Pastikan juga lebih baik membawa ponsel GSM yang dapat digunakan di negara tujuan dan juga uang untuk membeli pulsa di negara tujuan, atau bisa juga kalian memakai pulsa lokal namun terkadang hati-hati jika biaya yang dikenakan cukup tinggi. 

Kemudian ada juga peta perjalanan yang perlu kalian bawa. Biasanya peta perjalanan bisa kita dapatkan di negara tujuan, di beberapa tempat di hotel-hotel, maupun di tempat publik, atau juga kalian bisa membelinya di toko buku. Namun kalian juga bisa mendownloadnya secara online. 

Bila mengabadikan momen, kalian juga bisa membawa kamera, namun hati-hati juga ya membawa kamera di luar negeri, mau di negara manapun walaupun tingkat kriminalitasnta tinggi ataupun rendah, kalian disarankan untuk tetap berhati-hati.

Bawa juga alat tulis seperti pulpen maupun buku catatan, lalu bawa juga tas atau plastik yang kedap air. Nah tas atau plastik yang kedap air itu, bisa kalian gunakan untuk menyimpan barang-barang yang sekiranya urgent seperti paspor, dokumen yang kalian perlukan untuk check-in maupun check-out, bahkan untuk menaruh ponsel, alat elektronik, maupun uang agar aman. Sekian informasi mengenai persiapan ke luar negeri mulai dari paspor hingga peta perjalanan.(Penulis: Rahmi Dwi Alyani).

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Liburan ke Luar Negeri Dengan Budget Murah, Persiapkan Hal-Hal Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel