Cara Menggunakan dan Fungsi Kartu EZ Link Singapura Buat Bayar Transportasi dan Beli Makanan Ringan

Hanalfa.com-- Untuk dapat berkeliling dengan aman dan nyaman ke Singapura, maka kita perlu menyiapkan dan memisahkan beberapa budget untuk kepentingan tertentu. Misalnya untuk kepentingan tiket pesawat, untuk kepentingan tiket makan, untuk kepentingan tiket, budget membeli oleh-oleh, sampai dengan budget untuk kepentingan transportasi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan sharing mengenai cara berhemat ketika keliling di Singapura, salah satunya yaitu menggunakan kartu sakti ala Singapura yaitu EZ Link Card. Kartu EZ Link card ini merupakan sebuah kartu dengan strip magnetik yang kira-kira seukuran kartu ATM atau kartu kredit yang bisa kita gunakan untuk alternatif pembayaran non tunai. 
Cara Menggunakan dan Fungsi Kartu EZ Link Singapura Buat Bayar Transportasi dan Beli Makanan Ringan
Khususnya transportasi publik yang ada di Singapura, termasuk untuk pembayaran MRT dan bus yang dioperasikan oleh SBS transit, SMRT Bus, SMRT Train, serta juga bisa untuk membayar biaya akomodasi taksi transcab.

Sebelumnya yang perlu kalian tahu, kartu ini tidak bisa digunakan untuk bus jenis tertentu seperti bus Night Rider. Jadi kalian harus mempelajari lebih lanjut mengenai kegunaan kartu EZ Link card ini. 

Selain dapat digunakan sebagai sarana pembayaran transportasi publik di Singapura EZ Link Card ini juga bisa kalian manfaatkan sebagai alat pembayaran untuk bertransaksi atau berbelanja di supermarket, di restoran, pusat hiburan, dan juga di beberapa objek wisata. Namun memang tak semua supermarket, restoran, maupun pusat hiburan, dan objek wisata bisa menggunakan kartu EZ Link card ini.

Untuk dapat memiliki kartu EZ Link card kalian bisa membelinya di beberapa kantor transitlink yang ada di stasiun MRT, kemudian di terminal bus Kalian juga bisa membeli kartu EZ Link card, di berbagai gerai 7 Eleven di seluruh Singapura, dan juga di pom bensin Shell.

Nah untuk harga satu kartu EZ Link card berkisar 15 dolar Singapura, di mana di dalamnya sudah termasuk saldo agau kredit 7 dolar Singapura yang bisa langsung kalian gunakan, serta 3 dolar dolar Singapura yang bisa kalian ambil kembali ambil saat mengembalikan kartu EZ Link card. Dan sisanya 5 dolar Singapura merupakan biaya tetap untuk pembelian kartu yang tidak bisa dikembalikan.

Kalian juga harus berjaga-jaga untuk menyimpan kartu EZ Link card ini karena setelah dibeli, dan jika terjadi kehilangan kartu, maka kalian tidak bisa meminta penggantian kartu EZ Link card yang baru. Serta semua kredit atau saldo yang tersisa dalam kartu tersebut, termasuk deposit sejumlah 3 dolar tadi itu akan dianggap hangus, jadi kalian mesti berhati-hati menjaga agar kartu ini tidak hilang.

Oiya EZ Link Card ini juga bisa kalian isi ulang, jadi selain kalian bisa membelinya, kalian juga bisa mengisi ulang kartu EZ Link card di semua General Ticket Machines yang ada di semua stasiun SMRT, stasiun SBST, stasiu Transit Link Added Value Machines, gerai 7 eleven, loket penjualan tiket Transit Link, kantor pos ATM Bank OCBC, DBS, AXS Station, sampai dengan area parkir mobil yang menerima transaksi menggunakan EZ Link Card ini.

Manfaat dari kartu EZ Link card ini akan memudahkan kamu untuk melakukan transaksi baik di kendaraan umum, taksi, maupun berbelanja di restoran, dan merchant atau kios-kios khusus yang bekerjasama dengan EZ link Card, sehingga kamu tidak perlu membayar menggunakan uang tunai. 

Soalnya jika menggunakan uang tunai kita cukup jarang bisa mengeluarkan uang pas, terlebih saat menggunakan fasilitas transportasi publik. Kadang untuk kembalian seperti beberapa sen dollar memang tak bisa dikembalikan, kelihatannya itu sedikit ya, namun jika kejadian ini berkali-kali, maka jumlahnya cukup lumayan juga kalau ditotal.

Nah dengan EZ Link Card ini, masalah seperti tidak ada kembalian tersebut tidak akan terjadi, karena ketika kita melakukan transaksi menggunakan kartu EZ Link card. Maka otomatis kredit atau saldo yang ada di kartu kita itu terpotong atau dikurangi sejumlah ongkos yang harus kita bayarkan.

Tak hanya manfaatnya saja yang memudahkan kita ketika berada di negeri Singapura. Namun penggunaan kartu EZ Link card ini juga begitu mudah dan simple. 

Kamu hanya perlu menempelkan bagian belakang kartu EZ Link card pada mesin yang sudah disediakan untuk bertransaksi, secara otomatis mesin tersebut akan membaca kartu EZ Link card kamu dan mengurangi sejumlah kredit yang ada didalamnya. 

Hati-hati juga jika meletakkan EZ Link Card ini, jangan sampai pada bagian belakang kartu tidak terbaca oleh mesin, jadi hindarilah resiko kerusakan pada kartu terlebih sampai tidak terbaca mesin.

EZ Link card juga ada limitnya loh yaitu bisa menyimpan saldo kalian hingga maksimal 500 dolar Singapura. Wah manfaatnya begitu banyak ya dengan memiliki EZ Link Card yang memudahkan transaksi dalam perjalananmu selama di Singapura (Penulis: Rahmi Dwi Alyani).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan dan Fungsi Kartu EZ Link Singapura Buat Bayar Transportasi dan Beli Makanan Ringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel