5 Tempat Magang untuk Mahasiswa Jurusan Sosiologi

Hanalfa.com- Informasi kali ini kami sediakan referensi 5 tempat magang mahasiswa jurusan Sosiologi. Magang ini juga dikenal dengan istilah PPL atau pun KKL yang pasti wajib dilaksanakan sekali sebelum mengerjakan skripsi.

Mahasiswa jelang memasuki semester akhir biasanya harus melewati masa magang untuk mengetahui tentang kehidupannya.
5 Tempat Magang untuk Mahasiswa Jurusan Sosiologi
Jika selama di kampus hanya diajarkan mengenai teori, maka saat magang akan menjadi tolak ukur kita apakah kenyataan di lapangan sudah relevan dengan teori yang seharusnya.

Ada beberapa kampus yang memberi kebebasan pada mahasiswanya untuk mencari dan menentukan lokasi tempat magang. Misalnya Universitas Lampung Unila , Unsri , UI , UGM , Unnes , Unbraw , UB , Unimed , USU , UNJ dan lainnya.

Dengan alasan supaya mahasiswa bisa lebih leluasa memilih lokasi tempat magang, dikarenakan waktu magang tidak hanya dalam waktu sehari atau dua hari tapi satu bulan kadang bisa lebih.

Oleh karena itu mahasiswa harus nyaman saat magang supaya bisa fokus mencari pengalaman dan tidak memikirkan ingin cepat selesai.

Berikut 5 tempat magang mahasiswa jurusan Sosiologi:


1. Lembaga penelitian

Lembaga penelitian menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk mahasiswa jurusan Sosiologi Magang. Hal ini dikarenakan pada lembaga penelitian tentunya akan terlibat dengan banyak orang ketika dilapangan.

Kalian sebagai mahasiswa bidang Sosial bisa terapkan ilmu yang kalian dapatkan, bisa lihat apakah kinerja yang dilakukan lembaga terkait sudah sesuai apa belum.

Jadi saat magang kalian bisa pakai teori kuliah sebagai tolak ukur dengan dunia praktik yang sesungguhnya.

2. Dinas pemberdayaan perempuan dan anak

Lembaga ini banyak berinteraksi mulai dari upaya pemberdayan terhadap perempuan sampai perlidungan anak dari tidak kekerasan.

Kalian juga bisa ikut terlibat dalam pendampingan baik itu pemberdayaan berupa pelatihan membuat usaha ataupun perlindungan untuk mendamping saat ada korban yang terpuruk.

3. Lembaga sosial

Ada banyak lembaga sosial yang bisa menjadi pilihan tempat kamu mahasiswa Sosiologi untuk magang.

Kalian yang selalu belajar mengenai teori kehidupan sosial mulai dari cara berintraksi, pendampingan, sampai cara penyelesaian masalah.

Jangan sampai ilmu yang sudah kalian dapat tidak berguna ketika di lapangan. Kalian bisa beri saran pada lembaga tempat magang jika penrapan dalam progja yang mereka jalankan belum sesuai.


4. Bappeda

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah juga salah satu lokasi yang bisa kalian pilih untuk magang. Dalam pembangunan tentunya harus memperhatikan terlebih dahulu keadan sekitar daerah.

Mulai dari kebutuhan masyarakat sampai dampak yang ditimbulkan jika pembangunan terjadi, jadi sangat diperlukan pengalaman tentang perencanaan.

Hal ini dikarenakan dalam setiap pembangunan tidak hanya tentang dampak dalam waktu singkat, namun harus memikirkan dampak untuk berkepanjangan. 

Dengan magang di Bappeda tentunya kalian akan mendapat banyak pengalaman dalam dunia kerja yang sesungguhnya, jika kalian selama kuliah hanya mendapatkan teori dan cerita pengalaman saja. Maka kalian bisa manfaatkan waktu saat magang untuk ikut terlibat.

5. Dinas pemberdayaan masyarakat

Lokasi ini juga tidak kalah tepat untuk kalian jadikan sebagai lokasi magang, dalam kuliah Sosiologi pastinay sudah diajarakan mengenai pemberdayaan masyarakat.

Mulai dari tahap rencana, penentuan target, sampai proses penadampingan semuanya sudah pernah dipelajari ketika dibangku kuliah. Jadi saat magang kalian pastinya sudah tergambar apa yang seharusnya dilakukan.

Kalian bisa pakai bekal ilmu yang kjalian dapat saat dibangku kuliah untuk melihat dan ikut memperaktikan cara pemberdayaan yang diterapkan oleh lembaga di dunia kerja.

Bisa menjadi penilaian pakah sudah sesuai atau mungkin belum terlaksana sepenuhnya atau bisa disebut gagal karena tujuan tidak tercapai. 

Kalian bisa pakai ilmu kuliah kalian untuk beri saran pada lembaga tempat kalian magang atau jika praktinya usdah sesuai kalian bisa ambil pembelajarannya.

Selesai sudah kami sedakan 5 tempat magang mahasiswa jurusan Sosiologi. Supaya bermanfaat dan bisa membantu studi kalian yah.

Belum ada Komentar untuk "5 Tempat Magang untuk Mahasiswa Jurusan Sosiologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel