3 Contoh Pantun Tentang Suhu dan Panas serta Jelaskan Isi atau Amanat Pelajaran Kunci Jawaban Kelas 5 SD

Hanalfa.com- Tulisan ini akan membawa kalian menemukan 3 contoh pantun tentang suhu dan panas serta jelaskan isi atau amanat pelajaran kunci jawaban kelas 5 SD.

Informasi ini pastinya sangat berguna terutama untuk kalian yang masih sekolah. Hal ini dikarenakan masuk dalam salah satu pelajaran.
3 Contoh Pantun Tentang Suhu dan Panas serta Jelaskan Isi atau Amanat  Pelajaran Kunci Jawaban Kelas 5 SD
Bahkan tidak sedikit yang berusaha mencari untuk menjawab info tugas. Misalnya mengenai pantun tentang suhu dan panas.

Tidak hanya diperintahkan untuk membuat pantun saja, melainkan juga lengkap beserta isi atau amanat. Pada artikel ini sudah tersedia kunci jawaban yang kalian cari untuk kunci jawaban kelas 5 SD.

Seperti yang diketahui bahwa pantun tergolong simpel namun sulit saat mendapat tugas untuk membuat. Selain itu diketahui bahwa pantun digolongkan beberapa jenis.

Kemudian pantun juga mempunyai ciri-ciri salah satunya terdiri dari empat baris dan memiliki sajak a-b-a-b. Jadi baik pertama dan ke tiga memiliki ujung yang sama begitupun penjelasan mengenai baris kedua dan empat memiliki kesamaan.

Lalu selain ciri di atas juga ada hal yang harus diperhatikan yaitu mengenai tema. Jadi ketika mendapat tugas untuk buat tidak sembarangan dan terarah.

Salah satu tema pantun yaitu Suhu dan Panas, tepat sekali saat ini kita akan bahas lengkap mengenai isi atau amanat. 

Pantun 1:


Daun mangga jatuh kebahu.
Jatuh terbawa angin senja.
Apa alat untuk mengukur suhu.
Sudah pasti termometer namanya.

Penjelasan isi atau amanat pantun di atas yaitu menyampaikan mengenai alat ukur suhu yang diberi nama termometer yang terdapat dibagian baris ke tiga dan keempat. Sementara untuk baris pertama dan kedua merupakan kata kiasan.

Pantun 2:

Pergi ke kebun bersama ayah.
Naik sepeda sambil membawa kertas.
Aduh hari ini sangat gerah.
Karena terik matahari sangat panas.

Penjelasan isi atau amanat tentang pantun kedua yaitu mengenai suasana panas matahari mengakibatkan tubuh menjadi gerah.

Pantun 3:

Melihat bintang saat petang.
Terlihat berderet sangat dekat.
Ketika cuaca panas datang.
Maka suhu akan meningkat.

Penjelasan isi amanat pantun 3 menyampaikan mengenai suasana panas juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya suhu. Sama seperti pantun sebelumnya bahwa isi terletak dibagian baris ketiga dan keempat.

Demikian penjelasan mengenai 3 contoh pantun tentang suhu dan panas serta jelaskan isi atau amanat pelajaran kunci jawaban kelas 5 SD.

Belum ada Komentar untuk "3 Contoh Pantun Tentang Suhu dan Panas serta Jelaskan Isi atau Amanat Pelajaran Kunci Jawaban Kelas 5 SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel