Contoh Cara Chat Dosen Minta Perbaikan Nilai Mata Kuliah Lengkap Etika Menguhubungi yang Sopan, Baik dan Benar

Hanalfa.com- Info banyak dibutuhkan mengenai contoh cara chat WhatsApp dosen minta perbaikan nilai mata kuliah lengkap etika menghubungi yang sopan lalu baik dan benar. Sehingga dosen kita tidak tersinggung terlebih lagi malah jadi marah dan badmood yang membuat tidak membalas chat WA kita. 

Kalian para mahasiswa pastinya harus bisa bagaimana cara berkomunikasi dengan dosen. Misalnya berkaitan tentang nilai ataupun ingin bimbingan.
Contoh Cara Chat Dosen Minta Perbaikan Nilai Mata Kuliah Lengkap Etika Menguhubungi
Bahkan tidak jarang ketika mendapatkan nilai buruk dan pastinya membutuhkan dosen supaya bisa perbaikan.

Ketika menghubungai dosen pastinya banyak hal yang harus diperhatikan dan sangat jauh berbeda saat menghubungi teman biasa.

Etika menjadi landasan penting yang harus diperhatikan ketika menghubungi melalui chat WhatsApp dosen. 

Pasalnya setiap ucapan yang kita sampaikan cukup beresiko terlebih hanya melalui pesan chat WA.

Terlebih lagi ketika berbicara melalui chat tentu akan sangat mudah sensitif. 

Oleh karena itu tidak sedikit para mahasiswa kebingungan cara untuk menghubungi dosen.

Misalnya ketika mendapat nilai di bawah standar, sebagian orang terkadang menerima saja karena takut dan bingung untuk menghubungi dosen. Sebab kita chat WA dosen berbagai kepentingan. Misalnya chat dosen untuk bimbingan pertama kali, minta perbaikan nilai dan tanda tangan, lalu minta untuk bertemu serta bertanya dan skripsi an.

Nah supaya kalian tidak kebingungan lagi mengenai cara menghubungi dosen silahkan lihat contohnya dibawah ini lengkap dengan etika chat dosen.


Inilah etika yang harus diperhatikan saan menhubungi dosen:


1. Perhatikan waktu

Ketika kalian ingin menghubungi dosen sebaiknya hindari waktu istirahat dan waktu beribadah. Misalnya jika malam hari hindari chat dosen diatas jam 20.00 WIB.


2. Biasakan ucapkan salam

Saat chat dosen biasakan untuk mengucapkan salam. Misal Selamat pagi Bapak/ Ibu atau Assalamualaikum apabila muslim. 


3. Jangan lupa ucapkan kata maaf

Ucapan kata maaf bukan berarti selalu berkaitan jika kita bersalah. Namun bisa juga sebagai bentuk sopan santun kita sebagai mahasiswa pada dosen.

4. Sebutkan identitas untuk perkenalan diri

Perkenalan identitas merupakan salah satu etika penting. Hal tersebut dikarenakan dosen sering berkomunkasi dengan banyak orang dan bertujuan untuk mempermudah dosen tahu.


5. Pakai bahasa umum

Ketika kalian chat dosen jangan lupa untuk gunakan kata yang umum dan mudah di pahami dan jangan lupa untuk hindari penyingkatankata. Misalnya gak, Y, ok, dmna, gw, dan sebagainya.

6. Tulis pesan jelas dan tidak betele-tele

Tuliskan maksud dan tujuan menghubungi dosen dengan jelas. Namun harus tetap memperhatikan etika sopan santun.


7. Ucapkan terima kasih saat mengakhiri pesan

Setelah menyampikan maksud dan tujuan jangan lupa untuk ucapkan kata terima kasih sebagai penutup.

Berikut contoh cara chat dosen minta perbaikan nilai mata kuliah:


Assalamulaikum Wr.Wb. (bila muslim)
Selamat pagi Ibu Indrawati mohon maaf mengganggu waktunya. Sebelumnya perkenalkan saya Rika Kirana mahasiswa jurusan (Psikologi) angkatan 2018 NPM 1880101500.

Izin konfirmasi ibu terkait nilai mata kuliah Biopsikologi yang saya ambil semester ini mendapat nilai D bu. Mohon maaf ibu, bila berkanan apakah masih ada kesempatan untuk perbaikan ya bu?

Terima kasih atas waktunya Ibu Indrawati, mohon arahannya. Wassalamualaikum Wr WB. (Silahkan kalian ganti pada bagian kata yang di bold yah).

Cukup sekian informasi tentang contoh cara chat dosen minta perbaikan nilai mata kuliah lengkap etika menghubungi yang soppan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel