Penjelasan Tujuan dan Ciri-Ciri Klitih Jogja Lengkap Apa Itu Artinya, Sejarah, Contoh Kasus, Penyebab, Viral di TikTok

Hanalfa.com- Ada penjelasan tujuan dan ciri-ciri klitih Jogja lengkap apa artinya, sejarah, contoh kasus, penyebab, viral di TikTok.

Klitih Jogja atau DIY Yogyakarta belakangan ini tengah hangat jadi perbincangan disejumlah media sosial sampai viral salah satunya TikTok. Sebenarnya tidaknya di Jogja adapula di Malang, Purwokerto
Penjelasan Tujuan dan Ciri-Ciri Klitih Jogja Lengkap Apa Itu Artinya, Sejarah, Contoh Kasus, Penyebab, Viral di TikTok
Sebenarnya muncul istilah Klitih ditahun 2022 bukan kali pertama, sebab jelang akhir tahun 2020 lalu sudah pernah disindir momen sama di bulan Ramadhan juga.

Ciri-ciri Klitih Jogja yakni yang pertama berkelompok seperti membentuk geng atau berkelompok. Di dalamnya banyak yang tergabung para kalangan anak remaja sekiranya masih duduk di kelas SMP dan SMA. 

Ciri kedua Mereka membawa berbagai jenis senjata tajam di pinggangnya. Selain itu, para Klitih ini beraksi di jam-jam malam, hingga subuh.

Bahkan sebagian besar anggotanya masih usia remaja dan jika dikaitkan dengan bangku sekolah masih SMP hingga SMA.

Kemudian istilah Klitih kambali ramai disorot di bulan Ramadhan 1433 H ini, sebab sedang muncul kasus yang baru-baru ini terjadi.

Dari sumber yang ada disebutkan bahwa akibat aksi Klitih sampai ada korban nyawa di Jogja.

Artinya Klitih Jogja adalah aksi kenakalan remaja atau pelajar dengan melakukan aksi brutal penujahan terhadap orang yang tidak dikenal. Tujuan para Klatih Jogja tersebut karena ingin menunjukan kekuatan diri mereka.

Klatih Jogja tidak segan-segan menghabiskan nyawa orang yang diincarnya saat lewat secara random. Akibat, maksud Klatih Jogja ini hanya ingin menunjukan kehebatan atau kepuasannya mereka tidak mengambil harta benda atau pun motor korban.

Penyebab para remaja melakukan itu karena saling nantangin para remaja seperti taruhan siapa yang berani dan berhasil melakukan Klatih maka disebut kuat, dalam arti sederhana seperti Chalange atau tantangan.

Bila bercerita sejarah Klitih Jogja bahwa sudah pernah muncul sejak tahun 1990 silam.

Saat itu Kepolisian Wilayah atau Polwil di daerah Yogyakarta menggabarkan tentang geng remaja.

Selanjutnya polwil segera mengambil tindakan untuk mendapatkan info terkait keberadaan geng atau kelompok Klitih tersebut.

Orde Baru berakhir dan mulai memasuki kaum milenial baru, dengan seiring berjalannya waktu membuat berbagai aksi banyak terjadi diderah Jogja.

Mulai munculnya tawuran antar pelajar, saling mengancam, dan masih banyak lagi tindakan yang lainnya.

Akibat munculnya tindakan ancaman tersebut membuat banyak para geng pelajar sering keluyuran. Bahkan tindakan yang dilakukan tidak jarang cendrung negatif.

Contoh kasus Klitih Jogja sempat terjadi baru-baru ini tepatnya 3 April 2022 kemarin menimbulkan korban dengan inisial DAA.

DAA adalah seorang remaja Jojga meninggal akibat terkena sabetan senjata tajam. Lalu pelaku Klitih diduga berjumlah 5 orang dan saat ini sedang menjadi incaran kepolisian.

Klitih Jogja sampai viral di TikTok karena berhasil mencuri perhatian semua warga, sebab aksi yang dilakukan sudah masuk tindak kriminal dan tentunya harus melewati jalur hukum.

Selesai sudah kami sajikan penjelasan tujuan dan ciri-ciri klitih Jogja lengkap apa artinya, sejarah, contoh kasus, penyebab, viral di TikTok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel